banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Counter Berita Hoax, Polda Bali Bentuk Intelligence Media Management

img-20170111-wa0035

Denpasar, (Metrobali.com) –

Kepolisian Polda Bali telah membentuk Inteligent Media Manajement (IMM) untuk menyaring berbagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan. Termasuk jelang Pilkada Bali 2018 mendatang. Diharapkan IMM bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

IMM sendiri merupakan salah satu terobosan yang dibuat oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya berbagai isu negatif dan berita hoax yang berkembang di masyarakat.

“Kapolda Bali meminta agar berbagai informasi yang tidak benar, menyesatkan agar segera dilakukan counter naratif. Jangan sampai berita itu diterima masyarakat umum tetapi menyesatkan. Informasi langsung dianulir dan langsung menyampaikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat. Jangan sampai informasi itu seperti bola liar, bergulir di masyarakat dan diterima sebagai kebenaran,” ujar Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaya saat temu wartawan di Mapolda Bali, Rabu (11/1/2017).

Dalam IMM itu nantinya, berbagai informasi akan dipantau, dipelajari, kemudian dilakukan counter naratif oleh bidang kehumasan di masing-masing jenjang atau kesatuan.

Dijelaskan Hengky, hingga saat ini berita hoax mengenai Bali secara spesifik memang belum ada. Yang ada hanya berita-berita umum yang sudah mendunia.

Bentukan IMM nantinya menggunakan aplikasi Cyber Truth. Dalam komputer yang dipasang secara online akan terpantau dengan sendirinya berita-berita yang menyesatkan.

Bila terekam maka akan diikuti informasi itu, apakah menjadi trending topic atau tidak. Bila sudah menjadi menjadi tranding topic dan kemudian ternyata itu menyesatkan maka akan segera diluruskan.

Sementara untuk penyebar berita hoax akan diteliti dengan tim cyber. Apakah penyebar informasi palsu itu niatnya menciptakan keresahan, konflik sosial dan seterusnya. Bila memenuhi unsur itu maka akan diproses dengan UU ITE.

“Kalau dia hanya copy paste maka kita akan memberikan pembinaan saja,” ujarnya.

Untuk IMM ini menurutnya berlaku juga menjelang Pilkada serentak di Bali. “Melalui aplikasi IMM, seluruh hot topic akan terekam dengan sendirinya. Kita akan merekam apa saja yang menjadi hot topic dan terus dipantau,” pungkas Hengky. SIA-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *