Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Desa Penuktukan Promosikan Potensi Bahari

Buleleng (Metrobali.com)-

Dengan menyelenggarakan kegiatan promosi wisata bahari Senin (8/10) bertajuk “Penuktukan Dive Inspection”, Nyoman Wartawan selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan tersebut memperkenalkan potensi bawah laut dari Taman Segara, Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula kepada masyarakat luas dan para wisatawan khususnya. Kegiatan terselenggara karena dorongan untuk menjadikan Taman Segara sebagai salah satu Diving Site (situs penyelaman) alternatif di Bali Utara, sekaligus sebagai daerah konservasi perlindungan laut yang diimplementasikan sebagai zona larang tangkap.

Penggagas utama dari kegiatan ini berasal dari kelompok pelestari lingkungan bawah laut yang diberi nama Kelompok Taman Segara yang berdiri pada tahun 2008. Kegiatan promosi yang juga mendapat dukungan penuh dari Perbekel Desa Penuktukan, Ketut Yudi Arisandi, tersebut dilanjutkan dengan peresmian Taman Segara sebagai situs wisata selam yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Buleleng.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST., yang hadir untuk meresmikan situs bahari tersebut mengaku siap untuk meresmikan dan mendukung kegiatan yang berbau pelestarian ekosistem di Buleleng khususnya. Kesiapan Bupati Buleleng tersebut berproyeksi pada keberadaan berbagai bentuk warisan yang dimiliki untuk dapat dilestarikan dan diberdayakan demi memenuhi kebutuhan generasi mendatang. Dalam hal ini, sumber daya pesisir dan laut di Buleleng merupakan bagian yang tak terpisahkan dari berbagai pembangunan lintas sektoral seperti pembangunan ekonomi, sosial, serta budaya.

“Dalam rangka optimalisasi kawasan konservasi perairan di Buleleng, kami beserta seluruh stakeholder terkait sedang menyusun rencana pengelolaan kawasan konservasi perairan termasuk di dalamnya adalah format kelembagaan serta mekanisme pembiayaan secara berkelanjutan. “Tentunya harapan yang besar dari kami untuk memberikan manfaat bagi pembangunan Kabupaten Buleleng serta masyarakat sekitar pada khususnya,” ungkap Bupati Suradnyana lanjut menandatangani prasasti peresmian Situs Penyelaman Taman Segara. Andi-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>