Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pasti Kerta Siap Tandatangani Kontrak Politik dengan Masyarakat Bali

Denpasar (Metrobali.com)-

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ketut Sudikerta (Pasti-Kerta) siap menandatangani kontrak politik dengan masyarakat Bali. Tawaran yang diajukan KMPB (Koalisi Masyarakat untuk Pilgub Bali) untuk menantang Cagub dan Cawagub Bali masa bakti 2013-2018 untuk menandatangani kontrak politik dengan masyarakat Bali dapat respon positif pasangan Pasti-Kerta.

Juru bicara Calon Gubernur Made Mangku Pastika dan Ketut Sudikerta, Ketut Ngastawa kepada Metrobali.com mengatakan, tawaran kontrak politik itu disambut Made Mangku Pastika. Bahkan ajudan Gubernur  disuruh nelpon langsung penggagas kontrak politik I Wayan Sudirta yang juga anggota DPD Bali ini.

‘’Saya sangat setuju dengan kontrak politik dengan masyarakat Bali agar tak ragu ragu memilih pemimpinnya. Program, visi, dan misi pasangan Pasti Kerta sudah terang benderang, terukur dan telah terbukti. Apa sekarang saya tandatangani kontrak politik itu,’’ kata Ngastawa menirukan ucapan Made Mangku Pastik, Jumat (5/4) di Sekar Tunjung Center.

Sudirta mengatakan, tidak harus sekarang atau besok Pak Mangku. ‘’Besok kan hari Raya Kuningan, Tak mungkin,’’ kata Sudirta. Lalu, Mangku Pastika menjawab, kalau hal tersebut dianggap penting, bseok Hari Raya Kuningan pun saya mau menandatangani kontrak politik itu,’’ kata Mangku Pastika.

Berita sebelumnya, dalam konteks pemilihan gubernur Bali ke depan, para Sulinggih sepakat dengan langkah-langkah KMPB (Koalisi Masyarakat untuk Pilgub Bali) yang mengangkat soal kontrak politik bagi cagub-cawagub, agar rakyat memperoleh gubernur yang mengikatkan komitmennya secara tertulis dalam pakta integritas, yang nantinya menjadi sarana untuk mengontrol maupun  menagih. Soalnya, sejumlah janji yang diwacanakan dalam kampanye terbuka dianggap tidak cukup kuat untuk mengontrol, dan karenanya komitmen tertulis diyakini jauh lebih baik. Uniknya, koalisi independen tersebut sama sekali tidak mengarahkan pilihan pada kandidat tertentu, karena yang lebih dipentingkan adalah syarat-syarat pemimpin yang layak dipilih, guna kepentingan masyarakat dan Bali ke depan.

Adapun masalah-masalah Bali yang hendak dititipkan KMPB untuk masuk kontrak politik adalah pentingnya melestarikan bahasa Bali melalui regulasi yang memasukkannya dalam matapelajaran di sekolah, penghargaan terhadap Sarwa Sadhaka dalam upacara-upacara yang diselenggarakan pemerintah dan masyarakat, memperjuangkan otonomi khusus untuk Bali, melindungi dan mengamankan tanah-tanah laba pura serta tanah adat dari pengambilalihan oleh investor nakal, melindungi dan mempertahankan bhisama kesucian Pura PHDI dalam Perda Tata Ruang Bali, mencegah dan memberantas korupsi, pemerataan pembangunan di Bali, pentingnya gubernur dan kepala daerah lainnya melibatkan sulinggih semua unsur sebagai Bagawanta dalam pengambilan keputusan, dan sebagainya.Para sulinggih juga meminta semua pasangan Cagub-cawagub menjamin, bahwa setelah pemilihan berlangsung dan ada yang dinyatakan menang maupun kalah,tidak ada bentrok antara ormas pendukung, seperti yang terjadi sebelumnya.

