banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Puluhan Sulinggih Lakukan Prosesi Ritual Pensucian Jagat Di Karangasem

IMG-20170226-WA0012Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri hadiri prosesi ritual pensucian jagat 80 Sulinggih Siwa-Budha se – Bali, di Desa Budakeling, Kec. Bebandem Karangasem, Minggu (26/2/2017).

 

Karangasem (Metrobali.com) –

 

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri hadiri prosesi ritual pensucian jagat 80 Sulinggih Siwa-Budha se – Bali yang melaksanakan perjalanan suci Tirtayatra ke Pura Taman Sari yang merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat di Kabupaten Karangasem yang terletak di Desa Budakeling, Kec. Bebandem Karangasem, Minggu (26/2).

Kegiatan Tirtayatra, mengunjungi tempat-tempat suci yang dilakukan Para Sulinggih merupakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kehidupan spiritual (kerohanian)  yang kemudian melakukan persembahyangan, melakukan meditasi dan japa ditempat tersebut dan kembalinya membawa air suci itu dihadiri pula Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Wali Kota Denpasar Rai Mantra, Bupati Gianyar AA Gede Beratha, Mantan Gebernur Bali Dewa Gede Beratha, Kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab. Karangasem, Prawartaka Karya, Masyarakat Adat Desa setempat, 80 Sulinggih Siwa-Budha se- Bali serta para Prati Sentana.

Kegiatan yang dilakukan di tempat suci berstananya Danghyang Asta Paka itu diawali dengan diberikannya Sambrama Wacana oleh beberapa sulinggih, pelukatan bersama kemudian dilaksanakan meditasi dan japa payogaan oleh ke 80 Sulinggih Siwa-Budha se-Bali dari tempat Siwakrana/Peswambaan masing-masing Sulinggih dilanjutkan dengan persembahyangan bersama.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri  usai melaksanakan pemuspaan yang berbaur dengan masyarakat setempat menyampaikan, selamat datang dan terimakasih atas kehadiran puluhan Para Sulinggih Siwa-Budha yang melakukan perjalanan suci Tirtayatra di Kab. Karangasem. perjalanan suci yang dilakukan para sulinggih kali ini dapat meningkatkan sraddha, keimanan dan bhakti umat kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta mempererat rasa kebersamaan yang telah terjalin selama ini sesama umat beragama, serta merupakan salah satu wujud bhakti rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk memohon kesucian Bhuana Agung dan Bhuana Alit agar Ida Sang Hyang Widi senantiasa memberkati dan melimpahkan anugerahNya bagi kemakmuran dan keselamatan alam semesta beserta isinya.

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diharapkan manusia akan diberikan bimbingan dan petunjuk oleh Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam berkarya untuk melaksanakan dan melanjutkan pembangunan, utamanya di Kabupaten Karangasem menuju Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,” harapnya. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *