Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Sidang Gugatan Pilkada Bali di MK : Tak Siap Bukti, PAS Andalkan Saksi

Jakarta (Metrobali.com)-

‘Apakah saudara sudah siapkan bukti-bukti kecurangan yang saudara laporkan?” tanya Hakim Ketua, Akil Mochtar, yang juga ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat digelar persidangan perdana gugatan paket PAS (Puspayoga-Sukrawan) atas hasil Pilgub Bali 15 Mei lalu, di ruang sidang MK Jakarta Senin (10/6) kepada kuasa hukum PAS (pemohon-red). Kuasa Hukum PAS, Arteria Dahlan menjawab panjang lebar, namun intinya ia mengaku tidak siapkan bukti. “Kami tidak siapkan bukti, tetapi kami membawa saksi cukup banyak,’ demikian jawab Arteria Dhalan.
================================
Merespons jawaban kuasa hukum PAS tersebut, hakim Akil Mochtar menegaskan, bukti-bukti sangat diperlukan untuk diperlihatkan dalam persidangan Mahkamah Konstitusi. Ini agar memudahkan tiga hakim yang mengadili perkara bernomor register 62 tentang gugatan hasil Pilgub Bali oleh kandidat nomor 1, Puspayoga-Sukrawan tersebut. Paket Puspayoga-Sukrawan, oleh KPU Bali dalam pleno rekapitulasi perolehan suara Pilgub beberapa waktu lalu di kantor KPU Bali,  dinyatakan kalah dari paket nomor 2, yakni Mangku Pastika-Sudikerta alias paket Pastikerta dengan selisih 996 suara untuk kemenangan Pastikerta.

 

Dalam sidang perdana yang berlangsung tidak lebih dari dua jam tersebut, dengan agenda pembacaan gugatan paket PAS, kuasa hokum PAS, yang terdiri dari para pengacara Jakarta, antara lain Arteria Dahlan, Hendri Yoso Diningrat dan beberapa pengacara lainnya, mendapat kesempatan paling banyak yang diberikan oleh Hakim Ketua Akil Mochtar untuk menyampaikan gugatannya. Itu sebabnya, sejak hakim mengetok palu, tanda sidang dimulai, Arteria Dahlan yang berbicara mewakili para kuasa hokum PAS, menyampaikan beberapa butir dugaan pelanggaran Pilgub Bali, baik yang diduga dilakukan oleh kubu Pastikerta maupun oleh KPUD Bali sebagai penyelenggara Pilgub Bali kali lalu.

 

Dari kubu KPU Bali hadir tiga orang komisioner KPU Bali yang dipimpin ketuanya Sukawati Lanang Prabawa bersama dua rekannya yang juga anggota komisioner KPU Bali, yakni Udi Prayudi dan Dewa Raka Sandhi. Tiga komisioner KPU Bali ini didampingi kuasa hokum KPUD Bali yang dipimpin AH. Kamal, SH. Tampak hadir juga ketua Panwas Bali, Made Wena, serta sekitar 11 orang pengacara pihak terkait yakni pihak Pastikerta yang memang sengaja datang dari Bali. Mereka antara lain;

 

Sementara dari kubu PDIP yang mengusung paket PAS, selain kuasa hukumnya yakni Arteria Dahlan dan Hendri Yoso Diningrat, tampak hadir pula sejumlah elit PDIP baik PDIP Pusat maupun daerah. Tampak Sekjen DPP PDIP, Tjahyo Kumolo yang didampingi beberapa pengurus pusat PDIP. Dari Bali, tampak hadir Langsung ketua DPD PDIP Bali, Cok Ratmadi serta salah seorang politisi PDIP yang kini duduk sebagai anggota DPRRI, yakni Nyoman Dhamantra. Sementara kubu Pastikerta, selain para kuasa hukumnya, tampak pula beberapa tokoh dari Golkar dan democrat, yakni Sumarjaya Linggih (anggota DPR RI) serta Ruhut Sitompul (anggota DPR RI dari partai Demokrat-red).

 

Mengawali penyampaian gugatanya, Arteria Dahlan menegaskan bahwa secara prinsip sebenarnya pihaknya tidak ingin disebut tidak siap kalah. Begitu pun ia dan kandidat PAS yang diusung PDIP sebenarnya sangat mendambakan Bali yang aman dan damai. Namun kata dia, mencuatnya beberapa dugaan kecurangan baik yang dilakukan oleh pihak Pastikerta maupun oleh pihak KPUD Bali mendorong ia, kandiat PAS maupun PDIP Bali, untuk menggugat hasil Pilgub Bali yang telah diumumkan beberapa waktu lalu.

