banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Walikota Rai Mantra Kerahkan TRC, Bantu Korban Longsor  

Tim medis RSUD. Wangaya sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga masyarakat di lokasi longsor Minggu 1

Tim medis RSUD. Wangaya sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga masyarakat di lokasi longsor Minggu (12/2)

 Bangli (Metrobali.com)-

Hujan lebat yang mengguyur Bali sepekan terakhir mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor disejumlah tempat. Sekitar Danau Batur Kintamani Banggli menjadi lokasi paling parah dan di tiga desa di Kintamani dalam musibah tanah longsor mengakibatkan  korban tewas dan luka berat serta luka ringan. Bencana tanah longsor menjadi luka mendalam bagi seluruh masyarakat Bali.

Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara menyampaikan rasa duka mendalam terkait musibah longsor yang melanda Desa Songan B, Desa Awan dan Desa Sukawan, Kintamani. Walikota Rai Mantra langsung mengintruksikan Tim Respon Cepat (TRC) Denpasar yang meliputi Tim Medis RSUD Wangaya untuk segera membantu para korban dilokasi longsor.

Disamping mengerahkan TRC, pihaknya juga menggelontor bantuan kebutuhan pokok meliputi air minum, pakaian, selimut, tikar, sembako serta bantuan lainnya yang dibutuhkan warga masyarakat. Tampak juga dalam tim ini Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar menyerahkan sembako kepada para korban ditenda pengungsian. Tim medis RSUD Wangaya yang meliputi dokter, perawat, dan apoteker telah melakukan langkah cepat membantu para korban.

“Atas intruksi Walikota Rai Mantra kami melakukan respon cepat membantu para korban yang berlokasi di Banjar Yeh Mampeh Batur dengan mengerahkan 20 Tim medis yang meliputi dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis jiwa,  perawat dan apoteker,” ujar Direktur RSUD. Wangaya dr. Setiawati Hartawan, M.Kes, Minggu (12/2).

Lebih lanjut dikatakan disamping mengerahkan tim medis pihaknya juga menyerahkan bantuan yang dibutuhkan warga meliputi tikar, selimut dan bantuan lainnya, serta juga mengerahkan mobil ambulance. dr. Setiawati juga menjelaskan untuk mempercepat proses menyalurkan bantuan pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pusat Pengendali Penanggulangan Bencana  Provinsi Bali menunjuk langsung lokasi dan segera mengarahkan tim medis RSUD Wangaya yang juga memberikan bantuan obat-obatan.   

Banjir bandang juga berdampak hingga di Kota Denpasar yang mengakibatkan Sungai Ayung yang melintasi Kota Denpasar mengalami masalah, sehingga saluran intake PDAM Kota Denpasar tersumbat oleh dahan-dahan pohon, sampah yang disertai dengan lumpur. Pemkot Denpasar juga telah mengambil langkah cepat mengerahkan seluruh komponen untuk melayani air bersih warga Denpasar.  Mengerahkan mobil air bersih PDAM Denpasar, BPBD dan mobil air bersih PMI untuk melayani warga masyarakat. Disamping itu Pemkot Denpasar juga telah melakukan antisipasi perubahan cuaca akhir-akhir ini. “Pasukan Biru” Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Denpasar serta melibatkan perangkat daerah terkait Pemkot Denpasar melakukan langkah-langkah membersihkan saluran air, memebrsihkan ruas-ruas jalan di Kota Denpasar, serta perompesan pohon mengantisipasi pohon tumbang dan genangan air. PUR-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *