banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Gde Sumarjaya Linggih Berbagi Ilmu dengan Mahasiswa Alfa Prima

20170103_091410

Gde Sumarjaya Linggih saat Berbagi Ilmu dengan Mahasiswa Alfa Prima

 

Denpasar, (Metrobali.com) –

Awal tahun merupakan awal yang tepat untuk melihat atau mengevaluasi kondisi yang sebelumnya dan untuk melangkah kedepan sehingga tepatlah pada saat awal tahun itu memotivasi untuk teman-teman mahasiswa yang selama ini. Gde Sumarjaya Linggih mengungkapkan, mahasiswa lebih banyak tujuannya ingin menjadi pegawai. Melalui seminar ini ia ingin memberikan motivasi bagaimana memasuki dunia usaha baik dari segi teoritis maupun dari segi pengalaman yang telah dilakukan .

Dalam seminar kali ini, Gde Sumarjaya Linggih juga memaparkan baik faktor keberhasilan maupun faktor kegagalannya. Dengan demikian generasi muda khususnya mahasiswa memiliki bayangan serta wawasan dalam mencoba menjadi pengusaha akan lebih terbuka lebih luas sehingga timbul keberanian untuk menanggung resiko.

“Ketika resiko semakin mengecil maka keberanian akan muncul semakin tinggi, karena Negara kita memerlukan sekali dunia usaha, dimana kita semakin tertinggal jauh dengan tetangga kita dimana seharusnya minimum biaya persen dunia usaha akan tetapi Indonesia baru 1,2% sedangkan di negara lain sudah 7 sampai 8% dan negara ASEAN 7-10%. Oleh karena itu, di awal tahun yang biasanya juga merupakan awal yang lebih mudah dan sangat tepat untuk merencanakan sesuatu,” ungkap Gde Sumarjaya Linggih, belum lama ini di Denpasar.

Ada beberapa hal yang sering dijumpai dikalangan mahasiswa yaitu belum mereka menentukan tujuan hidupnya, kemudian belum lagi mereka belum mengerti bagaimana cara menuju atau menggoalkan tujuannya. Melalui seminar di awal tahun ini  Gde Sumarjaya Linggih berbagi ilmu kepada mahasiswa mengenai hal utama yang menghambat seseorang untuk memulai suatu usaha yaitu sering terkendala modal. Modal dalam arti uang, padahal modal itu tak selalu uang, bisa modal saja sosial, spiritual, dan intelektual, selain modal uang.

Mulai seminar inilah diharapkan kendala dan mitos itu bisa diminimalisir atau dihilangkan. Itulah perlu adanya penyaluran kreatifitas dari mahasiswa yang positif. Pada usia golden age (usia keemasan) yang penuh kreatif dan inovatif jika salah maka kreatif dan inovatif itu justru menjadi negatif, misalnya kreativitas yang akhirnya kebut-kebutan dijalan, itu sebenarnya ungkapan daripada kreativitas yang tidak tersalurkan. GSL-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *