Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pilkada Klungkung Mulai Memanas : Kampanye Hitam Serang Paket Suwasta

Klungkung ( Metrobali.com )-

Pilbub/wabub Klungkung akan berlangsung 23 Agustus 2013 namun suasana politik sudah mulai memanas. Bahkan salah satu pasangan kandidat Nyoman Suwirta dan Made Kasta yang diusung Gerindra, dan PNBKI  mendapat serangan bertubi tubi melalui SMS yang diduga dilakukan lawan kandidat yang ada. Maklum paket ini salah satu kandidat terkuat dalam Pilkada Klungkung. karena kedua figure cukup dikenal dekat di kalangan masyarakat Klungkung. Sosok Suwirta dikenal sebagai manajer Koprasi Pasar Srinadi Klungkung yang cukup gigih memperjuangkan ekonomi kerakyatan. Kiprahnya juga sudah dikenal terutama dikalangan pedagang di Pasar Galiran Klungkung, kalangan petani, nelayan juga pegawai negeri dan swasta.

Sementara Made Kasta lebih dikenal sebagai seorang politisi yang cukup disegani. Yang bersangkutan juga dinilai punya basis masa yang kuat karena duduk sebagai Bendesa Adat Akah. Selain itu dia juga seorang pemangku dan pelaku supranatural yang cukup disegani di Klungkung. Bahkan Made Kasta selama ini cukup dikenal dikalangan rakyat kecil sebagai seorang paranormal ( balian -red bhs bali ) yang kerap membantu menyembuhkan warga yang sakit. Selain itu Mangku Kasta adalah anggota DPRD Klungkung yang sekarang ini duduk sebagai Ketua BK DPRD Klungkung.

Sementara yang kini berkembang di bawah paket Suwasta di serangan black campaign (kampanye hitam) dilakukan lewat SMS dan BBM yang disiarkan secara berantai. Diantaranya adalah ada BC yang berbunyi ” hati hati memilih calon Bupati Klungkung Nyoman Suwirta karena dia akan menghapus pegawai kontrak dan honor Klungkung jika terpilih”. Selain itu ada juga BBM dan SMS yang menyebutkan ” kalau Suwirta disela sela siaran dengan salah satu TV Swasta di Bali sempat mengemukakan akan menghapus uang lauk pauk dan insentif pegawai jika terpilih. Di sana juga disebutkan kalau paket Swasta terlalu merendahkan PNS dan mendukung serta mengagungkan Swasta.

Hebatnya lagi BBM dan SMS tersebut belakangan ini beredar dikalangan PNS bahkan diduga ada pejabat selevel kepala Dinas yang ikut menyebarkan BBM dan SMS tersebut. Karenanya BBM dan SMS yang tersebar tersebut telah bikin resah dan menjadi kasak kusuk dikalangan PNS dan pegawai serta warga masyarakat Klungkung. Tidak jelas siapa yang menyebarkan BBM dan SMS tersebut pertama kali sehingga tersiar luas seperti sekarang ini.

Sementara itu apa kata tim pemenangan paket Suwasta terkait isu tersebut? Menurut Komang Suantara alias Otal mengakui kalau serangan ini cukup mengejutkan. Namun demikian dirinya bersama dengan tim menanggapinya dengan tenang. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk berpikir jernih dan cerdas untuk menyikapi hal itu. Diakuinya serangan ini memang sangat merugikan paktt Swasta. Namun demikian dirinya yakin kalau masyarakat Klungkung bisa berpikir cerdas untuk menyikapi pesan yang berbau mengasut dan menjelekan orang lain atau kandidat lain.

Yang jelas Otal mengakui kalau sejak awal Fraksi Dwi Tunggal yang dia pimpin sudah membuktikan berjuang untuk rakyat Klungkung termasuk pegawai kontrak. “Saya lah yang ikut memperjuangkan pegawai kontrak sehingga gajinya naik dari Rp 700 ribu menjadi Rp 1 juta per bulan,” ujarnya.

Untuk itu akan sangat tidak mungkin akan memangkas mereka apalagi memotong insentif dan uang makan PNS. “Itu jelas jelas kampanye hitam  dengan tujuan untuk menjatuhkan pakat kami,” ujar Otal. Untuk itu dirinya juga mengajak para pendukung Suwasta untuk tetap tenang menyikapi serangan serangan seperti ini.

Sementara itu ketika di konfirmasi ada isu tersebut kandidat Bupati Klungkung Nyoman Suwirta membenarkan hal tersebut. Malah menurut Suwirta sempat didatangi beberapa PNS dan pegawai kontrak di Pemkab Klungkung menanyakan isu tersebut. Selain itu dirinya juga mengaku mendapat ribuan SMS dan BBM yang juga menanyakan hal itu. “Banyak BBM dan SMS yang masuk menanyakan hal itu, saya jawab saja tidak benar,” ujarnya. bahkan dirinya mengaku sempai capek menjawabnya karena saking banyaknya pertanyaan yang masuk, imbuhnya.

Suwirta yang didampingi Made Kasta dan tim pemenangan Komang Suantara alias Otal, membantah keras apa yang termuat dan tersiar dalam BBM dan SMS tersebut. “ Tidak ada saya bicara soal uang lauk pakuk PNS…malah saya tidak mengerti soal uang lauk lauk itu,” ujarnya. dirinya juga membantah karas dengan apa yang tersiar dalam pesan tersebut kalau akan memangkas pagawai kontrak dan memotong uang lauk pauk dan insentif PNS.

“Tidak ada niatan saya untuk itu, malah sesuai dengan tekad kami justru akan meningkatkan kesejahtraan warga Klungkung termasuk PNS,” ujarnya. Untuk itu Suwirta meminta masyarakat Klungkung juga kalangan PNS untuk berpikir jernih dan tidak percaya dengan isu yang tidak jelas kebenaranya.

Suwirta sendiri mengakui sekalipun sudah diserang seperti ini namun dirinya tidak akan membalas dengan menjelekan lawan poltiknya. Malah dirinya mengajak kandidat lainya untuk adu program dalam Pilkada Klungkung mendatang. Bahkan jika memungkinkan dirinya malah akan lebih memperhatikan PNS dan pegawai Kontrak agar lebih sejahtra. SUS-MB

24 Responses to Pilkada Klungkung Mulai Memanas : Kampanye Hitam Serang Paket Suwasta

  1. Mangkom nuslem Reply

    May 20, 2013 at 7:40 PM

    Mulai deh kampanye hitamnya…..hati2 para penyebar kampanye hitam, yg teraniaya akan jadi pemenang. Maju terus pak suwirta, kami masyarakat nusa penida setia mendukungmu…..

  2. Rare Sakit Reply

    May 20, 2013 at 7:53 PM

    Kalau sy warga kab. Klungkung pasti mendukung pasangan yang diserang , ada pepatah yang mengatakan maling berteriak maling, warga klungkung harus dewasa dan bijak dalam menentukan pilihannya, trim, s

  3. Wayan Nusa Reply

    May 20, 2013 at 7:53 PM

    ini membuktikan ada yang takut kalah, Seperti kalah telaknya PDIP di Klungkung pada saat Pilgub menjadi mereka mulai takut,,,,,,,,,,,,,,,

  4. sing karwan Reply

    May 20, 2013 at 8:29 PM

    tanpa menuduh, kita sudah pasti tau lawan politik mana yang memakai cara kotor seperti ini.

  5. Ketut pirma. Reply

    May 20, 2013 at 9:10 PM

    Majeng semeton pasek ring kelungkung bersatulah janan terpecah..tyang doakan dari jauh smg damai

  6. Ketut pirma. Reply

    May 20, 2013 at 9:14 PM

    Majeng semeton pasek ring kelungkung bersatulah jangan terpecah..tyang doakan dari jauh smg damai…damai dihati damailah bali..suksme

  7. balinese Reply

    May 20, 2013 at 10:26 PM

    Masyarakat Klungkung sudah mulai cerdas, Masyarakat Klungkung menginginkan perubahan. Kami menginginkan Bupati yang benar-benar tahu gimana menggerakkan perekonomian klungkung. Bukan Bupati yang di setir oleh Partai.
    “SUWASTA PASTI MEMBAWA PERUBAHAN”

  8. Ongol-ongol Reply

    May 20, 2013 at 11:05 PM

    jenis sms seperti ini levelnya sama seperti sms “MAMA MINTA PULSA”, hanya orang bodoh yang percaya isi smsnya dan orang tolol yang mau foward ke orang lain.

  9. made bagus Reply

    May 21, 2013 at 6:33 AM

    jngan percaya pda isu murahan seperti itulah, masyarakat terutama PNS harus cerdas membedakan mana isu yg tidak benar yg ditujukan untuk menjatuhkan seseorang. isu2 seperti itu isltilahnya care nguluk2 nak cenik, isu sampah gak bermutu yang menunjukan tinkat kecerdasan orang yg nyebarin isu tersebut…

  10. belog Reply

    May 21, 2013 at 7:21 AM

    Durung ngawitin kampanye paket SUWASTA sampun diserang dengan Kampanye Hitam, ..dasar orang tidak mempunyai martabat,…Maju Terus Pak Nyoman…tiang masyarakat paling bawah akan tetap mendukung bapak……

  11. gogon nusa Reply

    May 21, 2013 at 8:09 AM

    PDIP dan Puri Klungkung sudah mulai panik menghadapi paket SUWASTA, warga Nusa jgn mau jdi kernet dan sapi perahan klungkung, saatnya NUSA berbicara dan memimpin klungkung lebih baik

  12. godogan Reply

    May 21, 2013 at 8:09 AM

    lawan yang tidak berani bersaing secara jantan berarti …..yg main belakang alias lempar batu sembunyi tangan.kami yakin semakin dijelek jelekan berarti paket suwasta bagus dari pada dibaik baikan sebenarnya memang jelek,makanya kita yg cerdas pasti lebih tau siapa sebenarnya yang cocok didukung apakah sosok atau partai , sekarang klungkung butuh figur/sosok pemimpin yang tau keadan masyarakat di klungkung bukan di belakang meja saja .setuju ndak???????