 

Arteria Dahlan yang dalam sidang perdana kemarin mendominasi pembicaraan dari kubu PAS, lebih lanjut menguraikan beberapa dugaan kecurangan yang dilakukan KPUD Bali dan juga dilakukan oleh pihak terkait dalam sengketa ini, yakni kandidat Pastikerta. Dugaan itu antara lain, adanya perbedaan hitungan perolehan suara yang selalu berubah-ubah angkanya. Ia juga melaporkan dugaan kecurangan yang ia sebut sebagai kecurangan terstruktur seperti keterlibatan beberapa pimpinan SKPD Bali seperti Disdikpora dan dinas social yang menggunakan program pemerintah provinsi Bali seperti bedah rumah, JKBM dan lain-lain merupakan kampanye terselubung Pastikerta.

 

Atas berbagai dugaan kecurangan tersebut, kubu PAS Melalui kuasa hukumnya dalam persidangan perdana kemarin mengusulkan pembatalan keputusan KPUD Bali nomor: SK 495 tentang hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat KPUD Provinsi beberapa waktu lalu. ‘Kami bahkan siap tarung ulang, jika bapak hakim memang mengabulkan permohonan kami,’ ujar Arteria Dahlan. Sidang babak berikutnya digelar hari ini (Selasa 11/6) dengan agenda tanggapan pihak termohon yakni KPUD Bali dan pihak terkait yakni kandidat Pastikerta. RED-MB

 

 

 

 

89 Responses to Sidang Gugatan Pilkada Bali di MK : Tak Siap Bukti, PAS Andalkan Saksi

  1. pan melem Reply

    June 10, 2013 at 7:11 PM

    Meh,,mare takonine bukti2 adi liunan pete nto AD.
    Kene be provokator pdip ngai masyarakat bali tusing aman jak damai..
    Ngenahang be belog ne pas..

  2. gede baglur Reply

    June 10, 2013 at 7:20 PM

    Beh…, ne terlalu semangat beritanya. Hanya untuk membesarkan hati pendukung pasti…

    • ah teri Reply

      June 10, 2013 at 7:35 PM

      glur : kenken nto adi bise pengacara PAS ditanyain bukti2 koq ngawur jwbannya
      Persis acara debat pilgub yg lalu,,,
      Aduh de be nto dawanange,,nyanan pendukung pas duke buin….

    • I Wayan kadra. Reply

      June 24, 2013 at 11:31 PM

      AWAK METATO,SELEM,BOK BARAK,NGELAH MITRA LIU,JENENG DAKI CUIL DADI MASI ELIT PARTAI,

      SAYA PENG DUA WISUDA KEJAKARTA SING BANI NDEN DADI CALEG

  3. Kuluk-ktm Reply

    June 10, 2013 at 7:36 PM

    @ Gede baglur : Walaupun bergelar SH , kita tunggu seri selanjutnya sy akan selalu ada disaat you bercomen , oke …… ayoe redy…..

  4. Cangklong Reply

    June 10, 2013 at 7:42 PM

    Kalau udah tidak punya bukti ngapain ke MK ??? Ne Bee madan manahe Ageng polone embuh , yen pas liu ngelah saksi ape buin pastikerta dobel liu ngelah saksi sawireh siape Be menang

    • bungut gede Reply

      June 11, 2013 at 2:20 PM

      tamabahin telakne bawak..

  5. merdah Reply

    June 10, 2013 at 7:46 PM

    men sube kalah ….ksatrya mengucapkan selamat kpd yg menang ….de mengkeb jumah meten ….tusing adung omong jak laksanae ….ngoraang akan menerima hasil pilgub siapapun pemenangnya ….ehhh disubane kalah ….bak hilang ditelan bumi …sampai jani sing ngenah lawatne ….jani men kalah di MK…kije ye kel muntut buin ….mesuang pipis padum me 50juta ….anggo mayah pengacara ….kat kuluk 2e teken pengacara jakartane …..ke pengadilan kone tusing ngabe bukti ……selamatmenikmati kekalahan ….umdang buin dagang dauh tukad ajak mepeste …

  6. jon bali Reply

    June 10, 2013 at 7:54 PM

    Wkwkwkwk…men nak ngudyang ke MK sing ngabe bukti. Ngabe saksi ne gebuh2 sing dingehange masi jak pak ketua..attaaahhh gue pikir orang pintar

  7. ganaz Reply

    June 10, 2013 at 8:02 PM

    Semoga PAS memenangkan gugatan pilkada BALI di MK..astungkara

    • gung aji Reply

      June 11, 2013 at 6:29 PM

      jeg beliang/tumbasang sampi jinahe jroo???ngudiang jatme dauh tukad kal gedeang….irage masyaratkat bali ane kal keweh…

  8. agus Reply

    June 10, 2013 at 8:13 PM

    Masyarakat bali jgn terpancing dg provokator luar tunggu aja keputusan mk wahai pendukung PAS kalo kalah di mk jgn ngamuk karna pengacara anda tdk siap membawa bukti2. Mari kita tunggu

  9. gede arya Reply

    June 10, 2013 at 8:25 PM

    dadi ade pengacara ke pengadilan…tusing ngabe bukti….LeNGeH CeLeNGe ….

  10. Kd Reply

    June 10, 2013 at 8:34 PM

    Saksi aja gk cukup hrs ada bukti… Klo hanya saksi biar 1000orang saksi ddatangkngkn sama ja bohongu dan ngada- ngada

  11. gede baglur Reply

    June 10, 2013 at 8:38 PM

    @Kuluk-ktm.., engken ne bro…, baang malu sidange jalan, nyen nawang ade acara debat di TV ne buin.

    • Kuluk-ktm Reply

      June 11, 2013 at 2:41 AM

      Nah ente ,……..ngorangahang keto , sy suksme mau debat di TV one dalan lain sebagainya kuare ngorangahang gen irage sing keto ngajak timpal yang penting beda pendapat bolehlah tapi mani irage tepuk lan besikang kenehe….

  12. Sampi kurus Reply

    June 10, 2013 at 8:53 PM

    mari kita tonton sandiwara episode selanjutnya…sepertinya banyak yg akan stress, stroke…s……

  13. Nang Koconk Reply

    June 10, 2013 at 8:57 PM

    Nah luwungan be selesaikan dgn sidang ditu, dripada ngae rusuh di jalan, buin keweh ajak mekejang. Jeg pebalih dogen be malu, kenken je dadinne….

  14. nang malen Reply

    June 10, 2013 at 9:04 PM

    neh, jani nyak bo jani tim pas lakar kalah telak 2-0.nah lanjutang sube be kadung jengah….apin sing cukup bukti, aji mumpung gen, madak lekleke pipis PAS ken pengacarane di jakartane ento

  15. Arkitanata Reply

    June 10, 2013 at 10:26 PM

    Bukti sing ngabe?…mimih…care nak guyu !
    Men ane abe dugas sidang pleno KPU 9 container to ape isine, Jaje laklak?…

  16. nang bedag Reply

    June 10, 2013 at 10:36 PM

    tain cicing politik sampah,no 1 ,no 2 patuh gen,ape seng ade deee,golput gen trus bertambah,revolusi politik hrs ne

  17. bantengpunyah Reply

    June 10, 2013 at 10:51 PM

    yen di persidangan hrs ada alat bukti dan saksi…ne pengacara PAS jeg ngabe bungut gen ke MK…liunan munyi sing ada apa de….!!! pongah juari gelar gelur di MK nagih pembatalan SK KPUD ttg penetapan PastiKerta sbg pemenang Pilkada….men sing ada bukti luwung be medem jumah…de olok2 ne krama Bali…buat pendukung PAS mhn waspada dg lwayer2 jakarta yg cari duit memanfaatkan momentum Pilkada. eling ring raga, wirang ring sameton, tur jengah ring panyamabrayaan…ngudiang i raga adu jak jeleme joh gumi…mari rapatkan barisan lupaka perbedaan.

    • z2k_13 Reply

      June 11, 2013 at 4:25 PM

      niki mare patut..
      ane betek ne ngurusin gen je kel ne.. ngdyang jeleme luar baang ngaduuk mai ke bali, .. pang sink care sesongane
      dadag telah, abyan benyah, bangkung bangke..
      yen byin pemilu ulang se tlah pis bali e ango keto gen,,
      api menang apin kalah, mani patut mli nasi masih pis pedidi ango..
      de to garang e..
      suksema

  18. astungkara Reply

    June 10, 2013 at 11:00 PM

    Sangat bijak kalau kita menunggu hasil MK. Masalah disetujui atau tidaknya tergantung dari MK. Gugatan PAS ke MK adalah suatu hal yang wajar. Karena 4 pilar kebangsaan yang digencarkan oleh alm. Taufik Kiemas mengatur tentang itu. Kita tahu bahwa sila ke 4 Pancasila dan Pasal 28 UUD 1945 mengatur kebebasan setiap warga negara untuk berpendapat. Jadinya suatu kearifan kalau kita mau menghormati gugatan PAS ke MK. Singkat kata kita berikan waktu kepada MK untuk mengambil keputusan yang adil, bisa diterima oleh semu pihak dan tetap berdasarkan pada Undang undang yang berlaku. Forza

    • Rare Sakit Reply

      June 11, 2013 at 7:20 PM

      Ngomong Pasal 28 UUD 1945 de nae potonge ,………ilangang satu kata len artine ……..kebebasan setiap warga negara untuk berpendapat yang bertanggung jawab. benyah gumine yen sing isinin yang bertanggung jawab brooooo

