Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

SMPN 1 Bangli Dinilai Tim Provinsi

Bangli (Metrobali.com)-

Tim penilai lomba Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) tahap tegak SMP tingkat Provinsi Bali, Selasa (12/2) melaksanakan penilaian di Kabupaten Bangli. Tampil sebagai duta Kabupaten Bangli dalam penilaian ini SMPN 1 Bangli yang sebelumnya menjuarai ajang yang sama di tingkat kabupaten. Saat kedatangannya di Kabupaten Bangli tim penilai yang diketuai Ida Bagus Wirama, disambut oleh Kepala BPPKB Kabupaten Bangli Ir. Ketut Kayana, Kepala SMPN 1 Bangli Drs. Wayan Widiana Sandhi, M.Pd, dan anggota PIK-R SMPN 1 Bangli.
Kepala SMPN 1 Bangli Wayan Widiana Sandhi dalam laporanya menyampaikan, PIK-R SMPN 1 Bangli berdiri sejak tanggal 6 September 2011 sesuai dengan Surat Keputusan Kepala SMPN 1 Bangli Nomor 421/642/SMP dan dinyatakan sebagai PIK-R tahap tumbuh. Hingga saat ini jumlah anggota PIK-R SMPN 1 Bangli mencapai 582 siswa. Tujuan dari dibentuknya PIK-R adalah untuk meningkatkan pelayanan program kesehatan reproduksi remaja melalui pembinaan dan pengembangan pusat informasi dan pusat konseling bagi siswa.
Dikatakan juga, berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh piK-R SMPN 1 Bangli diantarannya kegiatan bidang cita kasih seperti membagikan stiker bahaya narkoba dan HIV AIDS dan penggalangan dana bagi korban bencana, bidang ekonomi seperti pelatihan membuat souvernir bagi para anggota, dimana hasil dari penjualan sovernir digunakan untuk menunjang kegiatan PIK-R SMPN 1 Bangli, bidang budaya dengan pementasan tari janger yang diselipi pesan-pesan positif terkait tumbuh kembang remaja, serta memberikan konseling bagi siswa yang mengalami masalah. “Lomba merupakan sebuah proses, sehingga melalui lomba PIK-R tahap tegak diharapkan bisa memberikan sentuhan positif bagi perkembangan siswa dan lingkungan sekitarnya”ungkap Widiana Sandhi.
Ketua tim Penilai Ida Bagus wirama pada kesempatan itu menyampaikan, lomba PIK-R SMP tingkat Provinsi Bali rutin dilaksanakan setiap tahun. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan PIK-R dari tumbuh menjadi tegak, dan dari tegak menjadi tegar. Melalui wadah PIK-R kita ingin membangun mental remaja yang berprilaku sehat, terhindar dari masalah sex bebas, HIV AIDS dan Napza.
Dijelaskan juga, kriteria dalam penilaian penilaian lomba PIK-R diantaranya kemampuan pendidik sebaya dan konselor sebaya, materi dan isi pesan yang disampaikan, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, akses jaringan dalam pemberian informasi serta inovasi dan kreatifitas yang mampu ditampilkan PIK-R. “Kita berharap keberadaan PIK-R dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di sekolah”harapnya.
Sementara itu Kepala BPPKB Kab Bangli Ketut Kayana mengatakan, saat ini dunia pendidikan di Kabupaten Bangli sedang digunjang berbagai permasalahan, sehingga keberadaan PIK-R di sekolah dirasa tepat sebagai media informasi dalam memberikan pemahaman akan bahaya sex bebas maupun bahaya narkoba serta konseling bagi pemecahan permasalahan para siswa. “Kita berharap kegiatan positif yang telah dilaksanakan PIK-R bisa terus dilanjutkan untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan d Kabupaten Bangli”pungkasnya. WAN-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>