Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Wujudkan Tri Kerukunan Hidup Umat Beragama: Bupati Gde Agung Pantau Malam Natal

Mangupura (Metrobali.com)-

Bupati Badung, A.A Gde Agung, didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Badung beserta instansi terkait lingkup Pemkab Badung, Senin (24/12) malam, memantau sejumlah gereja terkait pelaksanaan ibadah kebaktian Malam Kudus, dalam perayaan Natal tahun ini. pada pemantauan malam Natal, Bupati Gde Agung telah memantau pelaksanaan kebaktian atau misa di 9 gereja. Diantaranya Gereja Betheleem Untal Untal Dalung, Gereja  Santa Theresia Tangeb Abianbase, Gereja Katolik Tri Tunggal Maha Kudus Tuka, Gereja Gabriel Pegending, Gereja Katholik Roh Kudus Babakan, Gereja GKPB Tirta Empul Krobokan, Gereja Pantekosta Indonesia Kuta, dan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

                Agenda tahunan itu dilakukan mengingat keamanan dan kondusivitas umat Nasrani dalam melaksanakan peribadatan menjadi perhatian serius Bupati Gde Agung. “Kita semua ingin setiap umat yang beribadah dengan aman, nyaman, dan tenteram. Karena itu kami terus mengupayakannya sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya,” katanya. Di akhir pemantauannya, Bupati mengaku bangga karena semua kegiatan berjalan dengan baik, lancar, dan aman. Baik pada peribadatan yang dilakukan dengan khusuk dan perayaan yang dilakukan dengan sederhana, tanpa hura-hura sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

                Atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, Bupati Gde Agung, Wabup Sudikerta, Sekda Kompyang R Swandika, beserta segenap jajaran, mengucapkan selamat hari Natal 2012 bagi seluruh umat Nasrani se-Kabupaten Badung. “Semoga Natal selalu memberikan kedamaian bagi semua mahluk di muka bumi ini,” tutupnya.

                Selain melakukan pemantauan pelaksanaan malam Natal Bupati Badung, Gde Agung juga menghadiri sejumlah undangan open house masyarakat Badung dalam rangka perayaan Natal, Selasa (25/12) kemarin, Salah satunya adalah silaturahmi Bupati bersama SKPD lingkup Pemkab Badung ke rumah anggota DPRD Badung, Putu Parwata.

                Natal, kata Gde Agung, merupakan momen tepat bagi seluruh umat beragama, khususnya di Badung, untuk mewujudkan solidaritas antar umat beragama. Dengan demikian, dapat terwujud Tri Kerukunan Antar Umat Beragama. Pertama kerukunan antara sesama pemeluk agama. Dengan meranyakan Natal secara hikmat akan tercipta ketentaraman hidup dan menumbuhka sikap solidarita sesama pemeluk agama yang kuat. Kedua kerukunan antar umat beragama  (lintas agama).

“Seorang yang berbeda agama harus bisa saling menghormati rasa beragama umat lainnya,” kata Gde Agung di sela-sela kunjungannya. “Mengucapkan selamat hari raya Natal bukan hanya menjadi kesadaran persaudaraan, melainkan tuntunan keimanan yang sangat mendasar dan rasa toleransi yang tinggi,” lanjutnya.

Ketiga kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Hal ini telah nyata dilakukan oleh bupati beserta jajarannya, yang diciptakan dengan melakukan silahturahmi “Dengan memanfaatkan momentum silaturahmi kita mantapkan sinergitas pemerintah dengan masyarakat guna menjamin kondisi yang kondusif menuju masyarakat Badung yang sejahtera dan damai, dengan meningkatnya intensitas komunikasi,” ujar Penglingsir Puri Mengwi ini. BOB-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>