Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

KPID Peringatkan Bali TV Terkait Berita Pilkada

Denpasar (Metrobali.com)-

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali memberikan peringatan kepada Bali TV terkait berita dan iklan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang dinilai tidak berimbang.

“Berdasarkan telaah dan kajian yang kami lakukan, siaran yang disajikan Bali TV sudah meresahkan masyarakat dan menimbulkan reaksi yang dikhawatirkan bisa mengganggu kondusivitas masyarakat,” kata Ketua KPID Bali Komang Suarsana di sela-sela aksi yang digelar Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik di depan Monumen Perjuangan Bajra Sandhi, Denpasar, Kamis (2/5).

Ia menambahkan bahwa stasiun televisi tersebut juga menampilkan tulisan di bagian pojok kanan atas “Pilgub Bali 15 Mei 2013, Ganti Gubernur” sejak 29 April 2014 pukul 14.00 Wita sampai saat ini.

“Terkait temuan itu, KPID sudah melakukan telaah terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik UU No 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran yang diatur oleh KPI,” ujarnya.

KPID, menurut dia, sebagai lembaga negara yang memang memiliki kewenangan untuk menyikapi aspirasi masyarakat dan ikut menjaga kondusivitas masyarakat, maka diharapkan lembaga penyiaran menjalankan prinsip yang sehat, menyampaikan informasi, dan hiburan yang sehat dan mendidik.

“Media seharusnya menjadi perekat sosial, bukan pemecah belah masyarakat yang akhirnya menimbulkan keresahan masyarakat,” tegasnya.

KPID Bali segera mengirimkan surat resmi kepada Bali TV dengan harapan bisa mengindahkan peringatan itu. Apabila tidak diindahkan, pihaknya tentu segera melakukan kajian untuk menjatuhkan sanksi.

“Kami mengharapkan ada respons yang baik dan kerja sama positif karena mereka menggunakan frekuensi milik publik yang seharusnya digunakan untuk hal positif supaya masyarakat kita dalam kondisi kondusif,” katanya.

Pihaknya tidak berdebat pada persoalan argumentasi Bali TV mengapa mencantumkan hal itu karena dari sudut pandang KPID sudah menimbulkan keresahan masyarakat, dengan adanya banyak pengaduan masyarakat. “Kami secara tegas meminta Bali TV menghapus pencantuman tulisan ‘Ganti Gubernur’ itu dari sekarang,” ucapnya.

Pada aksi yang digelar oleh Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik itu juga diisi acara simbolis pengabenan Harian Bali Post  yang dipimpin oleh sembilan pemangku (pemuka agama) dengan dilengkapi sesajen. INT-MB

 

26 Responses to KPID Peringatkan Bali TV Terkait Berita Pilkada

  1. jon bali Reply

    May 2, 2013 at 5:24 PM

    Hahahahhaa..pembodohan apa ngajak2 bodoh

  2. Kadek G Reply

    May 2, 2013 at 5:38 PM

    siapa pun gubernurnya yg penting BALI is my life…

  3. dogler Reply

    May 2, 2013 at 5:49 PM

    betawang nak bali lugu aluh melog2..makane beritane py gen isine….batakmedaar dipeken be dueg merakyat kone …aluh ti dadi gebenur …wake bise .

  4. Suarjana Reply

    May 2, 2013 at 5:56 PM

    Kelihatan sekali Bali TV sebagai media elektronik sangat memihak sekali kepada salah satu dari calon Gubernur dan wakil Gubernur ,,,,, Yang dimana sebagai media sosial harus bisa bersifat netral kepada kedua belah pihak Calon Gubernur , …. Tetap rakyat Bali memilih pemimpin yang sudah terbukti pengabdian nya untuk memastikan bali tetap Pasti dan Kerta ,,,,Astungkara ,

  5. BOS Bali Posyandu Reply

    May 2, 2013 at 6:45 PM

    Tiyang ucapkan terima kasih kepada balipost dan balitv yang dikomandoi oleh yang terhormat bapak Satria Narada, yang selalu memojokan prmprov. bali terutama pribadi Mangku Pastika. Tak lupa saya ucapkan terima kasih banyak juga kepada seluruh warga Tabanan yang telah memiliki seorang SN di kab. tabanan yang selalu menebar fitnah keseluruh warga tabanan khususnya dan warga bali pada umumnya. Katanya Pengemban dan Pengamal Pancasila, mungkin sila ke 6 : fitnah dan kampanye hitam. Semoga sukses. Suksma

  6. Carta-BLL Reply

    May 2, 2013 at 6:45 PM

    Katanya Bali TV, TV-nya Bali ….Berbudaya. Kok Siarannya Budaya menjelek-jelekang orang

  7. BANTENG BELOG Reply

    May 2, 2013 at 6:51 PM

    NE DONK SAJAAN POLONE BALI TV MAAN PERINGATAN AJAK KPID.
    DUMADAK JE APANG TUNTUTE JAK MASYARAKAT BALI.
    PANG TAHU RASA.
    BALI POST / BALI TV SUBE NGERACUNIN MASYARAKAT/KRAMA BALI DENGAN HARAPAN AGAR MEKEJANG NYAME BALI NGEDEGANG PAK MANGKU.
    TYANG BANTENG BELOG MENGUSULKAN AGAR BALI POST CQ SATRIA NARADA AGAR DI BAWA KE SIDANG KODE ETIK.
    S N TERNYATA PEMECAH BELAH PENYAME BRAYE KRAMA BALI.
    BUAT PAK MANGKU TYANG BANTENG BELOG TETEP MILIH BAPAK.
    SAMPUN MEBUKTI PROGRAM BAPAK.

  8. Cenk blonk Reply

    May 2, 2013 at 7:04 PM

    KPID bikin TV sendiri terus taruh tulisan , diatas pojok atau ditengah tengah dengan judul , gubernur Bali harus seumur hidup bila perlu , anak cucu langsung di angkat jadi gubernur seperti Korea utara kikkkkkk , orang Bali yen suba mekerah ajak nyama jeg tusing ada lawan hahaha coba ke luar Bali ciut butuh ne , kalau merasa benar dan tidak bersalah biarin saja tuh Bali TV, seperti Aning menggonggong malulah tetap berlalu sing Nyak asane to bro ,, orah sekarang kalau ada duit , pemangku ikut demo dan berpolitik praktis sajan zaman kali uga , Indonesia itu kunci dan barometernya Bali , Bali wug Indonesia hancur lebur, lihat Aceh sudah punya bendera , Papua dgn bintang Kejora , RMS dengan pedang udah mengintai benyah Latig , duwit, wit,wit ahhhh

    • joblar Reply

      May 2, 2013 at 7:38 PM

      cengblong bareng lengeh, liu bayahene ow

  9. made merkak Reply

    May 2, 2013 at 7:48 PM

    Cen ada media ane seken independen. Demo makar bali post masih wajar. Jangakan bali post poto presidenpun dadi bakar. Ane sing masuk akal pemangku ikut2 an. Bek maan sesari kuuuuuuuu

    • Laskar tiwas Reply

      May 3, 2013 at 7:46 AM

      @made merekak: men Metrobali khan seimbang memberitakan kedua pasang calon gub…Bli made yen mace Bali Post ade berita melahne Pemprov Bali/pak Mangku..
      Jani bandingang.
      soalne bali post ngomongan terus ajeg Bali, irage jak mekejang menyame.
      tpi kenyataannya berbanding terbalik, malah memecah belah nyame Bali.
      Suksma.

  10. bogler Reply

    May 2, 2013 at 8:16 PM

    Bali Post pemberitaanya tidak berimbang,beda dg media koran lainya ,terus terang saya berhenti berlangganan BP.ketika suatu hari sy beli dua jenis koran yg berbeda ,ternyata..BP.isinya tdk sebatas menkeritisi salah satu pihak,bahkan terlalu menyudutkan ,intinya monoton negativ ( namun yg lainya lumayan berimbang ).yg Paling kentara sekarang adalah .spt nya Cawagub di Bali cuma satu..krn tdk ada gambar yg lainya…akhirnya masyarakat spt digiring ke arah salah satu kandidat saja.padahal yg lain mestinya juga di.munculkan..( memang sudah umum tahu bahwa BP sengketa dng MP.) kan sudah ada keputusan pengadilan…Kok Bali Post spt nya tdk tunduk sama HUKUM…hanya org bodoh bisa di bodohi Tapi kalau Pintar mereka akan pintar memilih mana yg baik dan tidak …

  11. yuda sukawati gianyar Reply

    May 2, 2013 at 9:51 PM

    tiang nubas ica demogi bapak mangku pastika terpilih lagi jadi gubernur

  12. pak doel Reply

    May 2, 2013 at 10:49 PM

    rasain tuh balipost udah lama sekali masyarakat bali kau racuni dgn berita2 provokatifmu, hukum karma pasti akan menimpamu cepat atau lambat. jgn dikira masyarakat itu bodoh mau saja ngikuti ajakan2mu untuk melakukan pembunuhan karakter thd seorang gubernur, katanya ajeg bali mana itu ajeg bali kelakuanmu sdh tdk mencerminkan ajeg bali yg kau dengung2kan

  13. Beh Reply

    May 3, 2013 at 5:55 AM

    semoga HYang Widhi Wasa segera membri hukuman kepada Bali POst dan Bali TV…nga apa-apa sekalian dibikin bangkrut saja..

  14. Surya Reply

    May 3, 2013 at 6:39 AM

    Minggu lalu saya pulang ke Bali, dan membaca berita berita di dalamnya sangat menjelek jelekan satu pihak dan tidak berimbang. Benar benar memecah belah. Kami akhirnya memutuskan berhenti berlangganan BP. Saya yakin semakin banyak orang yang akan meninggalkan BP dan juga Bali TV

  15. pemuda bali Reply

    May 3, 2013 at 6:44 AM

    WAJAR SAMA SAMA MILITER KAYAKNYA KITA AKAN KEMBALI SEPERTI ZAMAN SOEHARTO..MEDIA MASSA HRS TUNDUK KPADA PENGUASA..BEH UNJUK RASA MISI NGAJAK MANGKU WADUH LEK ATI JAK AGAMA LEN…..BRAVO BALU POST..GANTI GUBERNUR..GO TO HELL KUTU LONCAT..

    • BOS Bali Postyandu Reply

      May 3, 2013 at 7:54 AM

      @Pemuda Bali: Care tyang kar keganti malu SN, ane nguugang nyame Bali.
      nantinya SN kar dadiang petugas posyandu untuk belajar nimbang-nimbang berita, ane cen luung sane cen jelek.
      Irage sube dadi minoritas buin megerengan, sing lek jak nyame dauh tukad.
      Ape seh prestasi SN selama ini, ngajegang Bali??? masi tusing
      tingalin di iklan BP pragat isine ngadep tanah, umah…
      nto ngoraang ngajegang gumi Bali?
      Yen Pak Mangku sampun mekejang nawang prestasine baik di POLRI maupun waktu dadi gubernur..

  16. bogler Reply

    May 3, 2013 at 7:14 AM

    Bali Post Kok Ngurusin Orang saja,sehingga tdk sempat NGURUSIN dirinya…
    Sepert KOPERASI KERAMA BALINYA…apakah sukses atau ngak..BAKSONYA mana ( program copy paste nto bro ,mana ada produk Lokal bali bakso..babi guling ayam betutu mara asli..kok ikut ikutan wong jowo …mimih dewa ratu..sing ngelah ide ..)
    Pasar OLEH OLEH nya di KUTA jl raya tuban ( kengken ento ) kok spt rumah hantu…

    Mohon maaf..mestinya bali post Fokus dg hal hal positive..kalau memang ada perbedaan pandangan ..kenapa tdk di selesaikan secara kekeluargaan.
    IBU nya Satria Narada ( almarhum meninggal Pak Mangku dg satria datang mengucapkan Belasungkawa..
    Pintu Damai kan sudah di buka lebar oleh MP….mohon jangan malu malu minta maaf

  17. Laskar tiwas Reply

    May 3, 2013 at 7:39 AM

    Warga Bali Bangga dengan pak Mangku, dengan segudang prestasi telah pak mangku torehkan di POLRI. Demikian juga waktu menjadi gubernur telah memberikan hak-hak warga Bali yang selama ini tidak dapatkan lewat program-program Bali Mandara.
    Untuk itu kami akan mendukung pak Mangku untuk melanjutkan program Bali Mnadara II.
    Mai semeton mekejang pilih sane sube mebukti sejahterakan rakyat.
    pak MP…

  18. I Wayan Subagia Arimbawa,A.Md.Kom Reply

    May 3, 2013 at 8:27 AM

    Aksi yang positif dan memberikan kontribusi yang mantap, semoga kedepannya menjadi lebih baik buat Media

  19. laskar warna warni Reply

    May 3, 2013 at 9:18 AM

    to be kenyataan yang ada,harus diterima dengan lapang dada,,,proyek kemahalan…..

  20. Gerrit Van Arlan Reply

    May 3, 2013 at 4:25 PM

    “Pada aksi yang digelar oleh Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik itu juga diisi acara simbolis pengabenan Harian Bali Post yang dipimpin oleh sembilan pemangku (pemuka agama) dengan dilengkapi sesajen.”

    Semoga para pemangku ini taw sasananing pemangku….
    Ngabenin koran..!??? ada ya? Biar ga agama nyaplir kemana-mana? Tapi ini menarik.. Semoga para ahli agama bisa memberi penjelasan pada umat terhadap hal unik ini…. hmmmmm

  21. nak blog neh Reply

    May 3, 2013 at 6:25 PM

    KPID harus bijaksana dalam menyelesaikan maslah dan harus sesuai prosedur hukum yg berlaku, kalau BP emang salah bukan seperti itu caranya dng melakukan pembakaran koran di depan umum, KPID lembaga formal dan harus bersikap formal enggak seperti itu.

  22. Komang Suarsana Reply

    May 3, 2013 at 10:20 PM

    OSA,

    Utk semua yg memberi comment< terutama @Nak Belog Neh, saya harus meluruskan posisi KPID Bali dalam aksi Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik sbb:
    * KPID diundang secara resmi oleh Aliansi untuk menerima pernyataan sikap atas pemberitaan dan tayangan BaliTV. Sebagai lembaga negara yang memang harus menerima aspirasi pubik terkait penyiaran (sesuai UU Penyiaran), kami hadiri undangan itu.

    * Pernyataan sikap dari Aliansi, kami terima secara tertulis dan diserahkan oleh korlap. Saya, Ketua KPID menyampaikan, menerima pernyataan sikap tsb. Dengan dukungan data dan rekaman siaran BaliTV kami menemukan ada fakta2 yang memperlihatkan BaliTV tdk berimbang dalam pemberitaannya dan mencantumkan logo "Ganti Gubernur" Hal itu secara nyata telah menimbulkan keresahan publik.

    * KPI/D bertanggungjawab utk selalu memelihara kondusivitas masyarakat, terutama menjaga agar dunia penyiaran tdk bersiaran dengan frekuesni milik publik, tetapi siarannya merugikan publik. Saya tegaskan, KPID memberi peringatan keras kepada BaliTV dan akan melayangkan surat resmi agar BaliTV menghentikan tayangan "Ganti Gubernur".

    * Setelah menyampaikan tanggapan atas pernyataan sikap Aliansi, saya keluar dari kerumunan massa yang melakukan pembakaran koran. Saya katakan dgn tegas kpd korlap, sbg KPID saya tdk ikut dalam aksi ini.

    Sebagai representasi pubik di dunia penyiaran, KPID adalah lembaga negara formal. Saya sangat menjaga wibawa lembaga ini dan apa yg saya lakukan adalah tindakan formal. Jangan bilang KPID ikut-ikutan bakar koran. Tdk ada fakta seperti itu. Saya juga wartawan yg sangat senior yg spanjang mengabdi di dunia pers tdk memiliki cacat karena melanggar kode etik maupun UU Pers.

    Sudah jelas khan? Mari berpikir dan merespons setiap fakta da pemasalahan secara objektif dan proporsional. Saya pribasi maupun sbg Ketua KPID senantiasa menjaga netralitas dan independensi dalam Pilgub Bali ini. Tdk ada urusan dengan suka-tdk suka dengan Bali Post/BaliTV atau pihak-pihak lainnya.

    Semoga pikiran yg baik datang dari segala penjuru.

    OSSSO

  23. Pasukan Berani Mati Reply

    May 6, 2013 at 7:04 AM

    OSA, Semeton titiang masy Bali sareng sinamian, titiang matuiling ring Bali puniki iraga wantah medruwe “Pariwisata”, 80% masy Bali hidup saking Pariwisata termasuk masy ring bawah : para pedagang ring pasar, pedagang ring warung2, para pedagang asongan, dagang nasi jinggo, para buruh bangunan, para petani, sopir taxi, sopir angkot, tukang ojek miwah sane siosan. Pariwisata Bali pacang persida berlanjut yening keamanan Bali terjaga dengan baik, bebas saking ancaman terorist dsb. Doaning asapunika PILIH CAGUB sane sampun terbukti mampu menjaga keamanan Bali, PILIH CAGUB sane persida menjaga citra Bali ring dunia Internasional, PILIH CAGUB sane sampun terbukti pro Rakyat dengan semua program2nya sane pro Rakyat : JKBM, BEDAH Rumah, SIMANTRI, Sarbagita, BEASISWA bagi Siswa tdk mampu dsb. PILIH CAGUB sane Brilliant, PILIH CAGUB sane sampun TERBUKTI……Elingang Tgl 15 Mei COBLOSS N0 2 – Pasti-Kerta….!!!! Suksma OSSSO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>