  19. astungkara Reply

    June 10, 2013 at 11:05 PM

    Sangat bijak kalau kita menunggu hasil MK. Masalah disetujui atau tidaknya tergantung dari MK. Gugatan PAS ke MK adalah suatu hal yang wajar. Karena 4 pilar kebangsaan yang digencarkan oleh alm. Taufik Kiemas mengatur tentang itu. Kita tahu bahwa sila ke 4 Pancasila dan Pasal 28 UUD 1945 mengatur kebebasan setiap warga negara untuk berpendapat. Singkat kata kita berikan waktu kepada MK untuk mengambil keputusan yang adil, bisa diterima oleh semu pihak dan tetap berdasarkan pada Undang undang yang berlaku. Forza

  20. kacung ngelintur Reply

    June 10, 2013 at 11:08 PM

    seribu saksi yang diajukan tetap dianggap sebagai satu alat bukti. cuma untuk di mk minimal diperlukan dua alat bukti dengan kata lain perlu ditunjang bukti-bukti tertulis

  21. budi bali Reply

    June 10, 2013 at 11:43 PM

    PAS…be mekejang….tamasya PAS ke MK..kader PDIP aduk jleme jjakarta …PDIP bakal sepi untk pemilu 2014..kadernya Pas pasan

  22. ADE Reply

    June 10, 2013 at 11:43 PM

    Arteria; bukannya PDIP tdk siap kalah…….
    Tapi kami siap utk tarung ulang.
    apo to artine nah? care nak cenik. mulih mulih mulih!!!

  23. bandidozz Reply

    June 11, 2013 at 12:18 AM

    Anjing kamu arteria dahlan!!!! Manusia luar bali km!!! Pengen adu domba nyamo bali!!! B̶̲̅A̶̲̅N̶̲̅G̶̲̅S̶̲̅A̶̲̅T̶̲̅ km!!!!

    • Pan Dogler Reply

      June 12, 2013 at 1:55 PM

      @bandidozz… sabar bro, kedepankan wawasan kebangsaan, klo tidak senang sama seseorang jgn digeneralisasikan… kita hidup dlm masyarakat yg plural… terpenting kita waspada terhadap isu2 provokasi yg memecah belah Bali, mari kita jaga Bali agar tetap aman tentram dan damai… salam sejahtera selalu…

  24. I Ketut Wena, SH. Reply

    June 11, 2013 at 12:20 AM

    Gugatan masih berjalan, belum ada yg menang atau kalah… Saya pendukung Bpk. Mangku pada pilgub kemarin, tapi saya juga tidak rela kalau sendainya benar sesuai dengan tuduhan PDIP bahwa ada indikasi kecurangan dlm rekapitulasi suara kapan lalu. Saya tidak rela Bali dipimpin oleh gubernur yg menang dgn cara2 curang hanya untk berkuasa, PDIP berani ke Mk tentu dgn bukti C1 yg valid bahwa selisih suara lebih memang untuk PAS , saya mulai takut jangan2 mangku memang kalah… Apapun itu, Bali berhak tau kebenaran yg ada, semoga hasil di MK juga bisa diterima oleh PDIP seandainya tetap memenangkan Bpk. Mangku!
    Apa yg saya ikuti dari media lain, ternyata bukti yg dimaksud adalah bukti2 yg terkait dgn tuduhan kecurangan di masing2 tps. Sptnya itu bakalan sulit untuk dibuktikan oleh team pas, astungkara Bali tetap aman setelah ketetapan MK.

    • Tukang gali got Reply

      June 11, 2013 at 1:58 PM

      patut pisan pak

  25. Gianyar Bersatu Reply

    June 11, 2013 at 12:32 AM

    sampurasun.. kampret… PAS Menang Kucittt.. jeg lebihan ngalih situs porno deen kene be dadine… lebihan menghayal… kaden nak d kecamatan menang ye sampe d propinsi kalah mase… suud ngayal sampine nu muntaber… yen mule saje dueg… harusnya d tingkat desa sudah komplain.. semua ada tahapannya… yen di MK tinggal ikuti KPU Deen de… kuluk amah kacangne… hahahahaha..

  26. Fatul Reply

    June 11, 2013 at 12:35 AM

    @ arteria dahlan; dasar kambing congek…tapi gak apalah abisin aja tuh uangnya PAS dan kader-kader pdip bali lainnya termasuk bupati/walikotanya hehehe…

  27. buffalo Reply

    June 11, 2013 at 1:27 AM

    Yen andeang di tajen,pas kalah blulongin saye.
    Awas bali keruk bulduser.

