banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bupati Mas Sumatri Hadiri Karya Mukur Masal Di Desa Adat Prasi, Karangasem

img-20170107-wa0017

Karangasem, (Metrobali.com) –

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Sabtu (7/1) kemarin menghadiri Karya Mukur Masal di Desa Adat Prasi, Kecamatan Karangasem. Antusias masyarakat menyambut Bupati setiba di lokasi yang diterima langsung Ketua Panitia Karya I Gusti Bagus Gatot Artha beserta Penglisir dan tokoh adat desa setempat, diterima di tempat Pyadnyan (tempat Mukur) Desa Adat Prasil. Turut mendampingi Ketua KNPI Karangasem I Gusti Parwata, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD terkait, Camat Karangasem, Perwakilan Polri, Anggota DPRD.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri berkesempatan meninjau tempat Piadnyan dan persiapan upakara serta memberi apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh keluarga besar I Gusti Bagus Gatot Artha,  yang telah mampu melaksanakan yadnya secara bersama-sama, Ini membuktikan rasa kebersamaan dan saling gotong royong yang masih melekat pada diri keluarga dan masyarakat.

“Yadnya Mukur Masal merupakan swadarma serta kewajiban yang harus dilakukan semua orang sesuai sastra agama Hindu. Dalam melaksanakan yadnya masyarakat diharapkan dapat melakukan dengan hati yang tulus ikhlas, paras paros, segalak segilik selunglung sebayantaka agar yadnya dapat bermanfaat dan berguna. Dengan dilaksanakan yadnya Mukur Masal ini dapat terjalin kerjasama yang baik dan menjaga persatuan dan kesatuan didalam keluarga serta masyarakat yang nantinya berakibat pada biaya yang dikeluarkan, jadi bisa mengirit biaya karena dilakukan secara massal,”ujar Bupati.

Bupati pula mengharapkan agar yadnya Mukur Masal ini dapat berjalan dengan baik dan didasari rasa tulus iklas. Guna memotivasi swadaya keluarga besar I Gusti Bagus Gatot Artha Desa Adat Prasi Bupati Mas Sumatri menyerahkan punia secara pribadi yang diterima Ketua Panitia Karya.

Sementara itu Ketua Panitia Karya Mukur Masal I Gusti Bagus Gatot Artha  menyampaikan, karya  Mukur Masal ini baru bisa dilaksanakan di tahun 2017 ini, karena, Karya Mukur Masal ini rencananya kami laksanakan pada tahun 2016 lalu akan tetapi Piadnyan tempat Mukur Masal mengalami musibah kebakaran.”Kami mengalami kerugian yang lumayan besar. Sesudah musibah kebakaran itu, kami masih mempunyai sisa dana sebanyak Rp. 150 juta ditambah dana donatur yang diberikan I Gusti Made Tusan  Swami dari Ibu Bupati sendiri sebesar Rp. 100 juta,”katanya.

Upacara Mukur Masal keluarga besar I Gusti Bagus Gatot Artha di tahun 2017 ini dilaksanakan dengan puncak Karya pada tanggal 11 s/d 12 Januari 2017. Banyaknya sawe Mukur Masal 472 sawe.  Dengan perhitungan biaya pengabenan yang ditanggung bersama untuk satu KK dari 180 KK dikenai Rp. 3 juta. Karya Mukur Masal  ini dipuput lima sulunggih Ida Pedanda Karang Manuaba dari Geriya Pidada Karangasem, Ida Pedanda Isteri Jelantik dari Geriya Subagan Karangasem, Ida Pedanda Made Tamu dan Ida Pedanda Gede Abah dari Geriya Jungutan, Bungaya, Bebandem, Ida Pedanda Wayan Datah dari Geriya Budakeling, Bebandem. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *