Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

KPU Bali Putuskan Pilkada Tetap Sesuai Jadwal

Denpasar (Metrobali.com)-

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali akhirnya memutuskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di provinsi setempat tetap sesuai jadwal pada 15 Mei 2013, meskipun terkendala persoalan surat suara.

“Surat suara yang dipergunakan adalah surat suara yang sudah dicetak dan sudah didistribusikan ke kabupaten/kota,” kata Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa usai menggelar rapat pleno di Denpasar, Sabtu.

Pengambilan keputusan itu, menurut dia, diambil berdasarkan pertimbangan untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan Pilkada Provinsi Bali agar tetap berjalan sesuai dengan tahapan. “Semua pihak kami imbau tetap menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian Bali,” ujarnya.

Lanang menyampaikan apa yang menjadi keputusan pleno hari ini karena KPU telah melakukan pendalaman terhadap peraturan perundang-undangan dan konsultasi ke KPU Pusat pada 26 April 2013.

“Pada intinya, kami dalam melaksanakan tugas tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Surat suara yang siap didistribusikan ke sejumlah kabupaten/kota di Bali itu terdapat logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di tengah-tengah foto pasangan nomor urut 1, Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bali menganggap pencantuman logo parpol pada surat suara melanggar Peraturan KPU Nomor 66 Tahun 2009, khususnya Pasal 6 Ayat 2 yang menyebutkan bahwa surat suara hanya berisi foto pasangan calon, nama, dan nomor urut.

Di sisi lain, terkait dengan status anggota KPU Bali Divisi Logistik Gayatri yang mengundurkan diri akibat persoalan surat suara itu, KPU Bali memutuskan sementara ini dibebaskan dari tugas-tugasnya.

“Sementara pekerjaannya kami ambil alih dengan dasar pertimbangan keberlanjutan pekerjaan logistik yang sedang berjalan. Hal yang lain-lainnya, menjadi hak dari Gayatri sendiri,” kata Lanang.

Sehubungan dengan hasil pleno KPU yang memutuskan pelaksanaan Pilkada Bali sesuai jadwal dan tetap menggunakan kertas suara yang sudah dicetak itu, Ketua Panwaslu Bali Made Wena menyatakan secara kelembagaan atau administrasi, pihaknya belum menerima salinan pleno dari KPU Bali.

“Kalau pun KPU Bali mengambil keputusan tetap menggunakan surat suara itu, tentu nanti kami akan lihat argumentasi atau alasan-alasan yang dijadikan sebagai dasar oleh KPU,” ujarnya.

Yang terpenting, jelas dia, apapun yang menjadi keputusan KPU sebagai lembaga yang memiliki hak pengambil keputusan, masyarakat diharapkan bisa menerima dan memaklumi. “Termasuk oleh para pendukung dan tim kampanye pasangan calon kami harapkan bisa menerima keputusan ini,” ucapnya. INT-MB

19 Responses to KPU Bali Putuskan Pilkada Tetap Sesuai Jadwal

  1. tut ady Reply

    April 27, 2013 at 8:48 PM

    akal sehat sayan tidak terima pak lanang perbawa…..apa sebab :

    pilgub cacat hukum …..hasilnya ya secara hukum tidak sah …..laturannya jelas2 tidak boleh ada logo…..yang boleh nama, foto dan nomor urut…..skr ada logo ….belakangan dibawa ke MK jgn salahkan paket PASTI KERTA atau masyarakat yang golput gara2 aturan yang dilabrak KPUD Bali same paket pas2an…

  2. SUDARSANA Reply

    April 27, 2013 at 9:49 PM

    KLO MENANG PAS…BERARTI GUBERNURNYA RAKYAT PDIP BUKAN RAKYAT BALI INGAT ITU PAK LANANG BAGUS GENJING.

  3. MADE KANTOR Reply

    April 27, 2013 at 9:50 PM

    BEH UUG BE KEL GUMINE…..

  4. Cenk blonk Reply

    April 27, 2013 at 10:21 PM

    Tidak apa Pak berjalan saja sesuai jadwal ,, karena siapapun yang menang nanti saya selaku bagian dari masyarakat Bali menerima dan logowo toh juga mereka mereka ini putra2 terbaik Bali ,, dlm artian nyama braya bali , sip bro salam perdamaian dari munti gunung karang asem

    • nyoman Reply

      April 28, 2013 at 8:35 AM

      kyknya antara KPU(lanang perbawa) ada kongkalikong dgn main sandiwara menyuruh gayatri mundur, spy seolah2 gayatri yg salah, skenario ini jelas menguntungkan pas,,,,aturan sdh di labrak sendiri oleh kpu dan pas,,,,klo sampe pas menang gmn nt 5thn kedepan sdh kelihtan bs ditebak akan ada system memeteng, aturan hny utk rakyat sdgkn pas akan seenak perutnya sj,,,

  5. yam de Reply

    April 27, 2013 at 11:47 PM

    suud ngimem arak asane kpu ne….sing nawang kangin kauh …encen beneh encen pelih …nah pragatang pedidi ruuu .

