Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bali Mandara Jilid II : Program Komprehensif dan Holistik Untuk Bali

Oleh: Made Mangku Pastika

(Gubernur Bali)

 Puja pangastuti dan angayu bagya Saya haturkan kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, atas asung kertha wara nugraha-Nya, seluruh tahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2013 telah berjalan dengan sukses.

Selaku Kepala Daerah, Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan partai politik dan segenap komponen masyarakat Bali yang telah berpartisipasi aktif, mensukseskan pesta demokrasi lokal tersebut. Hiruk pikuk pesta demokrasi ini menunjukkan tingginya dinamika politik masyarakat, sebagai cermin masyarakat Bali yang semakin cerdas dan kritis. Akhir pesta demokrasi yang aman dan damai ini, turut mempertahankan citra Bali sebagai daerah yang aman, daerah destinasi pariwisata internasional.

Selaku pribadi, Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh krama Bali, yang telah memberikan kepercayaan kepada Saya bersama Sdr. Ketut Sudikerta, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali periode 2013-2018. Kepercayaan ini sekaligus merupakan anugerah Ida Hyang Widhi Wasa, yang akan Saya jawab dengan pengabdian yang sungguh-sungguh, sabar, dan ikhlas.

Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Bali telah usai. Saya mengajak kita semua melupakan perbedaan yang ada selama pesta demokrasi tersebut. Mari menatap ke depan menyongsong masa depan Bali yang lebih baik, menghadapi tantangan pembangunan yang semakin kompleks. Kita tidak boleh terlena dengan masa lalu, kita harus berjuang dengan optimis dan penuh keyakinan.

Saya menyadari, dalam kepemimpinan Saya lima tahun pertama (2008-2013) masih ada program yang belum berhasil dirampungkan, atau masih ada program yang belum efektif menyentuh kepentingan masyarakat. Untuk itu, periode lima tahun ke depan, Saya berkomitmen untuk secara konsisten memantapkan program-program yang sudah baik, menyempurnakan program yang belum optimal, serta merealisasikan berbagai program terobosan. Semua itu adalah demi peningkatan kesejahteraan seluruh krama Bali.

Program-program tersebut pada dasarnya adalah program yang terpadu, terkoordinasi, dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara sinergis. Saya menyadari, untuk dapat merealisasikannya sangat dibutuhkan komitmen, kesungguhan, kerja keras, ketegasan, dan disertai kerjasama seluruh komponen masyarakat Bali, jajaran Pemerintah Daerah, maupun pihak swasta. Karena program Bali Mandara pada hakikatnya adalah program pembangunan berkelanjutan, berkeadilan, partisipatif, dan merata bagi seluruh masyarakat Bali yang tersebar di sembilan kabupaten/kota se-Bali, sebagai bagian integral dari pembangunan nasonal.

Dalam perjalanannya nanti, Saya juga akan tetap terbuka terhadap aspirasi seluruh komponen masyarakat Bali, apapun bentuknya, demi penyempurnaan program dan demi kesejahteraan krama Bali secara menyeluruh.

 

VISI DAN MISI

Berpijak pada kajian dan analisis isu-isu strategis pembangunan daerah, yang meliputi Isu Strategis Internal yaitu kekuatan dan kelemahan, serta Isu Strategis Eksternal yaitu peluang dan tantangan, kemudian dirumuskan visi dan misi pembangunan daerah. Visi dan Misi Bali Mandara adalah Visi dan Misi seperti yang tertuang dalam Visi dan Misi RPJMD Provinsi Bali Tahun 2008-2013 yang kita sebut sebagai Bali Mandara Jilid I. Untuk 5 tahun kedepan, sebagai program Bali Mandara Jilid II, Visi dan Misinya masih tetap sama dengan Visi dan Misi Bali Mandara Jilid I karena Visi dan Misi tersebut merupakan Visi dan Misi Bali Mandara yang komprehensif dan holistik.

Bali Mandara yang komprehensif artinya program Bali Mandara sebagai program yang aspiratif, responsif, dan visioner, bersifat luas dan melingkupi seluruh aspek kehidupan masyarakat Bali. Sementara Bali Mandara yang holistik artinya program Bali Mandara bersifat utuh sebagai satu kesatuan, yang diimplementasikan dalam kegiatan yang terintegrasi, saling terkait dan saling mendukung.

Bali Mandara Jilid II sebagai kelanjutan Bali Mandara Jilid I, tidak hanya diarahkan bagi pengentasan permasalahan sosial kemasyarakatan saat ini, mulai dari pendidikan, pengangguran, kesehatan, sampai pada kemiskinan, tetapi juga pada saat bersamaan melakukan transformasi menyiapkan masyarakat dan daerah Bali agar memiliki kualitas dan karakter untuk mampu bersaing dalam tatanan global, dengan tetap berpijak pada kearifan lokal.

 

Visi tersebut adalah:

Terwujudnya Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera (Bali Mandara)

“Mandara”, berasal dari Bahasa Sanskerta, yang berarti: besar, agung, suci, dan great.

Bali Mandara adalah Bali yang besar, Bali yang agung, Bali yang suci, The great Bali.  

Mandara adalah juga akronim dari Maju, Aman, Damai, dan Sejahtera.

Kondisi ini adalah gambaran dari sebuah harmoni yang melambangkan keagungan.

Bali Mandara tersebut, digambarkan sebagai berikut:

Bali Maju adalah Bali yang dinamis, Bali yang terus bergerak menurut dinamika pergerakan dan perkembangan dunia. Bali yang senatiasa bergerak dan maju dengan tetap menjunjung kesucian dan keikhlasan demi tegaknya dharma. Bali yang maju adalah Bali yang harus tetap “metaksu, yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya sebagai daerah tujuan wisata yang handal, berkharisma dan religius. Bali yang maju adalah Bali yang modern menurut ukuran dan tuntutan nilai-nilai universal yang tidak menyimpang dan/atau bertentangan dengan nilai-nilai agama Hindu (Bali) serta adat istiadat Bali. Kemodernan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan peradaban sebagai masyarakat yang berada di perkampungan dunia yang terbuka.

Bali Aman adalah Bali yang “dabdab” teratur sekala-niskala. Bali yang memiliki keseimbangan antara korelasi kebutuhan hubungan antar manusia dengan manusia lainnya, hubungan manusia dengan alam lingkungannya, serta hubungan manusia dengan Tuhan-nya sejalan dengan konsep Tri Hita Karana. Bali yang aman adalah Bali yang terhindar dari ancaman intervensi virus-virus ideologi yang bertentangan dengan Tri Hita Karana, seperti: terorisme, anarkhisme, dan virus non-traditional threat lainnya yang mewarnai zaman Kali.

Bali Damai adalah Bali yang diselimuti atmosfir kesejukan lahir bathin, serta selalu dalam kondisi “tis” dan kondusif. Bali Damai adalah Bali yang menggambarkan adanya komunitas masyarakat Bali, baik di perkotaan maupun pelosok perdesaan yang kental dengan suasana “briyag-briyug, pakedek pakenyem”. Hal tersebut sebagai indikator optimisme masyarakat dalam menatap masa depan yang menjanjikan.

Bali Sejahtera adalah Bali yang Sukerta Sekala Niskala, sebagai akumulasi diperolehnya kemajuan, keamanan, dan kedamaian.

 

Visi tersebut dijabarkan ke dalam tiga Misi,  yaitu:

Pertama; Mewujudkan Bali yang Berbudaya, Metaksu, Dinamis, Maju, dan Modern. 

Kedua;  Mewujudkan Bali yang Aman, Damai, Tertib, Harmonis, serta Bebas dari berbagai Ancaman, dan

Ketiga: Mewujudkan  Bali yang Sejahtera dan Sukerta Lahir Bhatin.

 

Untuk mewujudkan Visi-Misi Bali Mandara Jilid II ini, kebijakan yang dijalankan berpijak pada:

  1. Pancasila, sebagai landasan ideal.
  2. Undang Undang Dasar 1945, sebagai landasan konstitusional.
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sesanti Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan konsepsional.
  4. Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, sebagai landasan operasional.
  5. Local values, atau nilai-nilai kearifan lokal Bali yang adiluhung, sebagai landasan spiritual.

Sementara Strategi Pembangunan yang diterapkan, adalah:

  1. Melanjutkan dan memperkuat program Bali Mandara Jilid I, periode 2008-2013,
  2. Melaksanakan pembangunan secara bertahap, berjenjang dan berkelanjutan,
  3. Mewujudkan pemerataan pembangunan antar wilayah dan sinergitas antar sektor, dengan prioritas pada daerah-daerah yang belum berkembang.

 

PROGRAM UNGGULAN

Berpedoman pada pelaksanaan program Bali Mandara 2008-2013, beberapa program unggulan yang dirumuskan untuk periode lima tahun ke depan 2013-2018 dalam program Bali Mandara Jilid II, antara lain:

  1. Memperluas dan memperdalam kualitas program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM).
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu).
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri).
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program Bedah Rumah.
  5. Menuntaskan program Wajib Belajar 12 Tahun.
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program Bali Clean and Green.
  7. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida).
  8. Menguatkan program keamanan Bali Mandara,  dan
  9. Mengoptimalisasikan Coorporate Social Responsibility (CSR).

 

Sementara untuk program aksi Bali Mandara jilid II, yang menyentuh 12 bidang kehidupan masyarakat merupakan langkah nyata mewujudkan misi mencapai Visi dalam 5 tahun ke depan, yang menggambarkan penanganan permasalahan sosial masyarakat Bali secara komprehensif dan holistik, serta berkelanjutan dan berorientasi demi kemajuan Bali ke depan.

Program-program aksi tersebut adalah prakiraan langkah solusi yang disusun tahun ini, namun mengingat dinamika sosial-kemasyarakatan yang sangat tinggi, maka sangat dimungkinkan dirumuskan program-program baru yang inovatif dan solutif atas permasalahan yang muncul dalam tahun-tahun berjalan. Untuk itu, semua komponen masyarakat diharapkan tetap peka terhadap kebutuhan masyarakat yang juga berkembang dinamis dan kompleks.

Mari Bergandengan tangan, mewujudkan Bali Mandara,  Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera !  Terima kasih.

=========

4 Responses to Bali Mandara Jilid II : Program Komprehensif dan Holistik Untuk Bali

  1. putu nyame seririt Reply

    August 29, 2013 at 8:31 AM

    Mantap sajaan ne program bali mandara pak mp..nanging lebih mantap yening mekejang mendukung,,
    Lanjutkan pak mp,tyang dukung trs..

  2. putra Reply

    August 30, 2013 at 12:00 AM

    Mangkin sampun di lantik dados gubernur malih, ane penting satya wecana pak !! Manda jakti jakti nindihin gumi bali !!

  3. waza Reply

    September 13, 2013 at 2:28 PM

    jempol buat bali mandara jilid II, semoga bermanfaat bagi masyarakat bali

  4. ketutnedra Reply

    September 26, 2013 at 7:59 PM

    Aplikasi dilapangan belum jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>