Demikian rangkuman pendapat yang terungkap dalam  acara Rsi Bujana yang dihadiri 107 sulinggih dari semua unsur, seperti Pedanda, Mpu, Sira Mpu, Rsi, Sri Bhagawan, Dukuh, Kamis (4/4) di Denpasar, seperti dilaporkan Ketua Panitia Rsi Bujana, Made Dewantara Endrawan,SH. Diantara sulinggih yang berbicara adalah Rsi Agni Jayamukthi, Mpu Jaya Dangka Ramana Putra, Mpu Siwa Putra Dhaksa Manuaba, Sira Mpu Darma Sunu, Rsi Bujangga Kerta Buana, Mpu Reka Tanaya, Mpu Siwa Buda Dhaksa Darmita, Pedanda Gde Bang Buruwan Manuaba, Mpu Dhaksa Winata, dan lain-lain. Dari Koalisi,hadir Wayan Sudirta, Prof. Made Bakta, Cokorda Gde Atmaja, Sin Sudiarta, Dr. IGN Sudiana dan Ketua KMPB Putu Wirata Dwikora.

Mpu Siwa Putra dari Griya Bongkasa menegaskan, Rsi Bujana yang disertai dialog untuk menjaga Bali ke depan tersebut  merupakan tradisi yang baik dan perlu dikembangkan. Bila perlu, lanjutnya, para sulinggih membentuk Forum Sulinggih Bali yang diupayakan bertemu secara periodik untuk membahas masalah-masalah kemasyarakatan dan jadi masukan bagi penguasa.

Rsi Agni Jayamukthi menambahkan, model Kontrak Politik yang disosialisasikan KMPB, sangatlah positif untuk menghasilkan pemimpin yang punya integritas serta rakyat yang cerdas menggunakan hak pilihnya. ”Melihat substansi aspirasi yang telah dikemukakan, bahwa semuanya bermuara untuk kebaikan Bali ke depan, mestinya tak ada calon gubernur menolak untuk menandatangani kontrak. Dengan kontrak ini,rakyat lebih mendapat jaminan dan pemimpin yang baik pasti terlindungi dari kemungkinan masalah, seperti masalah-masalah hukum yang menimpa banyak pejabat dan mantan pejabat,” kata sulinggih yang duduk juga Ketua Pasaraman Pandita PHDI Bali tersebut.

Ketua KMPB Putu Wirata Dwikora menyatakan, koalisinya tergerak untuk menggelar acara Rsi Bujana sebagai penghargaan dan penghormatan bagi para Sulinggih yang telah mendampingi para walaka melakukan advokasi-advokasi untuk menjaga kebaikan Bali. Diantaranya, mendampingi walaka yang mengirim delegasi untuk mempertahankan bhisama kesucian pura dan Perda RTRW ke DPRD Bali, yang hasilnya cukup baik. ”Ke depan, pendampingian dan bimbingan sulinggih tetap diperlukan, karena permasalahan Bali semakin kompleks dan berat.Umat memerlukan orang dipercaya untuk memberikan arahan, dan sulinggih adalah figur yang sangat dipercaya karena tidak memiliki banyak kepentingan seperti umumnya walaka,” katanya.

Ketua PHDI Bali, Gusti Ngurah Sudiana menyatakan, bahwa menurut sastra dan ajaran agama Hindu, Rsi Bujana merupakan hak sulinggih dan kewajiban dari pemimpin untuk memberikannya. RED-SUT-MB

36 Responses to Pasti Kerta Siap Tandatangani Kontrak Politik dengan Masyarakat Bali

  1. Made Sedana Reply

    April 6, 2013 at 12:01 AM

    Mangku Pastika sy yakin tdk main2 dgn kata2nya. Orgnya terbuka dan satya wacan

    • putu mariani Reply

      May 7, 2013 at 12:43 AM

      aku yakin dan sangat yakin mangku pastika pasti menang dan meneruskan
      impian masyarakat bali,krna pak mangku lah yg pertama kali mampu mewujudkan impian orang bali.sukses pak mangku,do the rest,do the best and all the best pak mangku.

  2. subagya Reply

    April 6, 2013 at 1:10 AM

    Beh to mare kontrak politik…. masumpah ajak betara MP asanange bani…

  3. nyoman Reply

    April 6, 2013 at 4:33 AM

    saya rasa apa yg di sampaikan lwt kontrak politik itu beberapa point sdh jln lewat prgrm bali mandara, cm ini ada trik dr beberapa orang itu krn selama ini getol ingin memperjuangkan otonomi daerah tp rasanya lobi2ny mentok, pintar setiap menjelang pilkada sll membawa misi sprt itu, hbs itu hilng tdk ada kbrny,,tp MP bs berjuang lwt pak sby, klo lwt warna merah kurang pntar diplomasinya,,,maju trus MP,,,PASTIKERTA JAYA,,,!!!!!

  4. topok Reply

    April 6, 2013 at 7:27 AM

    sumpah = sampah…….
    bagi yang menikmati pasti mendukung bagi yg tidak menikmati pasti kecewa….
    politik jani UUD

    • nyoman Reply

      April 7, 2013 at 5:33 AM

      @topok,,andalah yg sampah itu, jgnkan utk bali, utk dirimu saja tdk berguna, jd sampah itu anda…wlo sy bukan orang kaya dan tdk menikmatinya krn sy pny pekerjaan sendiri, sy tetep mendukung krn prgrm2nya menyentuh rakyat kecil,,gub sebelumny blm prnah ada memberi yg grtis utk rakyat bali kecuali skrg ini di bwh gub MMP,,,peace bali,,!!!

      • putu mariani Reply

        May 7, 2013 at 12:48 AM

        beneh gati to pak man,saya sing man ape bangga jak pak mangku.

  5. Banteng impoten Reply

    April 6, 2013 at 8:27 AM

    Pasti-Kerta pasti akan menyetujui kontrak politik selama itu masuk akal dan tetap di dalam koridor NKRI…Bagaimana dgn PAS??

  6. Bli kadek bagus Reply

    April 6, 2013 at 8:53 AM

    Pasti-Kerta pasti setuju dgn kontrak politik..PAS bgmna??Program sendiri aja gak punya kasian..

  7. made rubanov Reply

    April 6, 2013 at 11:25 AM

    Semestinya semua cagub komitmen dgn.kontrak politik yg ada

  8. Selaku masyarakat bali saya sangat setuju dengan isi dari butir-butir kontrak politik terdebut ,saya yakin Pasti Kerta mampu merealisasikan nanti setelah terpilih sebagai pemimpin Bali yamg Adhiluhung dan bener bener Manfara Sampunang nitya wacana nggih, semoga sidha restu

  9. Bersama Pasti kerta pasti bisa, satu permohonan kami bapak Made dan bapak Wayan, ketat kan urbanisasi keBali ,dengan memperjuangkan Bali berstatus Otonomi Khusus, Terimakasih. Madeta@yahoo.com

  10. wayan Reply

    April 6, 2013 at 9:37 PM

    Sewaktu Bpk Mangku Pastika beserta Polisi dan Densus 88 berhasil mengungkap pembom bali , Hati saya sangat bangga punya pemimpin yang berjiwa besar ,santun dan punya pengalaman banyak dinegeri dan di luar negeri ,
    semoga dengan kebesaran Ida Sang Hyang Widhi Wasa Bpk Mangku Pastika bisa kembali memimpin Prov. Bali periode 2013 – 2018,

  11. madeta Reply

    April 6, 2013 at 10:58 PM

    Saya sangat setuiu dgn pola fikir bpk mantan bupati tabanan bpk Adi Wiryatama, Bali ini disamping luas, juga tuntutan, masyarakatnya semakin komplek akibat dari kondisi lingkungannya, jadi seorang no.1 di bali tidak gampang, yg kita inginkan sekarang ini adalah seorang gubernur yg mampu mengatasi kesenjangan itu kalau tidak punya komitmen, dan kemampuan lebih baik nyongkok aja jadi pemimpin partai kan enak,ketimbag nantinya akan mengecwakan rakyat,. apalagi belum punya program. unggulan,,,! Mampus deh,,, atau mau ngentungin blakas metali,,,gung,,?