  28. gede arya Reply

    June 11, 2013 at 3:55 AM

    ne lengeh sebenarne ….bupati pdip sebali ngajak dprd pdip sebali….wak ngudiyang nyak mesuang pipis padume 50jeti ..anggo mayah pengacara jakarta ….meh kat belog 2e….selamat deen sube ….selamat mgelel ..ngang ngep ….pesuang buin spanduk provokasine telahang pasang dijalane ….pdip lengeh buah.

  29. damai gen Reply

    June 11, 2013 at 4:44 AM

    gugatan ini sebenarnya adalah akal2an dan sebuah proyek bagi arteria dahlan dgn dana urunan dprd dan bupati sebali,tanpa bukti yg lngkap dan tdk konsisten,smg bpk hakim MK yg terhormat menolak smua gugatan yg kurang bukti,dan tetap memenangkan pastikerta

  30. putry Reply

    June 11, 2013 at 6:30 AM

    aku rindu comentnya cenk blonk, tdk prnh nongol, jgn2 sdh nyoblos ulang terus sm janda eka,,,,wka,wka,wka,,,,

  31. ayam kampus Reply

    June 11, 2013 at 7:18 AM

    pang man gen proyek i dahlan ne,kuda kaden pis urunan bupatine ,oww yen nyak pis pedidi yen pis bansos anggone tetep petani buwung man bantuan traktor kangguang sampi anggo metekap

  32. gd wijaya saputra Reply

    June 11, 2013 at 8:01 AM

    Paket PAS dibodohi oleh pengacaranya mau saja…bukti sudah tidak lengkap..ke MK juga ..bikin malu saja..NGILIS SAJAN NAK BALI ALUH ULUK-ULUKINE TEKEN PENGACARA JAKARTA..PIPIS LIU TELAH MASIH KEL TETEP KALAH..JEG LUUNG SUBE MULIH..BUIN 5 TIBAN CALON ANE LUUNGAN PESUANG PANG NYAK PILIH TEKEN RAKYAT. ..

  33. wika sujana Reply

    June 11, 2013 at 8:12 AM

    NO KASUS NO DOIT

  34. bli bagus Reply

    June 11, 2013 at 8:54 AM

    arteria dahlan pasti punya banyak bukti…. sprti wayan bukti, nengah bukti, nyoman bukti dll…… hahahahahahaah…… nyak anggone mainan ken AD.

  35. nyame kangin Reply

    June 11, 2013 at 9:10 AM

    pungkat be jani trah SATRIAne ,,,,,nagih ngisi gumi Bali ane metaksu, ulian polo nduk…Bhatarane sing mrestui. ngajegang bali,,,tp nagih ngae umah nak len ane gede,,,ane cen kaden mdan beneh munyin jlemane uli Satria,,,cang tusing parekan gung,legaang malu…

  36. Suarjana Reply

    June 11, 2013 at 11:01 AM

    Rasanya di Bali pendukung PDIP sudah merasa bosan seperti saya ini dengan tindak tanduk para elit nya di partai yang tidak berbuat jujur dalam berpolitik …. Bila anda itu pernah berjanji tolong tepati janjinya dan jangan pemberian anda itu ada pamrihnya untuk mengekang hak demokrasi rakyat .
    Semoga Mangku Pastika sehat selalu dalam menjalankan pemerintahan di periode ke II di Bali .

  37. Jabrieks Reply

    June 11, 2013 at 11:04 AM

    Jeg kel bangkrut ne PDIP nyan……subo kalah pipis telah uluk2 di jkt?

  38. Satriagebuh Reply

    June 11, 2013 at 11:50 AM

    kapoook milih banteng lengeh…

  39. Sang Pencerah Reply

    June 11, 2013 at 12:16 PM

    Ne be ye ane madan , Siap metatu di Boong, kalah koek2,
    Makanya pilih kader yg cerdik, cerdas dan jujur jangan kader preman brow…

    PDIP segera lah berkaca… Bukti tusing ngelah ke MK , hanya saksi … saksi baang pis OK OK ja… bli

  40. tyang nak lacur Reply

    June 11, 2013 at 12:48 PM

    Aruuhhhhh,,,ke MK sing ngabe bukti,,,yen andeang care perang,,,kal meperang sing ngabe senjata sing mati di tempat toww..wkwkwkwkwkwk,,,jeg mekite kedek bene,,,,

    Maju Terus Pak Mangku,,kami selalu mendoakan mu,,Astungkara Bali Mandara jilid2 akan bertambah sempurna dan lebih baik,,salam damai untuk masyarakat Bali,,Buldog jga akan slalu mendukungmu,,,

  41. DAGANG CANANG Reply

    June 11, 2013 at 1:38 PM

    hahahahahahaha kene be bantenge mabuk di perjalanan uling bali-jakarta-jakarta-bali teked di MK care jeleme punyah memunyi ngabe saksi nang duang lusin tp sing ngabe bukti,hahaha mirip kecag di diskotik ibukota buktine,hihihi ajeng telasang yan !!! sing ado kal ngerunguang nyoblos banteng di 2014,ube ngenah sifat asli bantenge !!