  6. manwirya Reply

    April 28, 2013 at 12:03 AM

    saya ingin tanya kpd paket pas2an…demen je atine menang dgn berbuat curang ohhhh ? inget karmaphala pak py &pak ds..

  7. Pak yoga Reply

    April 28, 2013 at 12:17 AM

    Katanya kandidat PASTI-KERTA akan yakin menang pilgub,nah atas dasar inilah maka mslh logo sirah sampi di kertas suara layak dipergunakan,karna paket yg keberatan itu dipastikan peluang menangnya lebih besar.

  8. manwirya Reply

    April 28, 2013 at 4:48 AM

    @pak yoga…bukan menang kalah persoalannya….tapi belum pemilhan sudah jelas2 aturan kpu dilabrak …hasilnya jadi tidak legitimate alias tidak sah secara hukum siapapun yang menang keto to bli pang tawang.

  9. MADE JEGIR Reply

    April 28, 2013 at 6:54 AM

    yang jelas kesalahan terbesar ada di kpud bali, skr rakyat bali (masyarakat) disuruh mengikuiti kesalahan yang dibuat oleh kpud ….jadinya masyarakat yang dibebankan menanggung kesalahan kpud bali……aget di bali ne…masyarakatnya mau saja dibodohi…len diluar bali sube serbune kpudne teken masyarakate…..selamet gen bli lanang….

  10. nak bali bagus Reply

    April 28, 2013 at 7:22 AM

    skr persoalannya bukan kalah menang…..karena aturan ( uu ) dilanggar, maka siapapun pemenangnya akan menjadi tidak sah (legitimate) secara hukum…boleh saja ketua kpud bali atau siapapun itu bilang sah….tapi klo uunya tidak mensahkan mo bilang apa …..artinya pilkada bali 2013 cacat hukum alias melanggar hukum karena ada kecurangan didalam pelaksanaannya.

  11. Bli kadek bagus Reply

    April 28, 2013 at 7:22 AM

    Oknum Kpud bali hrs bertanggung jawab thdp semua kekacauan ini

  12. nak bali bagus Reply

    April 28, 2013 at 8:34 AM

    ya…yalah kpud bali yang bertanggung jawab…..heran kebenaran dikalahkan oleh kecurangan …..memang berat memperjuangkan kebenaran tapi harus dilakukan agar hasil dari pilgub bali 2013 sah secara hukum…..

  13. nyoman Reply

    April 28, 2013 at 8:54 AM

    katanya pas pingin menang bermartabat, tp klo dr awal sdh tdk mengikuti aturan dan justru melabrak aturan, jangankan menang bermartabat, kalah saja tdk terhormat, sungguh2 MEMALUKAN,,,

  14. bagus genjing Reply

    April 28, 2013 at 10:08 AM

    Semeton Bali sareng sami sane mendukung PILGUB BALI yg JURDIL, mari kita lupakan sejenak mslh kisruh surat suara krn KPUD sdh memutuskan walaupun kita ketahui itu melabrak UU KPU sendiri, mari kita rapatkan barisan kita lawan ketdk adilan dan kecurangan ini dgn tetap teguh pada PILIHAN KITA PASTIKERTA kita mulai dari keluarga sendiri, lingkungan dan wilayah yg lbh luas, kita sampaikan apa adanya bgmna proses PILGUB ini sdh dicurangi dr awal oleh PAS, jgn buang” waktu utk trs mendebatkan mslh surat suara nanti tenaga dan pikiran kita terkuras hny utk hal itu saja, Tahapan Kampanye baru dimulai hari ini kita trs sampaikan kepd msyr bagaimana PASTIKERTA adl calon Pemimpin Bali 5 thn kedepan yg mmg betul merp Pilihan Rakyat Bali yg Anti Kecurangan…..

  15. Anti PSK Reply

    April 28, 2013 at 1:12 PM

    Ingetang semeton Bali ampunang milh Gubernur ane didukung oleh pendukung teroris. Ingat Pak Mangku orang yang telah berani membongkar jaringan teroris.
    thn 2002 adalah masa kelam Pariwisata dan kehidupan masyarakat Bali, penyebabnya kelompok teroris. Ingat semeton Bali pilih MP yang anti teroris, kecurangan dan pembodohan masyarakat Bali.
    Suksma

  16. nyoman lengeh Reply

    April 28, 2013 at 1:17 PM

    Mantap tim hambalang dan lumpur lapindo kompak, untuk pasti kera, eh maksudnya pasti kerta, kikikikiiiiiii

  17. manwirya Reply

    April 28, 2013 at 4:34 PM

    silahkan curang..gkj pa2…baang doen…sing ken2…tapi men kalah de nyebak …

  18. semeton buleleng Reply

    May 16, 2013 at 8:41 PM

    om swastyastu,……..gumine mangkin smpun gonjang ganjing……sampunang milih calon gubernur sane curang ,juk money politik mainane……..inget ru…………….ne beduur nak be nawang men ink uli jani tobat siap@ pintu neraka ne terbuka lebar……… pokokne juk trus dukung pastikerta………………ne mare calon gubernur ne nawang hati nurani rakyat kecil…………….
    PEACE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>