banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Wagub Sudikerta Hadiri Upacara Labuh Gentuh di Desa Penaban Karangasem

 Karangasem, (Metrobali.com) –

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menghadiri upacara Memungkah,Ngenteg Linggih lan Tawur Labuh Gentuh di Pura Dalem Desa Pekraman Penaban, Karangasem pada Sabtu (24/12).

Pada kesempatan itu, Sudikerta mengapresiasi pelaksanan upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat  desa setempat. Ia menghimbau, agar masyarakat tetap melestarikan Bali melalui pelaksanaan upacara keagamaan sehingga kebudayaan atau adat istiadat  tidak punah ditengah arus globalisasi yang sangat pesat saat ini.

Selanjutnya, ia menegaskan agar  pelaksanan upacara  dilakukan dengan tulus ikhlas Dan tidak jor-joran melainkan menyesuaikan dengan kemampuan masyarakat di suatu Desa adat, sehingga seluruh masyarakat dapat memaknai nilai upacara tersebut. 

Sementara itu Bendesa Adat Penaban I Nengah Suwarya, mengungkapkan bahwa Karya Memungkah,Ngenteg Linggih lan Tawur Labuh Gentuh tersebut sebenarnya telah dilaksanakn pada 18 bulan lalu, namun kali ini merupakan 9 bulan (3 oton) dari runtutan karya tersebut, dimana pada tahun ini dilaksakan dari tanggal 11-24 Desember 2016. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan upacara manusia yadnya yang terdiri dari Metatah Massal diikuti oleh 159 orang, potong rambut massal diikuti oleh 113 orang dan menek Bajang diikuti oleh 30 orang. Ia juga menegaskan bahwa pembiayaan upacara tersebut murni berasal dari kas Desa Dan tidak membebankan kepada masyarakat Dan Dana punia dari masyarakat sekitar. Ia berharap dengan dilaksanakan upacara tersebut dapat memberikan dampak yang baik terhadap keberlangsungan kehidupan bermasyarakat di Desa penaban Dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

 Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Bali, Kepala Biro Umum Dan Protokol Setda Provinsi Bali, Anggota DPRD Kabupaten Karangasem serta undangan lainnya. AD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *