Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

200 Pohon Nangkadak Dari Presiden untuk Gubernur Bali : Akan Ditanam di Kantor-Kantor Pemprov

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima kiriman 200 bibit pohon Nangkadak dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (18/7). Bibit-bibit tersebut diterima langsung oleh Gubernur di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar.

Pohon Nangkadak sendiri adalah pohon yang unik karena hasil persilangan dari Pohon Nangka (Artocarpus Heterophyllus) dan Cempedak (Artocarpus Integer). “Jadi dia Nangka tapi rasa Cempedak,” kata Gubernur.

 Gubernur menjelaskan ikhwal diberikannya pohon tersebut atas permintaannya kepada Ibu Ani Yudhoyono setelah ditunjukkan fotonya.  “Jadi permintaan saya memang, karena Ibu [Ani] sudah panen, saya lihat fotonya dan buahnya bagus,” ujarnya. Ditambahkan pula keunikan dari pohon Nangkadak ini disamping aroma dan rasanya yang berbeda, buah nangkadak hanya berisi 10 – 15 biji sehingga menjadi ciri khas tersendiri.

 Langsung Membagi

 Didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardana, Gubernur langsung membagi ke-200 tanaman tersebut untuk segera didistribusikan dan ditanam. Diantaranya sebanyak 20 pohon akan ditanam di areal Setda Provinsi Bali, 2 pohon didistribusikan ke masing-masing kantor unit SKPD Pemerintah Provinsi Bali dan 10 bibit pohon ditanam di Rumah Jabatan Jayasabha. “Nanti kalau habis, kita minta lagi,” kata Gubernur. Menurutnya Presiden SBY memang sedang menggencarkan penanaman Pohon Nangkadak. Karena ini bahan pangan yang baik, kata mantan Kapolda Bali ini. Ia juga mengatakan penanaman pohon Nangkadak ini juga sebagai bagian dari upaya menciptakan Bali yang Hijau sebagai bagian program Bali Green Province. DP-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>