Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

KPU Bali Minta Parpol Kawal Perhitungan Suara

images (1)

Denpasar (Metrobali.com)-

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali meminta partai politik, caleg dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah peserta Pemilu 2014 ikut mengawal dengan baik proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Sesungguhnya kunci suara itu ada di tempat pemungutan suara (TPS) dan panitia pemungutan suara (PPS). Oleh karena itu kami mengimbau peserta pemilu, pengawas, pemilih dan juga pemangku kepentingan agar mengawal proses tersebut,” kata Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, di Denpasar, Senin (17/2).

Meskipun demikian, menurut dia, bukan berarti proses rekapitulasi suara pada tahap selanjutnya tidak penting.

“Pada pemilu yang digelar 9 April mendatang ada perbedaan pola rekap suara dibandingkan Pemilu 2009. Dulu tidak ada rekapitulasi di tingkat PPS, namun pada pemilu tahun ini kami menginginkan ada rekap di PPS,” ujarnya.

Ia mengatakan kalau semakin banyak pihak yang memegang dokumen terkait penghitungan suara, maka akan memudahkan pengawasan dan meminimalisasi orang yang ingin berbuat curang.

“Pada prinsipnya, kami tidak ingin ada lagi yang memilih lebih dari satu kali. Demikian juga tidak ingin ada pemilih yang mewakilkan dan itu ada ancaman sanksi pidana baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak,” kata Raka Sandi.

Oleh karena itu, pihaknya gencar menyosialisasikan Peraturan KPU yang terbaru terkait dengan proses pemungutan dan penghitungan suara maupun penetapan jumlah sehingga persoalan terkait kepemiluan dapat diantisipasi sedari awal.

“Di sisi lain, saat pencoblosan bisa jadi terjadi kerawanan akibat masalah administrasi yang disebabkan oleh saksi maupun penyelenggara kurang memahami mengenai teknis pemungutan dan penghitungan suara,” ucap Raka Sandi. AN-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>