banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bupati Mas Sumatri Kukuhkan dan Lantik 665 Pejabat di Pemkab Karangasem

Karangasem (Metrobali.com)-

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri melakukan pengukuhan, pengangkatan dan pengambilan sumpah serta pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Administrator (eselon III) dan Pengawas (eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem. Surat Keputusan Bupati Karangasem Nomor 821.2/1858/bkd/setda tentang pengukuhan sekda I Gede Adnya Mulyadi, Nomor 821.2/1859/BKD/setda tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Tinggi Pratama (Eselon II/b), Nomor 821.2/1860/BKD/setda tentang pengangkatan PNS dalam jabatan Administrator dan Pengawas (eselon III dan IV) dengan jumlah 665 orang pejabat dilantik dan 59 orang promosi ( Eselon III/a 5 orang, Eselon III/b 11 orang dan eselon IV 43 orang) di aula UKM Center Amlapura pada Jumat, 30 Desember 2016.

Pelantikan ini mengacu pada pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah adalah merupakan tindak lanjut dari implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam PP tersebut mengamanatkan pembentukan satuan kerja perangkat daerah didasari ketentuan berdasarkan jenis, kriteria tipelogi, hingga pada kedudukan tugas dan fungsi Perangkat Daerah. Pemerintah Kabupaten Karangasem telah membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 tertanggal 15 November 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah dan Peraturan Bupati Karangasem Nomor 37 Tahun 2016 tertanggal 9 Desember 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja perangkat daerah.

Sesuai Perda 10 Tahun 2016, di Lingkungan Pemkab Karangasem saat ini terdapat 32 OPD dan 8 Kecamatan. Akibat dari perubahan OPD tersebut konsekwensinya terjadi perubahan nomenklatur namun tugas dan fungsinya tidak mengalami perubahan yang signifikan. Untuk itu diperlukan pengisian jabatan yang disesuaikan dengan OPD  baru yang telah dibentuk.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya menyampaikan bahwa penempatan pejabat adalam manajemen kelembagaan yang bertujuan untuk mewujudkan efektifitas dalam pengelolaan organisasi. Penempatan personil atau sumber daya aparatur yang profesional, harus dilakukan dalam konteks ketatakelolaan pemerintahan yang baik. Dalam proses peralihan tugas ini diharapkan para  pegawai ASN agar cepat melakukan penyesuaian pada nomenklatur yang baru, sehingga pegawai ASN akan dapat menambah pengalaman kerja variatif yang akan menambah pengalaman kerja variatif, perbendaharaan wawasan, pengalaman untuk bekal jika mendapatkan tugas yang lebih besar lagi.

Selanjutnya siap bekerja dan memahami tugas serta tanggung jawab yang akan diemban dengan kesungguhan hati, mengabdi seoptimal mungkin dengan dilandasi kesabaran, iklas tanpa pamrih serta menghindari perbuatan tercela. “Saya berharap pegawai ASN memiliki integritas, profesionalisme, netral, mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa” imbuhnya.

Lebih lanjut Mas Sumatri mengatakan saat ini masih terdapat 6 jabatan Pimpinan Tinggi setingkat eselon II/b yang masih lowong, yang nantinya akan ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt) sesuai Peraturan Perundangan. Dan sesegeranya akan dilakukan pengisian jabatan melalui seleksi terbuka dan kompetitif dengan membentuk panitia seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi. Bupati mengharapkan agar para pejabat yang dilantik segera melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan kerja yang baru, kenali staf dengan baik, jadikan mereka sebagai rekan kerja, sahabat atau saudara sehingga hubungan yang harmonis dapat terjalin yang pada gilirannya pelaksanaan fungsi dan tujuan organisasi dapat berjalan optimal sehingga pelayanan kepada masyarakat sesuai  yang diharapkan. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *