Inilah Hasil Debat Cagub/Cawagub Bali

Denpasar (Metrobali.com)-
Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bali ditanya tentang arah pembangunan Pulau Dewata ke depan dalam debat kandidat yang disiarkan langsung TV One dari Denpasar, Sabtu (4/5) malam.Acara debat yang bertajuk “Debat Pemilukada Bali” itu menghadirkan dua panelis, yakni pengamat ekonomi politik Dr Ichsanuddin Noorsy dan pengamat hukum adat Bali Prof Dr Wayan P Windia.

Mengawali debat, kedua panelis meminta kedua cagub untuk menyampaikan visi dan misi, serta arah pembangunan jika nanti terpilih pada Pilkada Bali 15 Mei 2013.

Pilkada Bali diikuti oleh dua pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yakni psangan nomor urut 1, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dan pasangan nomor urut 2 Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta Puspayoga sebagai cagub nomor urut 1 menyampaikan visi tentang membangun Bali berbasis kabupaten/kota, sedangkan misinya mempercepat pemerataan pembangunan di Bali, melestarikan dan mengembangkan seni budaya Bali, dan memperkuat posisi desa pakraman (desa adat) sebagai benteng budaya Bali.

“Seorang gubernur harus mampu membuat perubahan dalam tata kelola pemerintahan dengan melaksanakan pembangunan berbasis kabupaten/kota. Perubahan ini agar ketimpangan di tingkat kabupaten/kota tak semakin melebar. Ke depan, saya lebih setuju kalau pemerintah provinsi punya uang supaya tidak hanya ditabung di bank tetapi digunakan untuk perbaikan infrastruktur pendidikan, kesehatan, dan jalan,” kata Puspayoga.

Ichsanuddin Noorsy sebagai panelis kemudian menanyakan seberapa parah kerusakan infrastruktur di Bali? Mengapa harus diberikan dana ke kabupaten/kota dan sistemnya seperti apa? Sedangkan Wayan P Windia menanyakan langkah konkret penguatan desa pakraman.

Puspayoga menjawab bahwa kabupaten/kota akan mendapat Bantuan Keuangan Khususs. Ia menyebutkan beberapa ruas jalan rusak di Karangasem, Buleleng, dan Tabanan.

Penguatan desa adat, kata Wagub Bali itu, dilakukan dengan tak lagi meminta lima persen keuntungan Lembaga Perkreditan Desa kepada Pemprov Bali.

Sementara itu Pastika sebagai cagub nomor urut 2 menyampaikan visi menuju Bali Mandara, yakni Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera. Pastika berjanji akan melanjutkan program Bali Mandara pada kepemimpinan periode keduanya.

Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan upaya realistis, aplikatif, dan terukur, melalui program-program pembangunan di 12 bidang.

Prof Wayan P Windia menyoroti mengapa Pastika menjadikan pendidikan dan keamanan menjadi dua bidang yang diunggulkan dari 12 bidang yang ada dan langkah konkret yang dilakukan.

“Bidang pendidikan dan kesehatan, serta keamanan harus jadi tumpuan karena Bali bertumpu pada sektor pariwisata. Langkah konkretnya, kami mencoba menaati peraturan UU Sisdiknas dengan anggaran pendidikan minimal 20 persen, beasiswa miskin dari SD hingga SMK, beasiswa Fakultas Kedokteran, dan beasiswa yang langka peminat, membangun sarana prasarana sekolah serta akan membangun sekolah unggulan di Bangli dan Karangasem,” jawab Pastika.

Kemudian Ichsanuddin Noorsy menanyakan kepada Pastika upaya memeratakan ekonomi masyarakat Bali. Terhadap pertanyaan tersebut, Pastika menyebut telah dikembangkan program ekonomi kerakyatan dengan meluncurkan program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) Mandara pada tahun 2012.

“Program ini diberikan pada desa yang kemiskinan di atas 35 persen berupa modal kerja dan bantuan ekonomi produktif sebesar Rp1 miliar ditambah Rp20 juta. Dengan bantuan tersebut, masyarakat bisa menganyam dan beternak sehingga perlahan akan keluar dari kemiskinannya,” ucap Pastika. INT-MB


95 thoughts on “Inilah Hasil Debat Cagub/Cawagub Bali

  1. jangan ragu mencoblos, coblos yang no 2, demi kelanjutan PROGRAM BALI MANDARA JILID 2…..DEbat Cagub/Cawagub tadi malam di TVone, sungguh membuktikan kualitas dan capabilitas Cagub/Cawagub no 2 memang lebih cerdas dan pas, utk memimpin Bali kedepan…..calon lainnya hanya mencungkil hal-hal kecil dari program MMP selama ini bahkan terkesan tidak tahu menahu…seperti parkirnya dana pemda dalam bentuk deposito di BPD ketimbang dalam bentuk Giro karena dgn deposito akan lebih banyak dapat bunga utk kesejahteraan Rakyat…ini satu contoh langkah kreative dari MMP…mungkin calon itu bukan orang ekonomi jadi ngomongnya ngawur asbun (asal bunyi)….

    • Pintar bukan jaminan pemimpin itu amanah. jika mereka hanya pintar menjual TAHURA ke investor, rasanya tak ada salahnya memilih pemimpin yang dianggap masih kalah pintar. setidaknya beri kesempatan mencoba buat yang baru, bukan yang sudah pasti mengalihfungsikan hutan mangrove…

  2. pas…sesuai jak adane …seken pas2an ..
    .belog ….pertanyaan kemana jwbnya kemana..alias nyaplir …lek tyang ngtelah cagub kekene …pilih pastikerta gen sube neh …cerdas & intelek orangnya …

  3. Pasangan Cagub/Cawagub no. 2 kelihatan siap sekali. Pertanyaan, jawaban dan sanggahan dijawab dengan lugas dan dapat diterima.

    Semoga masyarakat Bali arif dan bijak dalam menentukan pilihan.

  4. Siapapun jadi Gubernur tolong dipikirkan Solusi Kemacetan, Banjir serta kebersihan, serta babat Korupsi. yg paling penting Pengawasa/sistim pengawasan perlu dievaluasi, karena bagaimanapun hebatnya seorang pemimpin, kakau tidak punya Moral dan Kejujuran serta peduli dengan Rakyat, semua itu tidak ada gunanya”Astungkara” Bali Kedepan lebih baik. Mari bersama tgl.15 Mei 2013 bergegas ke TPS. untuk mencoblos.

  5. astungkara,, mari kt dukung prgrm bali mandara jilid 2, spy bs lbh baik dr skrg & lbh maju dr daerah lain krn bali pulau international,, amerika pny obama, jkt pny jokowi, bali pny pak mangku,,mari 15 mei nt coblos no 2 PASTIKERTA gumi baline,,,LANJUTKAN,,!!!!!

  6. Ya, janganlah membohongi hati nurani. Wong memang kualitas Mangku Pastike lebih unggul ketimbang PY. Senang/tidak senang hrs kita akui.
    Kl kita bicara jeleknya, semua punya kelemahan. Tdk ada peminpin yg sempurna. Tapi dlm hal ini krn calon hy ada 2, mari kita pilih yg terbaik diantara 2. Yg lebih baik siapa?, ya sdh barang tentu Mangku Pastike. Py belajar dululah lg 5tahun. Nanti setlh Mangku selesai baru PY naik. Mancan2 kayang to kan sube nuegan nye. Anggoang megilir menek. Dahulukan yg lbh pintar. Irage awak belogan kanggoang durian. De bes ngandelang Sampi rengas.

  7. di tabanan jalan benyah sube pasti buk bupati kalah ditu pak pas, sube rahasia umum sing man suara sing runguang e, Yen taen ke yeh panes angsri to be buktine, sampe desane bupati nu jalan me ukir gara2 kalah hahaha

    • patut sekadi baoss, jalan di pasar baturiti sampai ke Pura Luhur Pucak Padang Dawa masih sing taen uruse….. Hotmik ape….
      setiap tiang maturan kemu jeg care negakin dokar, panak tiang negakin motor care negakin jaran…..
      ‘AMONTO LIUN PEJABAT ane maturan kemu, sing lek engken pemerintahne…..’

  8. Debat td malam Ъќ seru dan tidak berisi, bukannya memperdebatkan visi dan misi masing2 calon untuk 5 thn kedepan, tp malah lebih banyak mengulas kekurangan2 Bali mandara jilid 1., padahal kelebihannya buaannnnyyyyaakkkk sekali.. Ditanya angka melek huruf malah jawabnya menurunkan angka melek huruf (ngerti sing ape to angka melek huruf), amen menurunkan angka melek huruf artine masyrakat to melog-melogan tu aji, Kanggoang melajah malu bin 5 tiban mare nyalon buin..( Amen ade nu ane nyalonang)

