Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pelaku Percobaan Pembobol ATM Diringkus

Jembrana (Metrobali.com)-

Aksi percobaan pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang  terjadi  Jumat (24/8) lalu sekitar pukul 11.30 wita di ATM  yang ada di salah satu  Rumah Makan  di Dusun Baluk, Desa Baluk-Jembrana kini terungkap sudah.  Aksi pembobolan dengan modus mencoba mencongkel brangkas uang yang ada di ATM  tersebut diketahui petugas Bank setelah terekam kamera CCTV.
Menurut data yang diperoleh dari Kasat Reskrim Polres Jembrana  Muh. Wayudi Latif,  tersangka  bernama  I Made Raka Subiantara atau Dek Ali (39), asal Desa Mertasari Kelurahan Loloan Timur-Jembrana. Raka yang ditangkap dirumahnya  ini langsung digiring petugas ke Polres guna penyelidikan lebih lanjut.
Dikatakan Wahydi pelaku yang sudah memilik istri dan 3 orang anak ini kesehariannya bekerja sebagai pengerajin dupa kecil-kecilan. Dalam keterangan, pihaknya mengaku melancarkan aksinya dengan  pertama pertama  mengecek ke ruang ATM  dengan membawa sepeda motor. Di ATM itu ia berpura-pura mengecek saldo dan memegang pintu ruang ATM sambil memeriksa pintu berangkas ATM yang dikiranya longgar atau gampang dibuka.
Setelah dikiranya longgar, pelaku akhinra pulang dan kembali ke ATM dengan membawa mobil  dan linggis yang akan digunakan pelaku untuk mencongkel brangkas ATM tersebut. Pelaku kemudian memarkir mobilnya tepat didepan pintu ATM (mepet) agar tidak ketahuan. Dengan menutupi mukanya dengan masker pelaku melancarkan aksinya dengan mencongkel berangkas AT M dengan ujung linggis yang pipih. Merasa tidak berhasil akan aksinya itu pelaku akhirya kabur meninggalkan ruang ATM tersebut.
Menurut Kasubag Humas Polres Jembrana Wayan Setia Jaya ketika di konfirmasi Rabu  (12/9/2012) mengatakan, bahwa pelaku percobaan pencongkelan ATM yang ada di Rumah Makan ini sudah ditangkap dan dibawa ke Polres guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Beberapa barang bukti sudah diamankan petugas.
”Barang bukti sudah kami bawa berupa 1 buah linggis, 1 masker, baju berwarna putih abu-abu dan celana panjang warna hijau tua  yang dikenakan saat beraksi, serta satu unit mobil Susuki Cery Futura DK 1578 BI yang dipakai ketika melancarkan aksinya yang gagal itu,” jelas Setia Jaya. Diakui pelaku kalau dirinya melakukan aksi tersebut lantaran terlilit hutang besar hingga Rp. 500 juta.
Akibat perbuatannya itu pelaku dikenakan pasal 363 KUHP JO 53 KUHP  tentang percobaan dan pasal 406 KUHP tetang kerusakan. Diperkirakan akibat percobaan pencongkelan terhadap ATM milik salah satu bank ternama ini, dan kerugian yang dialami bank tersebut  mencapai 10 jutaan karena rusak. DEW-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>