Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Akhiri Kerjasama dengan Swasta : PDAM Badung Jadi Satu-Satunya Provider di Badung Selatan

Kuta (Metrobali.com)-

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung secara resmi mengakhiri kerjasama dengan pihak swasta dalam penyediakan layanan air bersih di kawasan Kuta, Nusa Dua dan sekitarnya, Senin (31/12) lalu. Pendandatangan berita acara dilaksanakan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala yang dilakukan oleh Pjs. Dirut PDAM Badung dengan tiga perusahaan swasta yakni, PT. Mahasara Buana, PT. Intan Dyandra Mulya dan PT. Dewata Artha Kharisma, disaksikan oleh Bupati Badung, AA Gde Agung dan tim pengakhiran kerjasama pelayanan air tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Gde Agung menegaskan dengan berakhirnya kerjasama tersebut, maka pengelolaan pelayanan air bersih di kawasan Kuta, Nusa Dua dan sekitarnya menjadi tanggung jawab PDAM Tirta Mangutama dan menjadi satu-satunya provider air bersih di kawasan Badung Selatan.

‘’Dengan kondisi yang baru ini, kepada pimpinan dan seluruh staf agar siap melaksanakan pelayanan ini. Saya yakin bahwa segala persiapan telah dilakukan sehingga proses tansisi dapat berjalan dengan lancar. Namun tantangan dalam upaya perluasan akses air bersih harus dikejar, dengan target sebagian besar wilayah Badung harus terlayani air bersih, sebagai syarat MDG’s 2015,’’ tegas Bupati.

Bupati mengungkapkan, kerjasama yang telah berlangsung 20 tahun yang lalu tersebut, pada awalnya berupaya mempercepat akses penyediaan air bersih bagi masyarakat ketika itu. Saat itu pula, sangat sulit untuk mendapatkan investor untuk ikut membangun pelayanan air bersih tersebut. Bersyukur ada para pengusaha swasta ini yang dengan komitmen tinggi ikut membangun Badung. Pada awal pelanggan hanya 400 sambungan, di tahun 2012 ini di kawasan Badung selatan sudah mencapai 26.400 sambungan. ‘’Ini membutikan kerja keras selama ini, telah membuahkan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat ini harus menjadi satu kekuatan untuk memperbaiki segala pelayanan dan fasilitas,’’ ungkapnya.

Di tahun 2012 ini, tambah Bupati, DPRD Badung telah menyetujui penyertaan modal sampai Rp 20 miliar dan modal sendiri dari PDAM Rp 2 miliar. Ada upaya penambahan kemampuan sarana dan pra sarana. Pada April 2013, sebelum KTT APEC diharapkan selesai dan mampu lebih maksimal dalam pelayanan.

Menyinggung pengalihan aset, Bupati Gde Agung mengatakan ada dua peristiwa hukum. Pertama, pengakhiran kerjasama yang telah dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama yang berakhir 31 Desember 2012. Yang kedua adalah pengalihan aset dari PT, Tirtaartha Buanamulya (PT. TB) kepada PDAM Tirta Mangutama Badung, berupa aktiva tetap, menunggu hasil audit akuntan publik dan due diligence dari BPKP Bali serta hasil Tim Liluidasi yang kini masih bekerja. ‘’Dua peristiwa ini sangat penting dan telah dijalankan sehingga hasilnya akan sangat baik. Demikian pula, karyawan dari PT. TB pun akan beralih menjadi karyawan PDAM Badung. Satu jaminan yang sangat yang telah disusun Tim Likuidasi,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Pjs. Dirut PDAM Badung, Nyoman Sukanada mengatakan peningkatan pelayanan sedang terus dilaksanakan sehingga pada April dan Mei 2013 nanti akan siap memaksimalkan pelayanan di Badung Selatan. ‘’Kami masih terus berbenah. Secara bertahap, kami mencoba membangun jaringan baru, karena jaringan yang terbangun lama sudah jenuh. Kami berharap jaringan baru dapat memecahkan masalah air bersih yang selama ini terjadi di Badung Selatan,’’ pungkasnya.

Sementara itu, acara penandantanganan pengakhiran kerjasana pelayanan air bersih tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Badung yang diwakili Ketua Komisi C, IGA Gede Jaya Adhiputra, pimpinan SKPD se-Badung, pejabat di lingkungan Badung dan Ketua Tim Likuidasi, I Gusti Ngurah Oka Darmawan dan karyawan PDAM. GAB-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>