  9. PY dan DS pasangan blunder,, kliatan sekali wawasannya pas2an,,bhs panelis sj tdk mengerti, berapa kali nanya ulang, tp tetep jawabnya melenceng, jwban py terkesan di lambat2in hny utk nunggu bel sj, dia trus jwb dgn retorika2 sj ngk peduli jwbn sesuai dg pertanyaan ato tdk yg pentng ngomong sj smbil nunggu bel, klo sdh bel dia nampak tersenyum tp yg tersirat bukan krn jwbnya betul, tp ada kesan wkt sdh habis, pd awal dia mnjwb tdk mau jwb dan py bilang krn wkt mau habis, pdhal saat itu msh ada wkt, cm sinyal sdh bunyi mau habis,,,,lain dg DS prgrmnya klo pny kamar 3, dipake 2 dikontrakan 1, ini bicara pariwisata international, kok kyk bikin rumah kos”an,,,beda bnget dgn pastikerta, pak mangku justru kekurangan wkt utk menjawab tp jwb secara gamblang akurat dan terukur,,,,klo dikasi wkt lebih pasti puas jwbnya,,,,tp pastikerta sdh luar biasa,,wlo diserang terus sm lwnnya tetep tegar dan pas blunder,,,,,

    • @ksatria bll : itu namanya cagub jerih, pengecut berlindung dibalik bunyi bel, cb dikasi perpanjangan waktu PAS yakin akan caket tdk bs jawab.

  10. naik turun….apane naik turun nto …? melek hurufe kone naik turun…salut sm pak noorsy pintar ngasi pertanyaan …jd ketauan klo pas memang pas2an…py jak ds pade belog ne.

  11. Sy menilai dari segi bobot dan kwalitas mangku pastika lebih unggul disamping itu wawasannya lebih luas dan menguasai bahasa asing nanti dalam debat masalah pariwisata perlu menggunakan bhs inggris mana yg lebih lancar mengunakan bhs asing biar rakyat bali yg menilai suksma

  12. bingung tyang maca komen2 semeton beduur. jeg mekejang dueg dueg gati ngomenne. nah…… nyen je ane dadi gubernur, dumadik pang saja cara munyine, nyak pang saja cara satuane nyamane ane beduuran. apang tusing len be belanin mati2an jeg mengecawakan. yen care tyang bedikin memunyi, bedikan pelih. ane perlu jeg action. apang bani care gubernur jakarta. ngeling getih kebelanin

    • @okajaya…. kok ngajumang gub. DKI, kene be tv ne cuma tvone. gub dki cuma punya KJS, MP blusukan ke rumah sakit, puskesman dgn prog. JKBM, kekandang sapi, celeng n kandang kambing dgn prog. simantri, ke desa – desa miskin dgn prog. bedah rumah n gerbangsadu mandara dll. orang jauh disanjung – sanjung cuma ngelah KJS. ngenahang gati tipis rasa nasionalisme kedaerahannya.

  13. Salut kepada KPU sdh mensetting acara debat dengan apik. Sehingga kita tidak dibuat bertambah MALU dengan kualitas salah satu kandidat yang saat ditanya mengatakan :” Waktu telah habis” dan “Saya tidak tahu, karena tidak dikasi tahu…” dan ” Angka Melek Huruf akan diturunkan” dan saya sendiri menjadi MALU sendiri…

  14. Nah………terusang be ngomel pesuang isin enceheeeeee…….. sing kene sing keto stujuuuuuu milih No 2, kal kalain kesegare malu …… ne stresssss pokkkkkk , suksme bulldog

  15. yg penting syukur pas sdh mau dtng, ya beginilah hslnya, mudah2an nt debat ke 2 & 3 jg mau dtng, yg paling kasian dewa sukrawan, sebenarnya dr awal tdk ada niat jd cawagub, kan sdh terlihat bhw ds tdk mendaftar di tim penjaringan pdip, ya krn dipaksa dan terpaksalah shnga terjadi psngan pas, krn cm ingin memecah suara bll dan dpt nm huruf s,,,,,

  16. sebenarnya dewa sukrawan dr awal mau mendaftrkan pak mangku, tp krn takut sm dadong ego, akhirnya ds nurut2 sj, takut di coret nt,,,,

  17. adu debat realistis,terukur,dan sdh aplikatif jelas no.2 sdngkn no.1 hanya normatif dan susah direalisasikn,konsep msh kabur,perlu visimisi yg terukur,wawasan blm luas,ingat 2015 pasar bebas asean,bali hqs punya daya saing kaln ga digilas

  18. @okajaya brow ape ajanian ne ink ada bukti programne pak mangku apa pura”tidak tau karna tau calonnya di debat kemarin visi dan misinya serta jawabannya memang pas pasan, janganlah ngajumang orang lain kita bali punya juga figur pemimpin yg bagus makanya sebelum mengoreksi orang lain koreksi dulu diri sendiri baru ngomong “bedik ngomong bedik pelih “, pang ink menghalalkan segala cara untuk menjegal orang dengan gosip murahan seperti pm punya kresna, my bus dll, makanya belajar dulu berpolitik yg santun dan berwawasan lamun ink mask malu ke kejar paket A apang nawang ape to melek huruf ink melek(megadang, huruf ya huruf ya)jadi maluuuuuuuuuu deh jadinya

  19. Klo mau pemimpin yang cerdas dan perubahan, 5 tahun lagi pilih WINASA
    Kok heran sama Jokowi, yg realitynya Winasa (orang bali) lebih dulu dan lebih cerdas dari Jokowi

  20. Om Swastiastu,
    Debat Cagub/Cawagub 4 Mei sebagai permulaan mengetahui Profil awal masing-masing kandidat. untuk debat berikutnya agar KPU meracang debat yang lebih memunculkan karakter seorang pemimpin dalam mengelola SDM dan menata organisasi dalam mencapai tujuan Bali damai sejahtera, 2. Kesiapan/kesigapan membela warga bali dalam hal kepentingan masyarakat bali Vs investor (harus dengan kenyataan di lapangan bukan normatif)
    Suksma
    Om Santih, Santih, Santih, Om

  21. Maju terus pak mangku kami siap menanti program BALI MANDARA JILID 2, karna kami telah membuktikan mafaatnya apa itu jkbm, simantri, bedah rumah dll, jangan lupa pak mangku simakramanya nanti di tingkatkan. Sekaranglah rakyat bali harus bisa memilih calon yg tepat untuk 5th kedepan kita tidak memilih partai tapi kita memilih figur pemimpin yg kredibel utk bali kedepannya disini janganlah mengedepankan fanatisme partai, biar dari partai apa warna apa kalo memang figur dan program ke depannya bagus kita dukung, mari kita sama sama belajar………!,,,,!!!!!!!!!!!JAYANTI BALIKU

  22. kita masyarakat bali pilih pemimpin yang mau bekerja ,,,bukan hanya pintar bicara namun tdk ada hasil bagi pembangunan bali,,,,dan satulagi gubernur bukan milik denpasar kabupaten laen perlu juga di perhatikan,,,,,saya setuju dengan calon no 1 ,,,pembangunan kabupaten /kota .dimana setiap kabupaten di bali ini berhak atas dana dari propinsi untuk pembangunan khusunya jalan pedesaan ,karena APBD masing kabupaten tak sama perlu dana dari propinsi,,,,,,,maju terus pak PUSPSYOGA &SUKRAWAN masyarakat tabanan mendukung 100 %.

    • Inilah ciri orang tidak pernah berbirokrasi, ada tanggung jawab dan wewenang, dimana wewenang bisa diwakilkan sedangkan tanggung jawab mengenai keuangan dan aturan tidak bisa di wakilkan, jadi jika pembangunan berbasis kabupatrn ato kota(dalam hal ini tanggung jawab mengenai keuangan) bisa menjadi tumpang tindih dalam aturan perundangan, kita ambil contoh jika terjadi kerusakan jalan di desanya bupati itu menjadi tanggung jawab bupati, sedangkan jika terjadi kerusakan jalan antar kabupaten itu akan menjadi tanggung jawab pemprov,ini saya baca di buku sd kelas 6. . Kesimpulannya jika semua tanggung jawab pemprov di berikan ke kabupaten maka tugas dari gubernur apa ? Wah bahaya nih saya tau maksud cagub 1 biar tidak ada tugas n bisa bolos. . . Hahaha pilih yg PAsti

  23. MENONTON DEBAT SEMALEM SY JD LEBIH SREG KE PASTIKERTA,,,MANTAP,,PRGRMNYA JELAS DAN AKURAT,,SDH ADA BUKTI,,,KLO PAK PAS MASIH MENGIRA2, TDK JELAS YG DI BANGUN APA,? ADA INDIKASI KONGKALIKONG DGN BUPATINYA APALAGI DR BUPATI PARTAI YG SM,,,,

  24. PAS … selalu nunggu bel supaya nggak dpt jawab ,malu sama pak noorsy yg nanya angka jawabnya akan ditingkatkan , itu aja jawabannya sampe 3x berarti pak pas nggak tau angka yaaaaaaa parah betul punya calon pemimpin kaya begini

    • Bisa saya tambahkan anggaran pendidikan di bali harus 20%, sedangkan pak mangku sudah bisa mencapai 19,5%, terus ditanyakan ke py :pak mangku telah mencapai 92%,terus target anda (py)? Trus dijwab dengan memble sampe 3x n maksimal, jadi ilfil dengar jawabannya, kemarin sebenarnya itu merupakan pertanyaan politik, klo soekarno ditanya pasti di jawab 100%. .. Duh malu jadi yg mendukung ini terlihat jelas n beda kelas

  25. Kok diatas dibilang debat setting dr KPU ya? Khan ini debat bikinan tvOne .. Yg KPUD bali itu tgl 7.. Siapa ja yg terpilih perubahan hanya 10% .. Jeg tileh2 amonean dogen.. Politik uang pasti tetep ada .. Korupsi dan krono keluarga berbisnis pasti tetal ada,pasar oleh2 traditional pasti tetap merana,PKB pasti masih seperti pasar malam,alat2 artcentre pasti masih glatak2ek ,sampah pasti masih berserakan,tanah2 dijual,hutan tidak terpelihara,harga pupuk pasti tetep bikin petani mrana,dll … Bangga dng bali sbg tmpt event international? Itu kampungan kalo bangga,apa yg masyarakat bali dapatkan? EO semua dr jakarta,mobil rentcar dr jakarta,travel agensi dr jakarta,bali hanya sebagai pembantu event. Kedua calon masih bergaya kampungan,dekat ke masyarakat hanya sebelum kampanye,nginep dirumah penduduk,meblanja di warung,di peken.. Coba sehari2nya,ngundang bapake harus ada syarat makannya.. Jeg pilih Arya Weda Karna dogen suba ……..

  26. ………
    Kita mesti cermat memlilih pemimpin Bali kedepan.
    Saatnya peserta Pileg 2014 memanaskan mesin politiknya, test case penggalangan masa …. Pilihan ada di nomor 2 !!!!
    Apun partainya ……….. Mangku Pastika gubernur kita …

  27. Tetap yang PAS untuk bali,bali butuh yang banyak kerja spt jokowi bukan banyak bicara,biasanya tong kosong nyaring bunyinya,gubernur bali yang seirama dengan program kerja bupati/kota,Ajung Puspayoga & Aji Sukrawan maju terus buktikan Anda Bisa & Pantas jadi Pemimpin Yang menomer 1 kan Ajeg bali,rakyat Bali ada di belakang anda,PAS Menang…Menang…Menang,Astungkara.

    • Buat bpk2 yg komen. prlu anda ketahui..ini semua adalah skenario kader teras siBanteng..sbnarnxa duet ini bagus utk jilid 2..tp hrus di cerai karena apa? karena klo duet ini trus mimpin bali kader tersebut ga akan pernah dpt jabatan gub bali..jd salah siapa?
      ea salah ibu ketum yg ga mau tau kondisi perpolitikan di bali..terlalu percaya ma seorang kader sperti ramapati di tutur tinular..no 2 aja

  28. PAS Pemimpin yang akan buat perubahan untuk bali,pemerataan pembangun bali lebih diperlukan agar kesejahteraan masyarakat bali utara dengan bali selatan dapat cepat tercapai
    Pilih angka Satu P A S, COBLOS
    15 Mei 2013

  29. @yande: “…Ajung Puspayoga & Aji Sukrawan maju terus buktikan Anda Bisa & Pantas jadi Pemimpin Yang menomer 1…”, ini tidak akan pernah terbukti, krn kandidatnya sudh bolos sampe 2 tahun, waktu jd walikota sering ngantor di puri, untung ada pak rai mantra. sudah gitu, sering bangun kesiangan, staf menghadap nunggu sampe beliaunya bangun tidur….. arougghhh

    • Isi mecat supir lagi, n waktu pak mangku berobat kesingapore, pak wagub tidak mau ttd, seolah sudah tidak sehati dengan pak mangku atau tak mengerti ? Hanya beliau yg tahu. . . . . Bisa tanya ke anggota dpr kelakuan py

  30. Apanya yg banyak kerja?, ngantor aja udh adsen 2thn.
    Lebih bagus dah dibagi aja itu dana propinsi. Tapi jgn dikasi ke kab/ kota. Kalau dikasi ke Kab kota, takut ditilep nanti sama bupati dan walikotanya. Alnya kemaren wkt pilkada banyak ngabisin uang. Kasi aja langsung ke rakyatnya Bali, biar ada pemerataan.
    Kl saya dpt bagian itu, sy mau bikin kafe, datangkan cewek cantik2 dr negeri seberang, Biar semua orang Bali jual tanah utk beli beer ke kafe.

  31. Kalo dulu jokowi dijelek-jelek Blunder..!! karena jokowi cerdas dan pinter merakyat dan jujur.!!! jadi jangan menjelek-jelekkan orang Baik itu blunder. tapi kalo mengungkap fakta itu bukan blunder..itu pencerahan..!!!PASTI-KERTA CERDAS PINTER DAN MEMPUNYAI VISI YANG LEBIH JELAS.

  32. PAS harga mati.
    menang baan munyi gen,solahne melenan.seng dadi baan paduwegan memunyi ru,wacana lan laksana ten satinut.
    coblos no.1

  33. dex ana…apa?..apa pak?..saya nga denger? ulangi lagi Bapak?..maaf saya tidak menjelaskan lagi karena waktu sudah habis….ditanya melek hurup..dijawab akan diturnukan sebesar-besarnya untuk rakyat Bali…..beh..beh….mau kemana Bali ini dibawa dgn model Gubernur nya ini????

  34. OSA, Semeton titiang masy Bali sareng sinamian, titiang matuiling ring Bali puniki iraga wantah medruwe “Pariwisata”, 80% masy Bali hidup saking Pariwisata termasuk masy ring bawah : para pedagang ring pasar, pedagang ring warung2, para pedagang asongan, dagang nasi jinggo, para buruh bangunan, para petani, sopir taxi, sopir angkot, tukang ojek miwah sane siosan. Pariwisata Bali pacang persida berlanjut yening keamanan Bali terjaga dengan baik, bebas saking ancaman terorist dsb. Doaning asapunika PILIH CAGUB sane sampun terbukti mampu menjaga keamanan Bali, PILIH CAGUB sane persida menjaga citra Bali ring dunia Internasional, PILIH CAGUB sane sampun terbukti pro Rakyat dengan semua program2nya sane pro Rakyat : JKBM, BEDAH Rumah, SIMANTRI, Sarbagita, BEASISWA bagi Siswa tdk mampu dsb. PILIH CAGUB sane Brilliant, PILIH CAGUB sane sampun TERBUKTI……Elingang Tgl 15 Mei COBLOSS N0 2 – Pasti-Kerta….!!!! Suksma OSSSO.

  35. puluhan ribu masyarakat tumpah ruah ke jln raya di renon membuktikan puspayoga mendapat sambutan luas di hati masyarakat bali…inilah pemimpin yg bner2 dicintai rakyatnya…maju trus PAS..PAS

  36. Orang partai semua nih yg komen,atau cuma pengen ikut2an nerima bantuan aja,apa di bali calon pilgub cuma segini aja,ga ada yg bagus,semua retorika,oportunis,satu sama lain menjelekan,menebar aib pasangan calon,woiii nyadar semua,anda dijamin ga bakalan dapet apa yg namanya sejahtera 100%,yg sejahtera hanya mereka dan para partai pengusung dibelakangnya,rakyat tetap menderita,sebegitunya membela calon dan wakil gub sampe mati2an,berantem,berlomba pasang baliho,what the hell,bali tidak akan berubah,visi misi pilgub yg paling krusial hanyalah BAlik Modal,setor dana ke partai,Pemenangan Tender proyek, Membuat Kebijakan yg medukung aliran dana masuk Kantong sendiri,bullshit semua

    • Hebat………………..komentar semeton Bali semua. Tapi perhatikan baik2 argumen para cagub, ndk bakalan ada utk rakyat, jangan terlalu optimis dan anda jangan terlalu pragmatis. Berpikirlah utk masa depan anak cucu kita. Mau pilih yg pintar, cerdas tp tanah Bali benyah latig, mau pilih yg belog ( ini istilah bagi yg ndk suka, tp sy lihat di debat kok nggk belog ya??) tp msh mau mendengarkan suara rakyat. Lihatlah kedua cagub, satu apa adanya, dua superior, sayang deket pilgub baru mau turun, tidur di masyakat miskin. Maka hati2lah anda memilih utk lima tahun ke depan. Damai Baliku.

  37. De bes fanatik kin FIGUR…….NAK SINK ADE APE,,,DE,,,DE BES BANGGA …..TANYA DIRI KITA DULU APAKAH KITA PINTAR….? SEJAUH MANA KEPINTARAN KITA BERPENGARUH TERHADAP LINGKUNGAN….? DALAM RUMAH TANGGA APA KITA SUDAH MAMPU MENJADI PEMIMPIN KELUARGA…? SETELAH ITU BARU MELIHAT KELUAR DIRI KITA……..BAGAIMANA KITA…?

