Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Kapal Celebrity Hanya 30 Menit : Ruta Kampung Kusamba—Sampalan Nusa Penida

Klungkung ( Metrobali.com ) -
KMP Celebrity diharapkan menjadi solusi carut marutnya persoalan transfortasi ke Nusa Penida. Kapal khusus penumpang tersebut mulai beroprasi pada Senin ( 7/1 ). Saat menjajal rute kapal motor tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Kampung Kusamba—Sampalan—Nusa Penida. Kapal ini sekaligus sebagai kapal modern satu satunya yang mengangkut penumpang dari pelabuhan tradisional Kusamba.

Kehadiran kapal ini diharapkan menjadi solusi penyebrangan ke Nusa Penida yang selama ini masih banyak kendala. Terlebih lagi ketika kapal Roro (Nusa Jaya Abadi) hanya boleh melayani penumpang selama satu trip. Kapal ini sendiri mulai beroprasi per 7 Januari 2013. Selain kecepatan kapal ini yang tinggi, juga menjanjikan pelayanan plus diantaranya kenyamanan bagi
penumpang.

Hal ini diakui pemilik Kapal, Kadek Jana. Kapal ini menurutnya hadir untuk menjawab kebutuhan mendesak akan jasa transportasi terutama penyebrangan ke Nusa Penida. Salah satunya adalah angkutan kusus penumpang. Selama ini para penumpang tradisional harus berdesakan di Janggolan yang mengangkut bahan bahan bangunan dan material lainya. Hal ini tentunya sangat berbahaya.

Kapal ini diakui cukup handal karena memiliki mesin dengan kekuatan 2 mesin dengan kekuatan masing masing 200 PK.
Sementara daya jelajah kapal 27 gross ton. Kapal ini akan melayani dua trip pagi dan sore. Tiket selama promosi Rp 25 ribu sampai 3 hari menjelang Galungan. Kalau harga normal Rp 30 ribu. Invenstasi diatas satu miliar.

Kapasitas 140 tempat duduk. Standar keamanan sudah terpenuhi seperti life jaket dan yang lainya. Yang belum adalah ruber boat atau boat karet. Kalau kapal terbalik boat ini ditarik menjadi kapal. Promosi sampai 23 maret 2013. Jadwal berangkat untuk trip pagi start jam 07.00 wita dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida dengan rute menuju Kampung Kusamba. Sementara trip sore balik dari pelabuhan Kusamba ke pelabuhan Sampalan dengan start pukul 15.00 wita.

Kapal ini dikendalikan nakoda berpengalaman asal Nusa Penida Ketut Puspa. Pria ini dikenal cukup piawai dalam mengemudikan kapal jenis ini. Salah satu kelebihan dari kapal ini adalah ruang kabin penumpang yang nyaman dengan tempat duduk di balut spon. Selain itu para penumpang juga dimanjakan dengan audio visual yang memnghibur punumpang. Para penumpang juga mendapat service berupa air mineral.

Sementara daya tempuh kapal tersebut berkisar dari 30 menit sampai 50 menit tergantung kondisi cuaca. Dalam tahap promosi ini kapal akan tetap berangkat sesuai jadwal sekalipun sat belum penuh. Jana sendiri mengatakan, tidak akan terjadi persaingan dengan
Sampan atau kapal tradisional yang sudah ada selama ini. Karena Kapal tersebut beroprasi kusus untuk penumpang. SUS-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>