  13. made Reply

    May 21, 2013 at 8:23 AM

    Masyarakat Klungkung sdh cerdas dlm menentukan pilihan Bupati dan wakil Bupati.
    Tidak usah ikut2an tepengaruh kampanye hitam partai tertentu. Bahwasannya kita memilih figur, bkn partai,
    Siapapun calon itu, apapun partainya, kl visi dan misinya bgs utk Klungkung dan orangnya komitment, wajib hukumnya utk dipilih. Jgn terlalu fanatik dg partai politik.
    Selamat membanding bandingkan antara calon yg satu dg calon yg lain. Mana yg lebih baik dan yg akan dipilih, masyarakat Klungkunglah yg lebih tau.
    Jgn salah pilih!. Penyesalan selalu datang belakangan.
    Selamat memilih, semoga Klungkung dipinpin oleh yg terbaik.

  14. bagus Reply

    May 21, 2013 at 8:55 AM

    yahh… beginilah pejabat di klungkung, krn slama ini sllu mndapat kenyamanan maka ktk itu terancam mk dia melempar isu yg menyesatkan.. pejabat itu layak dihukum… sy kira metrobali sdh tahu siapa yg menyebarkan.. ungkapkan saja..

  15. Dewa Yoga Reply

    May 21, 2013 at 9:56 AM

    ITULAH POLITIK JANGAN PERNAH HERAN DENGAN ISU SEPERTI ITU……DI PERCATURAN POLITIK SEMUA HALAL…..TIDAK ADA HATI NURANI…..SEMUA ALIRAN SESAT PENUH KESERAKAHAN DEMI KEKUASAAN SEHINGGA SEMUA CARA DI HALALKAN…..MAU TERJUN KE POLITIK HARUS PUNYA MUKA TEMBOK……MATI RASA….SIAP MEMBUAL….INGKAR JANJI……DAN TIDAK PUNYA RASA MALU…….DE BES HERAN DENGAN DUNIA POLTIK…KAWAN JADI LAWAN LAWAN BISA JADI KAWAN…….

  16. ditha kadek Reply

    May 21, 2013 at 10:00 AM

    Maju terus pantang mundur pak man….krn lawan dari politik paket suwasta sudah kebingunan ..dgn cara seperti ini lah lawan politik utk menakutka kita…maju terus paket suwasta…masyarakat klungklung pada umumnya dan masyarakat nusa penida pada khususnya akan menanti pemimpin yg seperti ini…good luck,,

  17. M.Arta Reply

    May 21, 2013 at 11:39 AM

    Bila diresapi tentang makna politik adalah suatu startegi untuk mencapai tujuan, tetapi kita ini mengetahui bahwa politik itu dilakukan dengan menghalalkan segala cara, ini yang sebenarnya bertentangan dengan Asas Demokrasi kita yaitu Demokrasi Pancasila bukan demokrasi libral , Asalkan politik dijalankan untuk sebuah perubahan demi pepentingan halayak banyak itu baru Politik secara dewasa, tetapi bila hanya untuk kepentingan pribadi, kekuasaan , kelompok atau golongan maka akibatnya Jak Nyame megutgut, Okee Broooo semeton mari kita Bantu smeton klungkung mangde polih pemimpin sane becik pilihan masyarakat klungkung , trims

  18. nyoman / Badung Reply

    May 21, 2013 at 2:27 PM

    Yth, Bapak Suwitra…… Maju terus SMS / BBM spt itu ambil hikmahnya baiknya saja, saya kira dgn SMS dan BBM spt itu Nama Bp. Suwitra akan semakain diKENAL masyarakat lapisan bawah, artinya Bapak sudah menang satu langkah dibabak awal, teruskan perjuangan tapi jangan lupa tetap berada dijalanNya, pasti akan sukses

    • nyoman / Badung Reply

      May 21, 2013 at 2:36 PM

      maaf maksud saya Nyoam Suwirta

  19. bli bagus Reply

    May 23, 2013 at 12:26 PM

    denger2 itu pejabat setingkat kepala dinas yg anaknya jadi caleg… benar gak metrobali?

  20. gung de Reply

    May 28, 2013 at 4:10 PM

    Kalau klungkung mau maju, pilihlah bupati yang sdh terbukti mengerti memajukan perkonomian rakyat kecil. Siapa tidak tahu KOPAS srinadi ( juara nasional) suatu saat klungkung juga bisa jadi kabupaten terbaik nasional

  21. kusumayana kasta Reply

    May 31, 2013 at 12:38 PM

    Setuju! Lawan sudah mulai panik… bersiaplah untuk menang!

  22. altika way Reply

    June 3, 2013 at 11:55 AM

    maju terus pak anda berdua pasangan yg akan memajukan klungkung

  23. altika way Reply

    June 22, 2013 at 11:58 AM

    ibarat pohon makin tinggi makin kencang annginya menghembus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>