Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

TINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN: Sejumlah Aparat Desa Ikuti Bintek

Denpasar (Metrobali.com)-
Guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan tentang pelaksanaan aturan pengelolaan administrasi keuangan. Sejumlah aparat Desa di Kota Denpasar seperti; Sekretaris dan Bendahara Desa diberi pelatihan Bintek selama dua hari. Hal ini penting mengingat aparat Desa merupakan ujung tombak sekaligus kaki tangan Pemerintah dalam mewujudkan tata kelola administrasi keuangan yang baik transparan dan akuntabel. Demikian dikatakan Sekda Rai Iswara saat membuka Bintek Keuangan Bagi Sekretaris Dan  Bendahara Desa Se-Kota Denpasar Tahun 2012, Rabu (12/9) di Hotel Nikki Denpasar. Hadir pula SKPD`terkait, Camat Se-Kota Denpasar dan Kades/Lurah.
Sebelum menyampaikan sambutan Walikota, Rai Iswara juga menegaskan agar masing-masing aparat harus paham betul tentang tupoksi masing-masing. Disamping paham dan tahu tentang segala bentuk aturan yang berlaku sehingga memperkecil kemungkinan munculnya segala bentuk penyimpangan. Sebab menurut sosok yang piawai melawak dan metembang ini, sesorang tidak bisa bekeja dengan baik kalau belum mampu memahami aturan dengan baik, tegasnya.
Untuk itu melalui bintek ini seluruh aparat terutama yang ada di Desa diharapkan mampu meningkatkan pemahaman, pengetahuan  dan kemampuan dalam mewujudkan tata kelola keuangan di Desa. Sedangkan Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Rai Iswara mengatakan, jaman sekarang seorang aparat tidak saja dituntut bekerja berdasarkan niat, semangat  dan kemampuan namun harus dilandasi pula dengan pemahaman terhadap segala bentuk aturan khususnya tentang tata kelola administrasi keuangan.
Menurut Walikota, kalau proses administrasi tidak benar seseorang bisa diindikasi kurang dalam pengelolaan keuangan. Jika sesorang benar dalam menterjemahkan aturan maka kecil kemungkinan akan terjadi kesalahan. Walikota juga berharap agar seluruh aparat dalam memberikan pelayanan selalu berpegang pada motto pelayanan yaitu “Sewaka Dharma” (melayani adalah kewajiban).
Disamping itu Walikota juga berpesan agar semua aparat mulai dari atas hingga yang terbawah mulai sekarang agar menata semua dokumen atau arsip dengan baik. Sebab menurut Walikota penataan arsip disemua unit masih perlu ditingkatkan. Dengan penataan arsip yang baik tentu akan mampu mempercepat tingkat pelayanan aparat, jelasnya.
Sementara Sekretaris BPM Ni Kt. Oka Padmawati dalam laporannya mengatakan, Bintek yang berlangsung selama dua hari mulai 12 hingga 13 Sepetember 2012 bertempat di Hotel Nikki Denpasar diikuti oleh 54 orang aparat yang ada di Desa meliputi Sekretaris dan Bendahara Desa. Adapun materi yang diberikan meliputi; RPJM, Tekhnis Penyusunan, Pajak dan Retribusi, PPH/PPN dan Penataan Arsip dengan narasumber masing-masing dari Bappeda, Keuangan, Dirjen Pajak, Hukum dan Badan Arsip Daerah. Pembukaan Bintek ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Sekda Rai Iswara disaksikan Sekretaris BPM Oka Padmawati. SDN-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>