  12. wayan bangli Reply

    April 7, 2013 at 8:51 AM

    Termasuk berani mundur secara ksatria apabila bawahannya korupsi yaaaa ato gantung mangku sudikerta ϑi bajrasandhi,apabila ada salah satu dari dari dari anak buah anda terlibat korupsi,ato bahkan salah satu butir dari isi kontrak politik yang anda tanda tangani tidak ϑi tepati,jika loe berani,bersumpahlah ϑi pura besakih,untuk tidak memperkaya diri sendiri,keluarga,∂άϞ familly anda,jika jagoan anda berani,saya coblos MP ϑi pilgub,karena faktanya skrg menantu punya hotel,bisnis dupa,∂άϞ pasar oleh2 ktnya,apa itu murni dari jerih payah dari calon anda,apa ada sedikit kemudahan,silakan tanggung jawabkan ϑi besakih,suksme

    • Bli kadek bagus Reply

      April 7, 2013 at 12:02 PM

      Wayan bangli ini pasien rumah sakit jiwa yg melarikan diri…Dia gila krna kepalanya diinjak’kerbau’yg disayanginya..Komentarnya penuh kebohongan persis wartawan b… …T yg suka membelokkan berita kasian sekali si wayan bangli ini

  13. wayan bangli Reply

    April 7, 2013 at 10:24 AM

    Termasuk juga yang comment ini,semua dari pendapat ∂άϞ tidak mengharapkan imbalan apapun, apabila jagoan anda terpilih,ibarat ada udang ϑi balik batu,saya berani bersumaph dimanapun kalo anda mau,karena memang saya tidak punya kepentingan apapun terkait Pilgub,mekuli Ƴɑa tetep mekuli,saya dukung PaS karena dia sering diremehkan,ϑi hujat ∂άϞ direndahkan itu alasan saya,satu yang terpenting dia tipe pemimpin konsekuen,tidak kader kutu loncat,jgn pernah paksakan tuk mempengaruhi dengan opini anda tuk org lain,pilih dg hati nurani anda,jgn pernah saling menjelekkan ∂άϞ meremehkan lawan,itu akan jadi bumerang ϑi masa datang

  14. Pak yoga Reply

    April 7, 2013 at 10:55 AM

    Yen alih to the pointnya,jeg tusing ade manusa ane dueg buin hebat asane di Bali kecuali pak Made Mangku Pastika,jek gara2 pilgub bali tenenan nyame brayane payu lakar mejugjag memanes lan emosi.,yening tityang pribadi netral saja,krn selama 5 th berjalan hidup tityange pedidi ane menentukan nyidang meli baas ape tusing.

  15. Bli kadek bagus Reply

    April 7, 2013 at 11:56 AM

    @p yoga..P mangku jelas bukan yg terbaik dan PASTI bukan yg terburuk..Kami pendukung p mangku hanya ingin membuka mata dan telinga masyarakat bali bahwa p mangku pun telah membawa perubahan kearah yg lebih baik bg Bali..P yoga terlalu sering membaca bali post jd otaknya gak berkembang taunya ngaben massal dan mangkir massal persis bupati kader pdip yg mangkir saat musrenbang mencoreng nama bali di tingkat nasional saja

  16. wayan bangli Reply

    April 7, 2013 at 1:50 PM

    Inilah tipikal pendukung seperti pak kadek bagus,arogan,tidak boleh ϑi kritik,dikit2 bilg dinjak kerbau,tlg ϑi catat,saya tidak gila seperti yang anda bilg bli kadek bagus mecedut,tlg kasi pelajaran demokrasi yang benar,baru tidak sejalan,dikit2 anda bilang belog,cuapeeek dechhhhh

  17. gunawan Reply

    April 7, 2013 at 2:45 PM

    Termasuk secara ksatria mundur kalo terbukti secara jelas 2 tahun tdak ngantor.kalo MP punya toko oleh2 asli baca berita di BP.tolong sebutkan dong hotel yang dimiliki dan pasar oleh2 yang diklaim punya MP.atau seperti berita BP yang cuma nulis tapi bukti masih nyari.makanya kalah 2-0

  18. wayan bangli Reply

    April 7, 2013 at 2:53 PM

    Ibarat MP,sebuah product,∂άϞ pendukung spt yang diatas,ibarat iklan,sebagus apapun product,kalo iklannya menyinggung org lain ∂άϞ alergi ϑi kritik,niscaya yang jatuh product itu sendiri,krn pembeli (pemilih),akan berfikir 1000x tuk memilihnya,oleh krn kemasan iklannya terlalu dipaksakan,dibilang serba Super ∂άϞ tidak ada celanya,pemilih yang tidak punya kepentingan jelas akan bingung ∂άϞ antipati jadinya,jadikanlah kolom ini sebagai pendapat pribadi,biarkan org punya pilihan sendiri2,dikit dikit ϑi counter bila ada yang beda,Biarkan rakyat yang memilih,jgn terlalu ambisius lahhh mas browwwwww

  19. wayan bangli Reply

    April 7, 2013 at 3:05 PM

    @pak gunawan,kalo emang ada ϑi kontrak politik Ÿª♌g ditandatangani,silakan a̯͡Jà browwww,saya setuju mundur,kalo masalah kepemilkan,silakan anda dtg ke sayan terrace,tanya karyawannya siapa yang punya,terus dupa kaori siapa yang punya,biar anda jelas dpt jawaban browwwww

    • nyoman Reply

      April 7, 2013 at 3:59 PM

      @wayan bangli,,kasian lho tumben baca MB biasanya idola BP dan PYpost, maaf sy bukan simpatisan slh satu partai, sy memilih pake logika dan akal sehat, krn figur dan prgrm saja, biar partai apa yg mengusung sy ngk peduli wlopun independent, tetep sy dukung krn faktor figur dan prgrmnya menyentuh rkyat kecil,,PY mmg gayanya bgtu pake strtegi seolah2 dia teraniaya dan mendapat belaskasian, gmnmungkin seorang pemimpin perlu di kasiani, seharusnya dia bs melidungi warganya, 2x jd walkot bnyk warganya kontrak drmhnya sendiri, (fakta). lama2 kalah bersaing dgn pendatang krn faktor skill dan kemalasan. mana mungkin ada gub yg digantung gara2 anak buah yg korupsi, cerdas sedikit, berarti anda sdh tutup mt, wagub 2 thn tdk ngantor, diundang panwaslu diajak kesepakatan pilkada damai tdk hadir, absen ada, gmn ini boss??PY hny berkelit di ketek kakaknya sj, sdh di setting dr dulu sm PY, CR, BP, ponglik, utk ngeroyk MP tp 2 – 0 di pengadilan, black campaign tdk mempan, alias jit sdh meleging, partai pengusung sdh mega(megaburan) awalnya bnyk yg pengen tetep usung MP, tp kakak beradik ini berambisi dg sgla cara, sekelas pak arjaya jg terpental, cawagubnya sejak awal di BLL sdh mengusung MP, tp tiba2 dia dijaring sm mega pdhal dewa sukrawan tdk mendaftar, kaget kan alias grogi dan tidk siap tempur mknya mn prgrmnya????mknya pendukung pas kebingungan, setiap ditanya jawabnya,,pas,,,pas,,gtu sj,,, calon dadakan prgrm jg blm ada,,,,klo mslh sumpah lbh baik anda usul sendiri ke panwaslu,, bukan anda yg menyumpah pastikerta,,tp hrs dua2nya, pas mau ngk,,,???jd gub hrs cerdas dan berani ambil keputusan, bukan asal mau,,,mudah2an debat cagub nt pas dtng dan tdk diwakilkan lagi,,kasian pendukungnya,,,,DAMAI,,,PASTIKERTA ,,,BALIKU,,,!!!

  20. bagus genjing Reply

    April 7, 2013 at 4:19 PM

    @nyoman, jagoannya pdip bknnya bodoh atau bego tapi kurang cerdas dan tdk pny keberanian utk memaparkan visi dan misinya scr jelas, gamlang dan terinci. Pemaparan visi dan misinya msh gamang blm detail, yg gmn dimksd pembangunan yg berbasis kabupaten/kotamadya, pariwisata berlandaskan budaya bali dgn mewujudkan desa wisata dan mengatakan kalo model penataan pariwisata spt BTDC krg cocok diterapkan di Bali??? Idea mewujudkan desa wisata tanpa adanya kajian dan studi kelayakan yg tepat dan jelas akan sulit menerapkan idea spt itu krn tdk semua wilyah yg ada di desa mempnyi potensi utk mewujudkan model desa wisata, mgk dari teman” pendkg PAS bs memberikan pemaparan visi dan misi jagoannya, suksma.

  21. bagus genjing Reply

    April 7, 2013 at 4:24 PM

    Hanya yg mempunyai pemikiran yg matang yg bisa memaparkan visi dan misinya dgn jelas, terencana dan detail krn itu berasal dari buah pemikiran yg didpt dgn menyerap aspirasi msyrkt melalui simakrama atau saat kunjungan utk mengecek pelaksanaan program” terdahulu yg akan diteruskan dan disempurnakan.

    • nyoman Reply

      April 7, 2013 at 4:53 PM

      @b,genjing,,jgn2 PY jg ngk ngerti,,,,apalgi DS,,,

  22. nyoman Reply

    April 7, 2013 at 5:10 PM

    @b,genjing,,,pembangunan berbasis kota dan berbasis kabupaten, ini hny jebakan nt klo menang klo rakyt menuntut akan di jwb dgn retorika2 saja dgn pjng lebar shg rkyt bingung mau menuntut apa krn prgrmnya sengaja dibikin kabur alias tdk jelas, pilkada ini jelas ,,,pro pluralisme vs pro feodal,, pro rakyat vs pro raja,,,buat apa raja ngabis2in bikin bedah rmh, toh raja sdh kaya, lbh baik buat bunda nt kn dpt rekomendasi berikutnya klo kepilih ato ke DPR RI ,,cerdik(cerita adik2)…

  23. bagus genjing Reply

    April 7, 2013 at 6:28 PM

    @nyoman, sy ingin sekali melihat dlm tarung head to head antara Pastikerta dan Pas ada adu visi dan misi yg tiap” pasangan punya kelebihannya masing” yg bisa dipersembahkan utk kemajuan Bali di masa mendatang, bkn dgn black compaign dan mengklaim program yg dulu pernah dijelek”kan, mgk kita hrs sabar menunggusaat debat kandidat nanti, disana nanti kita bs menilai sejauh mana bobot msg” calon yg akan membw Bali ini kedepannya.

  24. tude Reply

    April 7, 2013 at 7:32 PM

    begini saja kita ambil jalan tengah dan siap memilih yang mau tandatangan kontrak politik dengan masyarakat bali yang diprakarsai oleh KMPB dan bisa melaksanakan semua isinya dan berani bertanggung jawab dengan segala resikonya. Setuju Okeeeeeeeeeeeee ?