  42. cahya Reply

    June 11, 2013 at 1:38 PM

    dalam pemilihan pasti ada menag atau kalah maka dari itu kita harus siap menerima hasilnya baik menag atau kalah

  43. Tukang gali got Reply

    June 11, 2013 at 2:00 PM

    Ne madan memaksakan kehendak, satuan bebotoh kalah nak liu

  44. gede arya Reply

    June 11, 2013 at 2:06 PM

    mare bace balipose ….telah utahange isin basangne i satrya narade ….seneb baan puk ….ueekkkk….jleme streess ….men kalah di MK….bise 2 MKne batbate teken balipose …..lagut sam nani ngelah koran fitnah jalan terus ….satrya narada bangsat nani .

  45. Tu De Reply

    June 11, 2013 at 2:24 PM

    Yg jadi pertanyaan knapa orang Luar Bali yg banyak gembar gembor sok” bawa nama Bali??
    AD siapa??
    Semeton Bali, ngiring sikiang manahe…

  46. dodit Reply

    June 11, 2013 at 2:40 PM

    Pejang ae tank,,liat hasilnegen buin mani ,,

  47. leak lebih Reply

    June 11, 2013 at 2:41 PM

    Pejang ae tank,,liat hasilnegen buin mani ,,

  48. parpol sakit jiwa Reply

    June 11, 2013 at 2:43 PM

    AD said ” adanya perbedaan hitungan perolehan suara yang selalu berubah-ubah angkanya ” calon nya udah melek angka ya?? Kemrin waktu debat di tanya melek angka kq olog” pong!!!

  49. ktut ras Reply

    June 11, 2013 at 2:58 PM

    Do dini uyut..dini uyut kal sing mragatang gae ape..adanan sampi aritang umo tumbeg pragat gae…

  50. eno a Reply

    June 11, 2013 at 3:04 PM

    arrruu yen bekalah kanguang tudur sput jmak …de misi kejakarta bin masuk angin nyen wkwkwkwwwk

  51. anthrax Reply

    June 11, 2013 at 3:12 PM

    adaah… kaden cagubne dogen ane lengeh, ternyata..
    suudang malu monto mempermalukan diri sendiri…nyan telah melaib pendukunge di 2014…

  52. budi bali Reply

    June 11, 2013 at 3:40 PM

    Suud sidang MK.. Pas kalah..arteria dahlan panen. .,.

  53. Sampi Bungut Putih Reply

    June 11, 2013 at 4:00 PM

    yen PAS kalah di MK, kija ye buin lakare menggugatne…..?????
    Aluh Gen BUngutne Pengacara Ngomong NAgih TARUNG ULANG ??????
    sela gebuh jaen…………………

  54. crew sing ngelah seka Reply

    June 11, 2013 at 4:18 PM

    Biar nyen ne dadi gubernur cang tileh kene

  55. gung aji Reply

    June 11, 2013 at 6:41 PM

    inilah namanya org paling SATRIA dr PR SATRIA,tak prnh”SATIA” dgn kata2..
    inikah contoh yg patut kt teladani??mana sifat kearifan lokal yg anda gembar gemborkan sedari dulu??,,,kalah ya akui kalah jgn smpe menodai bali ini terutama and sbg org PURI,,,,malu sbg ksatria yg dianggap “OMPONG”

  56. matador sampi lengeh Reply

    June 11, 2013 at 6:44 PM

    liu alasan PDIP menggugat ke MK:
    1.7 bupati PDIP ado kepentingan melanggengkan kekuasaan
    2.PDIP bali barometer PDIP nasional
    3.liu pejabat uli PDIP terlibat korupsi, to lakar ngidang ngengkebang
    4.PDIP bali sing rela bali kuasaang nak sudra, feodalisme lakar hilang
    5.PDIP menek pipis pemprov bali (saham pemprov bali) di BPD lakar
    kebagiang ke kabupaten, pipis triliunan bupatine lakar liu maan korupsi
    6.sing ade artine pipis ilang 50 juta, kudang ratus juta kaden suba bakat
    korupsiang!
    7………………………………………….??? ada yang bisa menambahkan???

