Kapolda Bali ”Nangkil” ke Puri Cempaka

Klungkung ( Metrobali.com )-

Kapolda Bali Irjen pol Arif Wachjunadi pada Jumat ( 1/3 ) pagi kunjungi Puri Cempaka rumah Pribadi Bupati Klungkung Wayan Candra. Orang nomor satu di jajaran Polda Bali tersebut tiba di Puri Cempaka jalan By Pas IB Mantra sekitar pukul 10.30 wita. dan langsung disambut Bupati Klungkung Wayan Candra.

Ini kali pertama terjadi khususnya di Kabupaten Klungkung jika setiap kali ada pertemuan dalam urusan kepemerintahan yang seharusnya ditrima ditempat pasilitas pemerintah yang ada seperti di Balai Budaya justru sebaliknya pertemuan yang dibilang silahturahmi itu, Kapolda bersama jajarannya ditrima di rumah pribadi Bupati I Wayan Candra yaitu Puri Cempaka wilayah Karangdadi, Dawan Klungkung jalan Bay Pass IB Mantra.

Kapolda sendiri didampingi oleh Karorena Polda Bali Kombes Pol Gede Mahendra, Kabid Humas Polda Kombes Pol Hariyadi dan Koor Spin Kembespol Beny Priyanto dan Kapolres Klungkung AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati. Sementara dari Pemkab Klungkunh hadir saat itu Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Gede Agung, Sekda Klungkung Ketut Janapria serta Kadis, Kabag dan Camat sekabupatan Klungkung. selaian itu hadir juga Majelis Madya Desa Pakraman Klungkung Ketut Rupia Arsana dan Ketua PHDI Klungkung Mangku Wayan Sura dan tokoh tokoh masyarakat lainya seperti dari Forum Perbekal dan Majelis Alit Desa Pakraman.

Sementara itu menurut Bupati Klungkung Wayan Candra pertemuan tersebut merupakan silaturahmi biasa. Candra sendiri mengaku bertemu dengan Kapolda Arif saat pisah kenal Irjen Pol Budi Gunawan (Kapolda Bali sebelumnya) dengan Irjen Arif Wachjunadi. Saat pertemuan tersebut Kapolda Arif sempat mengutarakan niatnya untuk bersilaturahmi ke Klungkung kerumah Bupati Candra.

Menurut Kapolda kegiatan ini untuk meningkatkan kordinasi dan konsolidasi untuk kebersamaan Polisi dan masyarakat. Dalam kesempatan itu Kapolda sempat mengutarakan program terbaru yang akan dilakukan di Klungkung. program ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat di Nusa Penida. Salah satunya yang akan dilaksanakan adalah pelayanan Samsat dan pengurusan SIM di Nusa Penida. Selaian itu juga meningkatkan kerjasama polisi dengan masyarakat adapt untuk menekan kasus pencurian pretima yang belakangan ini marak di Bali. Salah satunya adalah peran Babinsa dan pecalang sebagai ujung tombak di bawah. Sementara itu PHDI Klungkung Mangku Wayan Sura berharap ada penanganan yang kusus terhadap kasus yang berkaitan dengan Agama atau yang lainya agar tidak melebar.

Dalam kesempat itu Candra sangat mendukung program Polda Bali yang akan dilaksanakan Polres Klungkung terkait Samsat dan pelayanan SIM di Nusa Penida. Bahkan Candra berjanji akan mendampingi Kapolda ke Nusa Penida saat launching acara tersebut 6 Maret mendatang.

Dalam hal kerjasama Polres dan pemkab Klungkung diakui Candra sudah berjalan dengan baik. Salah satunya adalah dukungan Pemkab klungkung terkait pembangunan kantor Kapolsek Nusa Penida yang baru dan lebih refresentatif. Salah satunya adalah memfasilitasi pemohonan tanah Negara untuk kantor Polsek baru tersebut.

Candra juga sempat mengajukan pertanyaan kepada kapolda terkait maraknya pencurian Pretima di Bali. Menurut Kapolda Polisi tetap konsisten melakukan langkah penegakan dan penindakan juga pencegahan. Sementara untuk sebagian kasusnya karena sudah memenuhi unsur Pidana tetap dilanjutkan ke proses hukum.

Kapolres sendiri sudah melakukan antisipasi dengan mengumpulkan Bendesa Adat di Klungkung untuk bersama sama melakukan antisipasi dan upaya pencegahan. Sedangkan khusus untuk Nyepi Kapolda berharap jangan sampai dinodai oknum tertentu terutama dari luar Bali. “Kalau orang Bali saya yakin akan sangat menghormati perayaan Nyepi tersebut,” ujarnya. Usai pertemuan tersebut pukul 12.00 wita Kapoldan dan rombongan menuju wilayah karangasem dalam acara persembahyang ke Lempuyang. SUS-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>