  25. Bli kadek bagus Reply

    April 8, 2013 at 12:50 PM

    Aduhhh..Wayan bangli kije ne ??Adahhh..Stres panak anake be nto…Yann sabar yannn melahang ade kebo ngeleb ne

  26. madeta Reply

    April 8, 2013 at 9:55 PM

    @madeta,inggih nawegang dumun semeton tityang dareng sami sampunang mekeret keretan dumun yening indik penyaluran aspirasi,wantah sah-sah mante sakemawon mangde jati-jati aspiratf ,obyektif,sane pinih mabuat mangde cerdas menilai, duwaning yaning keliru menyalurkan aspirasi janten sampun 5 tiban lakar mepangenan,tur nyesel, mangkin sampunang daling sautin,mekejang ngaku beneh ngiring jantos acaraa pemaparan visi dan misi masing-masing pasangan ,dlm debat publik kita tunggu program nya, kwala apang saja-saja apang sing munyi-munyi dowen bagaimana. Setuju ingat kita membrantas NEPoTISme

  27. madeta Reply

    April 8, 2013 at 10:23 PM

    @madeta, Hanya orang yg kuper dan statis serta kurang banyak membaca bilang program Bali mandara itu gak bagus, yg namanya program pasti ada hambatan dan tantamgan nya, sangat mustail bisa terealisasi 100% perlu dievaluasi dan penyempurnaan Contoh misalnya Progtam penyaluran limbah rumah tangga di kota denpasar melalui proyek HSDP ,selaku masyarakat kota saya belum menikmati manfaatnya, malah samgat merasa terganggu, jalan-jalan banyak yg rusak, aspal mahal- dibogkar ,Siapa punya program itu, barapa lama proyek itu diharapkan selesai, berapa sudah biaya yg dihabiskan, sejauh mana dampak positif yg dirasakan oleh

  28. madeta Reply

    April 8, 2013 at 11:18 PM

    DakSaya kurang setuju, pembangunan berbasis perkotaan, tolong di ingat bapak calon gubernur masyarakat kita sebagian besar 65% ada di pedesaan dan bermata pencaharian sbg petani ,bagai mana kalau sektor pariwisata bersenergi dgn pertanian elalui program agrowisata agar petani tidak selalu dipakai obyek maksud saya agar produk yg dihasil kan petani menumjang kebutuhan pariwisata , program bali mandara, pd sektor pertanian yg diimplmentasikan melalui sistim pertanian terintegrasi (SIMANTRI) amat positif di adopsi oleh para petani perlu di kembangkan,ne mare ye, okey,! Mangku Pastika ,,! lamjutkan petani yg cerdas dan bijak pastika milih Nomer : 2 Pasti kerta raharja

  29. I Wayan Subagia Arimbawa,A.Md.Kom Reply

    April 14, 2013 at 11:47 PM

    Mantap http://www.mademangkupastika.com saya semakin salut dan bersemangat mendukung Beliau cerdas, punya wawasan mantap, siap kontrak politik skala niskala. Top markotop ini pemimpin. Maju dan sukses selalu Pak !

  30. arjunajaya Reply

    April 18, 2013 at 9:52 PM

    Saya sebagai warga Bali sangat berteimakasih atas program JKBM Pak Mangku.
    yg meringankan dan rakyat berani kerumahsakit untuk berobat.yg sbmnya takut ke rmh skit krn sing ngelah pipis. SY BULDOG PASTI Ke Pak Mangku,agar bisa melanjutkan program..Bali Mandara yg sangat bagusBali bagi rakyat Bali. Bali BUKAN MILIK KELUARGA TERTENTU TAPI MILIK RAKYAT BALI SENDIRI, .NU LIU ADA MANUSIA BALI YG CERDAS DAN HEBAT UNTUK MEMBANGUN BALI ,MASAK KELUARGA ITU ITU SJ YG MAU JADI PEMIMPIN DIBALI, YG SANGAT DIPAKSAKAN.Semoga pk Mangku diberi kesehatan dan kemulyaan oleh Ida Sang Hyang Widi .MAJU TERUS P Mangku………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>