    KECURANGAN DAN KEBURUKAN PDIP DAN KRONINYA:
    1.PEMBAGIAN CEK MUNDUR
    2.MENAHAN JKBM DI BULELENG DAN TEMPAT LAIN DI BALI
    3.PENCOBLOSAN CURANG SEPERTI DI BULELENG
    4.KARTU SUARA MISI GAMBAR SAMPI
    5.PUSPAYOGA SING TAEN NGANTOR 2 TAHUN, URUSAN PRIBADI DG
    MANGKU MALAH MENGORBANKAN RAKYAT
    6.PEMBERITAAN MERESAKAN TIDAK SESUAI FAKTA, TIDAK BERIMBANG
    DARI KORAN BALI POST, BALI TV YG DIGAWANGI SATRIA NARADA
    7.ELIT PDIP TERSANDUNG KORUPSI SEPERTI SUKRAWAN, BAGIADA,
    ARNAWA, WIRYATAMA, DLL
    8………………………………..(ada bisa menambahkan)?

    TIM pas nak sube curang kewale nu gen kalah, uli tingkat desa – kabupaten di bali nak liunan uli pdip dadi kpps penghitungan suara sube final.yen PAS menang gumi bali lakar lambat maju,ne sugih sinah bali post+KRU PDIP uli tingkat desa-provinsi.uling lawas irage perintah, dewa, gusti, cokorda, ida bagus.jani gantine ade kesetaraan sudra ken satria, sing nu jaman feodalisme.

    CANG SING PERDULI JAWAT GOLKAR, PDIP, DEMOKRAT, HANURA ANE KUASA (KECUALI PARTAI BERBASIS AGAMA) YANG PENTING MASYARAKAT BALI AMAN, SUGIH, MAJU.SING KUASAANG NAK DAUH TUKAD. LAMEN PDIP KORUPSI JEG BRANGUS GEN, LAMUN DEMOKRAT KORUP JEG BRANGUS.

    LAMEN PAS MENANG JEG GOLONGAN PUSPAYOGA, GENDO, WIRYATAMA, RATMADI, SATRIA NARADA (JLEME CARE BOJOG, CICING, CELENG) LAKAR NGUASAANG BALI, SINAH BALI LAKAR BENYAH, SING MAJU, CANG SING SETUJU………..

    • mank wish jamet Reply

      June 12, 2013 at 9:41 PM

      mohon jaga omongan pkelah otak….jgan emosi…..sapapun jadi gubernur oke oke sajalah….tp llo punya gubernur dengan cara curang saya jg tdk setuju….

  57. DAGANG PEX Reply

    June 11, 2013 at 7:09 PM

    Behhhh…bakat gen uluk” ajak jeleme dijakarta……yen pengacara nak mule demen ngae uyut……..provokator
    Pak PY dadi sing taen komen dimedia nah……ape sing juari ngedengang mue……

  58. nyoman bali Reply

    June 11, 2013 at 7:29 PM

    bangkung mati dadag telah, keto kal ending pas, ane mokoh to tim pengacara.

  59. Bali Ugug Reply

    June 11, 2013 at 8:59 PM

    Suuuuuuuuuud mace BALI POST…BUNGUT GEBUH Gen ditu!!!!!

  60. van doble Reply

    June 11, 2013 at 9:28 PM

    encen buktine rage maan mukul ….?….tusing ade ….badah jleme nyem ne…mulih tu ….jangkutin kurenane ….tusing ade bukti …duge baan ke jakarta …awas stroke nyaan .

  61. bagus Reply

    June 11, 2013 at 9:45 PM

    terserah anda, yg penting uang pastikertha sudah masuk banjar saya xixixixixiiii amah telahang

  62. tualen Reply

    June 11, 2013 at 9:47 PM

    hahahhah kl pas kalah di mk, mungkin kah mk akan di gugat juga seperti kpu ???? kwkwkkwwk kije ye biin aduan ne…. pidan koar koar ngorann data c1. jani bo di mk dije data c1 to????? palilng anggo nembel sepanduk propokasii ne benyah uyak angin di jalan jalane to….. hahahhahhahhaha jek ajak sampine di beringkit brow……………….

  63. nyen kaden Reply

    June 11, 2013 at 11:30 PM

    PANTET MEKEJANG

  64. Satria Bercangkul Reply

    June 12, 2013 at 11:09 AM

    Amaaaaah mekejaaang…. Yen sing pemilihan Gubernur sing duge ape menggugat ke MK… Kena jebakan betmen ne I Arteliiiia Dahlan nasne PAS tooww… Kakakkakakakakkakakakkaa

  65. ksatria singaraja Reply

    June 12, 2013 at 6:06 PM

    Kebaikan akan terlihat jelas pada ending terahir sebagai hadiah masyarakat bali

  66. bali bersatu Reply

    June 12, 2013 at 6:09 PM

    kalau sudah kalah kalahlah sebagai ksatria,…
    pastikerta pasti dalam lingdungan yang prame kawi

