Kebakaran Landa Hutan Gunung Batur

Bangli (Metrobali.com)-

Belum lama hutan Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, Bali terbakar, kini giliran hutan di Gunung Batur, Kabupaten Bangli yang ikut diamuk si jago merah. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Bali, kebakaran hebat yang melanda hutan Gunung Batur terjadi sejak Selasa 25 September 2012 sekira pukul 15.00 WITA hingga siang ini.

Kepala Pusat Pengendalian dan Operasional Penanggulangan bencana (Pusdalops PB), Gde Made Jaya Serataberana mengatakan, kebakaran hutan terjadi di bagian selatan dan utara Gunung Agung. Api dengan cepat menjalar mengingat saat ini musim kemarau, lahan yang kering berupa alang-alang dan perdu sangat mudah terbakar.
“Ada beberapa titik api di dua bagian itu,” kata Serataberana, Rabu 26 September 2012. Petugas gabungan, kata dia, sudah turun ke lokasi ketika pertama kali hutan tersebut terbakar. Petugas melakukan pemadaman secara manual.
Tim pemadaman, imbuh Serataberana, dibagi menjadi dua tim. Satu tim yang dipimpin Kalasa BPBD Provinsi Bali bergerak ke selatan Gunung Batur, sementara tim yang dipimpin oleh Dandim Bangli memimpin pemadaman di utara Gunung Batur. “Total personil yang dilibatkan 346 orang,” sebutnya. BOB-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>