banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Rektor Jampel Resmikan Mobil dan sepeda Motor Listrik Karya Fak Teknik Mesin Undiksha Singaraja Buleleng

Exif_JPEG_420

Rektor Jampel Resmikan Mobil dan sepeda Motor Listrik Karya Fak Teknik Mesin Undiksha Singaraja Buleleng
Buleleng (Metrobali.com)-
Mahasiswa teknik mesin Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, pasalnya dengan memanfaatkan 44 orang mahasiswa, mampu memproduksi dan memodifikasi hasil karya sendiri berupa mobil dan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan dengan berlapiskan serat gebang. Karyanya ini dikerjakan dalam kurun waktu satu tahun. Dan ini merupakan produk perdana dengan biaya secara mandiri dari Undiksha sendiri. Mobil yang modelnya seperti gokart ini diberinama Ganesha Sakti (Gaski).
Peluncuran mobil dan sepeda motor listrik hasil karya teknik mesin Undiksha Singaraja ini, dilakukan pada Selasa (10/1) dan dibuka langsung oleh Rektor Undiksha Singaraja, Jampel yang didampingi Purek, Dekan, Dosen Pembimbing serta Humas Undiksha singaraja. Saat peluncuran perdana ini, mobil dan sepeda motor listrik karya teknik mesin Undiksha Singaraja dilakukan tour keliling Kota Singaraja. Kendaraan yang memiliki kecepatan 40 km/perjam ini melaju dengan kencang yang dikawal Polisi Lalulintas. Tampak masyarakat seputaran Kota Singaraja begitu antusias melihat mobil dan sepeda motor listrik yang melintas keliling kota. Tampak terlihat tim work mahasiswa teknik Undiksha mengawal hasil karyanya yang maju melintasi kota Singaraja dengan penuh kebanggaan.
Rektor Undiksha Singaraja, Prof Nyoman Jampel dalam kata sambutannya memberikan apresiasi kepada mahasiswa teknik mesin atas hasil karyanya yang menasional. Dan diharapkan mahasiswa teknik lainnya, bisa berinovasi seperti mahasiswa teknik mesin. Misalnya bisa mndeteksi gempa bumi, puting beliung, serta peristiwa alam lainnya.”Masalah pendanaan, kami siap untuk menganggarkannya” ujarnya menegaskan
Lebih lanjut ia mengatakan dengan hasil karya dari mahasiswa teknik mesin ini, hal itu berarti Undiksha Singaraja bisa mensejajarkan diri dengan unversitas lainnya. Apalagi sebelumnya prestasi Undiksha telah berhasil medapatkan berbagai rangking secara nasional.”Undiksha sudah bisa mensejajarkan diri dengan universitas lainnya. Hal ini agar ditingkatkan dan dikembangkan lagi dengan memotivasi dan menggali inovasi yang dimiliki  para mahasiswa” ujar tegas Jampel.
Sementara itu Kepala prodi Teknik Mesin Undiksha Singaraja, DR. Kadek Rihendra Dantes,ST,MT mengatakan hasil karya teknik mesin ini nantinya dikelola oleh Badan Produksi Usaha (BPU) yang dibentuk Unduksha dengan ketuanya mantan Rektor Undiksha Singaraja Prof Nyoman Sudiana.”Keberadaan BPU ini, mengembangkan produksi hasil karya mahasiswa Undiksha dibawah Rektor Undiksha Singaraja” tandasnya. GS-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *