banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Kunjungan Kerja Gubernur Bali di Kabupaten Karangasem

20170111_093924-1

Karangasem, (Metrobali.com) –

Masalah kemiskinan, pendidikan, dan evaluasi program pemerintahan di Kabupaten Karangasem masih menjadi atensi Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat melaksanakan kunjungan kerja beserta jajarannya di Kabupaten Karangasem, Rabu (11/01/2017). Acara yang dipusatkan di Wantilan Kantor Camat Kubu ini dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, unsur Fokopimda Kabupaten Karangasem dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Karangasem.
Bupati Karangasem Mas Sumatridiawal sambutannya menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat datang kepada Gubernur Bali dan jajarannya serta mengucapkan Selamat Tahun Baru 2017, sehingga kehadiran Gubernur Bali dapat memberikan kesejukan di awal tahun ini. Lebih lanjut Mas Sumatri melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karangasem dalam 5 tahun terakhir mengalami fluktuasi dan tahun 2015 sebesar 6,00% diatas capaian nasional yang mencapai 4,79%, namun dibawah capaian provinsi yang sebesar 6,04%. Sedangkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Karangasem pada tahun 2015 sebesar 64,68 masih berada pada urutan ke-9 di Bali. Untuk presentase kemiskinan masih merupakan yang tertinggi di antara Kabupaten/Kota di Bali. Bupati Mas Sumatri menjelaskan Indeks GiniRatio tahun 2015 menunjukkan bahwa Kabupaten Karangasem masih lebih baik dari Kabupaten/Kota di Bali maupun nasional. Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka dalam empat tahun terakhir mengalami peningkatan.

 

Dalam rangka menunjang proses perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah sebagai bentuk program inovasi tata kelola pemerintahan, Pemkab Karangasem melalui Bappelitbangda telah mengembangkan aplikasi berbasis IT, yaitu aplikasi e-Planning, e-Monev dan e-AdvicePlanning. “Disamping program diatas kami juga memiliki program-program unggulan lainnya dalam upaya pengentasan kemiskinan. Terkait Sinergitas Program Provinsi Bali di Kabupaten Karangasem telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat permasalahan atau hambatan yang sekiranya perlu mendapat penanganan oleh Pemerintah Provinsi”, imbuh Bupati.

 

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada kesempatan itu mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program prioritas unggulan di Kabupaten Karangasem. “Saat ini Kabupaten masih menjadi perhatian kami, dimana tingkat kemiskinan dan nilai IPM yang masih rendah dibandingkan daerah lainnya di Bali”, imbuhnya.Mangku Pastika juga meminta para pejabat pemerintah khususnya di kabupaten Karangasem untukhidup dengan kesederhanaan, serta mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.Sebelum mengakhiri kunjungannya di Kabupaten Karangasem, Gubernur Mangku Pastika juga menghimbau agar Pemkab Karangasem bisa menata Kabupaten Karangasem menjadi lebih baik. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *