Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Desa Pekraman Pujungan, Pupuan Aben 122 Sawa

Tabanan (Metrobali.com)-
 
Sebanyak  122 sawa di aben dalam upacara pitra yadnya ngaben masal di Desa Pekraman Pujungan , Kecamatan Pupuan . Hadir menyaksikan prosesi ngaben di wantilan tersebut Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang didampingi Anggota DPRD Tabanan Gede Purnawan dan SKPD di Lingkungan Pemkab Tabanan, Senin (2/9) kemarin.
 
122 sawa yang diaben tersebut, terdiri dari 77 sawa orang dewasa dan 45 sawa untuk anak-anak (nglungah). Jro I Wayan Sedana selaku ketua panitia mengungkapkan, selain ngaben masal dilaksanakan pula metatah masal yang dikuti oleh 170 orang. Dalam pelaksanaan masal ini biaya yang di keluarkan Rp. 2 juta/sawa, Rp. 300 ribu untuk ngelungah, Rp. 50 ribu untuk metatah.
 
Jro Sedana  menambahkan, puncak acara yang dilaksanakan  pada Kamis (5/9) dengan prosesi ngaben, memukur dan ngelanus, bertujuan untuk membersihkan bhuana agung dan bhuana alit, karena Desa Pekraman Pujungan berencana melaksanakan karya Agung di Pura tri khayangan. “Kami berharap dengan digelarnya ngaben masal ini, desa kami dapat bersih secara sekala dan niskala,” tambahnya.
 
Terselenggaranya ngaben masal oleh masyarakat Desa Pekraman Pujungan mendapat apresiasi dari Bupati Tabanan. Menurutnya, jika suatu kegiatan dilandasi dengan ketulusan dan kebersamaan, maka apa yang menjadi program dan harapan masyarakat dapat terwujud. “Lakukanlah segala sesuatunya dengan tulus iklas. Karena jika sesuatu dilaksanakan dengan tulus, maka apa yang kita kerjakan akan terasa lebih ringan,” katanya.
 
Orang nomor satu di Tabanan tersebut menambahkan, kegiatan secara masal ini juga bisa diterapkan pada kegiatan lainnya, sehingga beban masyarakat dapat berkurang.  Pihaknya juga akan selalu membantu masyarakat yang berkomitmen untuk bersatu membangun Tabanan. “Visi Tabanan yang sejahtera, aman dan berprestasi akan dapat terwujud, jika masyarakatnya mau bersatu. Dengan bermodalkan rasa persatuan, kebersamaan dan gotong royong, saya yakin Tabanan serasi dapat diciptakan langsung oleh masyarakat,” paparnya.
Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, Bupati juga menyerahkan punia kepada panitia. CAN-MB
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>