Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Gerakan Pramuka Kwarcab. Badung Gelar Karang Pamitran

Mangupura (Metrobali.com)-

 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung menggelar kegiatan Karang Pamitran yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Dukuh Blahkiuh, Jumat (26/4). Karang Pamitran dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung I Ketut Sudikerta diwakili Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Badung I Ketut Widia Astika ditandai penyematan tanda peserta. Karang Pamitran ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Pembina pramuka golongan siaga, penggalang dan penegak.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Badung dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Badung I Ketut Widia Astika menekankan, gugus depan adalah kesatuan organik terdepan dalam gerakan pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota gerakan pramuka dalam menyelenggarakan kepramukaan. Serta sebagai wadah pembinaan bagi anggota muda dan pengabdian bagi anggota dewasa. Untuk menopang fungsi tersebut, gugus depan harus mampu mengatur diri sendiri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara terus menerus. Dengan digelarnya karang pamitran ini diharapkan kedepan pola pembinaan gugus depan sekolah mampu berkesinambungan serta dapat meningkatkan semangat profesionalisme pembina.

 

            Ketut Widia Astika yang juga Kadisdikpora Badung ini menambahkan, bahwa tahun ini kwartir nasional telah menerbitkan pedoman akreditasi gugus depan, yang artinya semua jajaran gerakan pramuka wajib mengikutinya sebab hal ini bersumberkan pada UU no. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Dalam kegiatan ini peserta akan diberikan teknis akreditasi gugus depan oleh tim asesor, sebagai langkah awal untuk mewujudkan akuntabilitas publik. “Kami menyambut positif disosialisasikannya sistem akreditasi gugus depan dijajaran kwartir cabang badung. Hal ini wajib didorong dan didukung oleh jajaran kwartir ranting, kepala sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan supaya keberadaan gugus depan kita di masa mendatang memperoleh standar mutu yang ditetapkan oleh kwartir nasional gerakan pramuka,” imbuhnya.

 

            Sementara ketua panitia I Nyoman Punia yang juga selaku Kabid Dikluspora, Disdikpora Badung melaporkan, karang pamitran akan berlangsung selama tiga hari dan diikuti 120 peserta dari pembina pramuka baik SD, SMP, SMA/SMK se Kabupaten Badung dengan syarat telah memiliki sertifikat KMD (Kursus Mahir Dasar). Materi kegiatan mencakup bidang organisasi, administrasi, kegiatan dan pendidikan. Dengan tema “ikhlas, bakti dan inovatif”. PUT-MB

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>