Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Tim SAR Bangli Digembleng

Bangli ( Metrobali.com)-
Sebagai daerah yang mempunyai topografi wilayah berbukit-bukit, Kabupaten Bangli relative rawan terjadi bencana. Karena itu, untuk meminimalis jatuhnya korban Tim SAR Bangli digembleng. Pelatihan dasar SAR dilaksanakan, Kamis (14/2) di Hotel Segara Kedisan Kintamani Bangli dihadiri oleh Ketua Panitia Penyelenggara SAR Denpasar Sri Wardoyo SE, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Kepala BPBD Kab.Bangli I Wayan Sugiarta, DPRD Bangli Jro Salin Muliawan.

Pelatihan diikuti sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari BPBD Bangli, Kodim Bangli, Polres Bangli, Dinas Kesehatan Kab.Bangli, Dinas Sosial Kab. Bangli, Polisi Hutan Kab Bangli, Bag Umum dan Perlengkapan dan Aset Setda Kab.Bangli, PMI Kab Bangli, Himpunan Pemandu Pendaki Gunung Batur,ORARI Bangli, RAPI Bangli,Desa Songan A, Desa Songan B, Desa Belandingan,Desa Kedisan, Desa Buahan, Desa Trunyan.

Diklat yang akan dilaksanakan meliputi ; pengetahuan umum tentang SAR, Medical First Responder (MFR) dan ilmu yang mempelajari tentang anatomi dan Fisiologi tubuh manusia (FAAL),pemindahan korban, penilaian korban, bantuan hidup dasar (BHD) dan resusitusi jantung paru (RJP),pelaksanaan aplikasi medical,first responder (MFR) , teori hight angle rescue tehnik,praktek pembuatan system safety kerja di lingkunganvertikal dan aplikasi hight angle rescue tehnik yang bertempat di tebing desa Songan dan Desa Blandingan.

Pemberi materi pada Pelatihan Dasar SAR dengan Potensi SAR di Wilayah Kab.Bangli tahun2013 ini berjumlah 11 sebelas orang yang terdiri dari : sebanyak enam (6) pemberi untuk materi Instruktur High Angle Rescue Teachnique (HART)dan sebanyak lima (5) pemberi materi., Istruktur Medical First Responder (MFR).

Dalam laporannya ketua panitia penyelenggara Pelatihan Dasar SAR Sri Wardoyo SE menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan pelatihan dasar SAR dengan potensi SAR di wilayah kabupaten Bangli tahun 2013 ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan SAR tingkat dasar kepada potensi SAR diwilayah Bangli baik dari instansi pemerintah, TNI,Polri,dan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kemanusiaan.Adapun tujuannya adalah membentuk tenaga SAR yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan mental dibidang teknik pencarian dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan pelatihan dasar SAR merupakan suatu wahana membangun sumber daya manusia yang merupakan bagian dari pengembangan system kesiap siagaan secara berkelanjutan sebagaimana yang akan kita laksanakan selama( 3) tiga hari ke depan yaitu pelatihan dasar SAR dengan potensi SAR di wilayah kabupaten Bangli. Juga berterima kasih kepada Badan SAR Nasional khususnya Kantor SAR Kelas A Denpasar yang telah memilih Kabupaten Bangli sebagai tempat dilaksanakannya latihan dasar SAR ini, kedepan agar koordinasi yang sudah terjalin dengan baik ini bisa lebih ditingkatkan, sehingga semakin banyak warga masyarakat yang bisa dilatih dan bisa diberdayakan pada saat terjadi bencana. Pada kesempatan itu juga dijuga dikalungkan kartu tanda peserta oleh Wakil Bupati Bangli kepada para peserta pelatihan dasar SAR, sekalisgus sebagai pembukaan Pelatihan Dasar SAR di wilayah Kabupaten Bangli.WAN-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>