  38. program berbasis Kabupaten/Kota artinya semua urusan akan diserahkan kepada kabupaten/kota. Gubernur tidak punya kerjaan lagi. Karena biar tidak kelihatan o’on (bodoh). pang bedikan gaene, pang bedikan ngantor, pang bedikan tuyuh…….korupsi merajalela di kabupaten/kota. yang nota bene penguasa di kabupaten/kota kebanyakan orangnya dan benderanya sama… Waspadalah….waspadalah….!!!!!!!!??????? berfikirlah yang cerdas….

  39. Bisa dilihat dari cara bicaranya..
    saya bukan pemilih A ataupun B tapi saya liat ada yang sangat menonjol dari segi kualitas. jaman sekrang masyarakat sudah cukup kritis untuk memilih.
    apalagi kedua kandidat merupakan Gubernur dan wakil gubernur yang sudah wajib kudu harus tau program kerja dan kemajuan serta kekurangannya.

    salut buat anda yang berintelektual tinggi. :)

  40. dist.guests… saya mo absen dulu yg hadir bwt komen d page ini:
    ehemmmz
    Kuning hadir berapa org???
    Merah hadir berapa org???
    99.9% nhe komen pasti mewarna,,,
    nhe 0,1% to tyang,,,
    hahaha,,,
    Pak Lanang,,, tyang 15 mei kal ke TPS, tapi cumak ngantiang serangan fajar gen,,, hehehe… Masalah memilih, buin pidan jhe surat suara’e misi foto Arya Wedakarna mare tyang kal memilih,,, nak keto urukange kin nanang tyang’e,,,
    yen sing misi, kanggoang k tps ngalih tinta gen,,,pang maciri partisipasi demokrasi-ne (kone) hahahha…inggih duruuussss…

  41. Prilaku itu terbentuk dari penamaan, kalo namanya PAS ya itu tadi jawabannya juga pas-pasan, ayooooo kita pilih yang PASTI saja…. kita butuh pemimpin yang punya wawasan dan pengalaman yang mumpuni… Bali jangan dipakai coba-coba untuk memilih pemimpinnya… kita dukung BALI MANDARA JILID 2, kali ini kita semua akan mengawasi pelaksanaan PROGRAM BALI MANDARA JILID 2, Pak Mangku Pastika saya titip untuk kemajuan Bali, Astung Kara Krama Bali memilih Pak Mangku Pastika…

    Hormat saya buat Pak Mangku Pastika.

  42. saya baru dengar ada program berbasis kabupaten/kota. Setahu saya berbasis itu ada pada masyarakat atau sering diistilahkan Community Base. Yang ada titik berat otonomi ada pada kabupaten/kota. Apakah berbasis kabupaten/kota melemahkan perjuangan kita untuk menjadikan Bali ini menuju OTONOMI KHUSUS? cerdas sedikitlah….. jangan asal buat program….. kalo orang punya kecerdasan dan memakai hati nurani maka PASTI mencoblos nomor 2 karena pasti programnya dan benar……

  43. Siapa bilang tabanan 100% ke no 1.terlalu pede,,,bukan jamannya jadi folower,,jadi trensetter kapah2,,jika semua aset pemprov diserahkan ke kabupaten,apa tugas,,gubernur sbg pemimpin,,dasar tidak punya kebijakan,,cewek kafe ubuhin,,wakil,e ongkon ngabsenan kan lima tahun bisa bolos,,,

  44. Orang bali jgn ada kesan orangnya bodoh2, cuma bisa jd pengikut. Pilih yang berkwalitas dan yg mempunyai jam terbang yg go internasional karena berada pulau pariwisata. Pilih no.2

  45. Semangat pemilukada Bagi warga bali yang menyimak dengan seksama Debat Cagaub dan Cawagub di TVone pasti sudah tahu mana pilihannya pada pemilukada mendatang kalau ada yang masih memilih no 1 pasti tunden ken pak bupati… yo pang maan bagian pis uli propinsi kadong janjiange jak cagub no 1…… men cang maan ape…..

  46. saya sebagai warga bali inginkan yang terbaik untuk kehidupan saya nanti, untuk masadepan saya, untuk pendidikan saya untuk para CAGUB &CAWAGUB
    saya harapkan jika nanti terpilih sebagai pemimpin bali bisa membuktikan apa yang di gembar-gemborkan, tidak hanya umbar janji belaka tanpa bukti. masyarakat sudah bosan mendapat janji tanpa bukti. “kintamani pupuan,buleleng sukasada”(bin puan, bin mani apa sing ada)

  47. biar nyen dadi gubernur, masih tileh dadi buruh…megae lemah peteng, beras mahal, bbm mahal, gaji tileh amontoan. jeg pilih no 3.