  67. RELAWAN DENPASAR Reply

    June 12, 2013 at 6:12 PM

    Pastikerta sampai kapanpun pasti akan menang,…jangankan ke MK seandainya kalau ada sidang langit dia pasti menang hahahahahahah,….putra bali sujati

  68. SANGUT Reply

    June 13, 2013 at 9:06 PM

    @relawan dps: beteul.beneh,o raitz nto brow
    Sangut, melem n frend yakin pak mangku memang gubernur rakyat bali,,

  69. anugrah Reply

    June 13, 2013 at 9:23 PM

    ha ha ha

  70. anugrah Reply

    June 13, 2013 at 9:27 PM

    HA HA , SING SIAP KALAH

  71. arkanuara wayan Reply

    June 13, 2013 at 9:29 PM

    malu jadi pengacara gak siap bukti…..

  72. Sampi kurus Reply

    June 16, 2013 at 12:46 PM

    gubernur bali ada?…ada yang mulia…wakil gubernurnya ada?…eeee..maaf yang mulia…belum liat….mungkin masih lagi tidak datang ….yang mulia..

  73. MUNCUL JAYA Reply

    June 16, 2013 at 8:10 PM

    YAKIN PASTIKERTA DAN KPU BALI PASTI MENANG DI MK.

    ASTUNGKARA,-

  74. Agus Reply

    June 17, 2013 at 8:49 PM

    semoga kubu pas dapat memenangkannya di MK

  75. Temesi Reply

    June 19, 2013 at 9:40 PM

    Krama Bali, siapa Gubernur sama aja, Menang jadi arang kalah jadi abu. Yang penting besok istri dapat uang dapur. Politik urusan politikus…Yang penting tourist masih datang ke Bali,, Biasa: dekat2 PILKADA mereka pura2 baik, tp setelah itu sudah lupa. Sadarlah kau krama Bali..wahai.

  76. dodok Reply

    June 20, 2013 at 4:00 PM

    MONTOANG GEN LAN TERIMA KENYATAAN, TUR ELINGANG MENYAMA BERAYA, MANGDE TEN SAMPAI DI ADU DOMBA OLEH ORANG ORANG, YANG AMBISINYA TINGGI TIDAK MAU KALAH WALAU SUDAH DIUMUMKAN KALAH, MAU PILKADA ULANG CANG SING NYAK AMEN SUARA RAKYAT ITU TIDAK TITERIMA YA SUDAH…….. PILIH BE PEDIDI COBLOS PEDIDI UMUMKAN PEDIDI PASTI MENANG PEDIDI…… SELAMAT….

  77. I Wayan kadra. Reply

    June 24, 2013 at 10:17 PM

    terus terang saja saya sangat kecewa kepada bali post memang dari awal beritanya tidak pernah seimbang,kuda baange pipis ken puspayoga …….??? berita puspayoga beritannya aeng-aeng,jadi media tolong seimbang dong ! barupastika ada yang bilang baik ndak pernah dimuat,jangan membawa sentimen pribadi menjadi konsumsi publik,bes nye-nye tawang,ne bengeranang kalah tawang,orin gendo ngomong kuar-kuar bin pok !,eh nak sudra bukan semuanya bodoh,tapi dari dulu tak pernah diberi kesempatan,jaman sekarang jangan lihat keturunannya tapi kompotensinya browwww ! kalau mau nyoblos ulang bisa sing maan suara awake bes banyak kementar kadang mempitnah orang

  78. I Wayan kadra. Reply

    June 24, 2013 at 10:31 PM

    MARA MAAN MEPLAKARA NGAJAK MANGKU PASTIKA JELEK-JELEKANG ANAKE,NGAE PITNAH PANG NYAK RAKYAT BALINE SING MILIH MANGKU PASTIKA,DADI DUEGANG DADON CANGE JUMAH KIN AWAKE MEPINEH,KONE AWAKE HEBAT,MELAJAH NAKE MALU MARA NGAE BRITA

    KUUUUUUUUUUUUUK !!!!!!!!!!!!………………..GAENANG BIN ” PILIHLAH CALON YANG MENOMOR SATUKAN AJEG BALI ” LEK ATI BANE LEK,SUUD MACA BALI POST SUUD,SUUD…………………………….!

  79. I Wayan kadra. Reply

    June 24, 2013 at 10:50 PM

    SAYA SEBENARNE NYEN DADI GUBERNUR SING MASALAH SAYA SIAP DUKUNG,SOALNE SAYA NU MONE GEN,YEN SING MEGAE ,SING KURENANE NYIDANG JITNE NGEDIR PESU MELI BE PINDANG AJAKA TEMPE,MASALAHNE KAN BALI POST SE BERITANE SING NETRAL

    SEBENARNE NYEN PROPOKATOR SAYA APA JERONE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>