  48. Dari segi penampilan,cara bicara,program-programnya,kualitasnya,
    Sube terbukti pak Mangku jagonya,,
    Calon no 1 mule pas(pas-pasan) ape sing twange nagih dadi gubernur
    Disuruh menyampaikan program malah mnjelek-jelekan Bali Mandara tow bhe cara menutupi kebodohane.woey Ru rakyat Bali nak sing belog!!
    Pilih pakek Hati bukan karena partai
    De milu-milu
    Orang Bali pilih no.2
    Dunia Memngakui Teruskan

  49. hmmmmm, maaf ya sodara seBali, saya memilih golput, karena sudah Muak, liat aja debat di TVone sama BaliTV ga da bobotnya…..

    penyampaian visi dan misi kemasyarakat dijadikan ajang untuk adu argumen saya yang benar, semua ngaku benar….makanya keduanya BULLSHIT,
    Jujur PAS ga bisa diharapkan, PASTIKERTA mungkin wakilnya terlihat cager ya, tp kita harus sadar Pak Mangku sedang sakit dan tidak akan optimal memimpin, akan banyak kompromi disana…..
    lagian kenapa ga ada visi untuk memberantas KKN ya, aneh, ato apa keduanya emang masih suka KKN, ( korupsi, kolusi, nepotisme) buktinya skr jd PNS aja bayar, cari sekolah bayyar, ni dah ORANG GOBLOK2 KERJA DIPEMERINTAHAN ORANG PINTER2 TERSINGKIR MANA YE BALI BISA MAJU, YANG PINTER2 MALAH LARI KELUAR DAERAH” jd ngapain capek2 jalan ke TPS untuk milih orang yg banyak bacot, meningkatkan kualitas masyarakat sendiri aja ga bisa.,….

    SAYA KECEWA PADA BALI!!!!!!!!!!!!

    • Beneh de….siapepun gubernurne tileh iraga amonean…Ngasukan panak sayan keweh….biaya oyangan kemenekang sing taen tuun kecuali celane dalem kurenane.. cuma jargon politik aja..

  50. jadilah nasionalisme friend….
    kalau memilih jngn banyak komen biar tidak menimbulkan maslh diantara dukungan anda.. cukup tunjukan nnti pd tanggal 15 mei
    siapapun pilihan anda itulah gebernur yg anda miliki.. suksme

  51. Tgl 10 -5 2013 debat cagub di METRO TV dihadiri 1 kandidat aja yaitu kandidat No. 2 PASTI KERTA. kadidat no. 1 WO/ KO, kalah sebelum bertarung, saya heran kenapa kandidat no 1 tidak hadir, ini contoh calon pemimpin yg sangat memalukan, ini disiarkan oleh TV nasional, Pemimpin kayak apa ini tidak berani tampil di depan publik…………………………..Oh apa ini yg diharapkan pendudkung PY ?, pemimpin yg pemalu yg bisanya bersembunyi di balik Partainya, seharusnya PDIP malu punya kader seperti ini
    apa tidak ada Kader yg Laen. Utk itu sy himbau partai boleh apa saja baik itu PDIP, PKS, NASDEM dll pilih No. 2 PASTI KERTA agar prog kerakyatan tetap terus berlanjut, LANJUTKAN

    • Niki boya milih partai nanging milih pemimpin sane becik, yadiastun tiyang anak PDIP nanging tyang pilih No. 2 PASTI KERTA, santukan MP boya orang Partai ….

  52. Betul, jgn pilih partainya tapi figur yg punya wawasan luas bukan figur berotak pas-pasan demi kemajuan bali dimata nasional dan dunia. Coblos no 2. Jeg pasti kerta gumi baline….

  53. Jgn seperti dulu indonesia salah memilih pemimpin yg jadi preseden buruk dimata dunia. Cam kan itu. Saya yakin krama bali samian dueg. Mari bersatu ajegkan bali.

  54. masyarakat bali sdh sangat cerdas menilai mana cagub yang berkualitas dan tidak, saya yakin Pak Mangku pasti akan Unggul, tapi kalau milih yang sdh tahu kualitas jauh dibawahnya akan sangat bertolak belakang dengan hati nurani itu karena terpaksa karena sesuatu. JANGAN SAMPAI SALAH JEG NO. 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>