Bakso Ikan Salmon : Selera Mewah, Harga Murah

MENGKONSUMSI ikan Salmon bagi sebagian masyarakat masih dianggap sebagai barang mewah. Pasalnya, menu ikan yang hidup di laut Atlantik dan Pasifik ini hanya disajikan di restoran-restoran  mewah atau hotel berbintang saja. Namun saat ini, masyarakat kelas menengah kebawah sudah bisa mencicipi   berbagai penganan dari ikan salmon dengan harga yang sangat terjangkau. Adalah Rumah Makan (RM) ‘RA’ Salmon yang terletak di kawasan Jalan Drupadi, Renon – Denpasar, menyediakan berbagai sajian olahan dari ikan Salmon, seperti krupuk kulit ikan Salmon dan pepes ikan Salmon. Dengan hanya merogoh kocek Rp 15 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai pengenanan dari ikan yang khusus di import dari Norwegia itu.
Pemilik RM RA Salmon, Ida Bagus Andi mengatakan, rumah makan yang dikelolanya ini telah di buka sebulan lalu. Meski tergolong baru, permintaan serta peminat penganan dari ikan Salmon sangat tinggi, ia pun optimis bisnis rumah makan yang dikelolanya itu akan mampu berkembang pesat. Bahkan ia berencana akan mengembangkan dalam bentuk waralaba. “Saya optimis terhadap usaha ini, karena baru di buka sebulan saja, permintaan sudah sangat luar biasa,”ujarnya, Rabu (22/8) di Denpasar.
Tingginya permintaan dan minat masyrakat, menurutnya, tak lain karena masyarakat sudah mengetahui berbagai khasiat dari ikan yang banyak hidup di laut Atlantik dan Pasifik itu. Selain itu, RM ‘RA’ Salmon merupakanya rumah makan yang pertama menyajikan menu bakso dari ikan Salmon. “Di daerah lain, ikan Salmon tergolong sebagai makanan mewah yang hanya di konsumsi kalangan menengah ke atas. Kami di Bali justru ingin agar masyarakat menengah ke bawah juga bisa menikmatinya. Maka kami mematok harga tidak terlalu mahal, satu porsi bakso hanya  Rp. 15 ribu,”pungkasnya.
Meski di banderol dengan harga murah, ia menjamin  keaslian ikan Salmon yang di sajikan di rumah makannya. “Kami langsung mengimportnya dari Norwegia, kawasan Skandinavia Eropa. Ikan ini biasanya di datangkan dari dua tempat, yakni Eropa dan Amerika seperti Kanada,”imbuhnya.
Selain diolah sebagai santapan siap saji, di sini juga menyediakan berbagai olahan ikan Salmon dalam bentuk kemasan, seperti bakso, pepes dan krupuk kulit ikan Salmon. “Bakso dalam kemasan, kami menjualnya dengan harga 15 ribu per bungkus, berisi delapan biji. Sementara pepes ikan, untuk dua bungkus, kami jual dengan harga Rp 5 ribu. Dan krupuknya di jual Rp. 15 Ribu perbungkus,”sebutnya.
Olahan bakso ikan Salmon dalam kemasan itu, menurutnya, bisa bertahan  di didiamkan selama tiga bulan dengan tanpa perlu menggunakan bahan pengawet. “Sebelum melempar kepasaran, kami terlebih dahulu melakukan berbagai uji coba, ternyata bisa bertahan tiga bulan lebih tanpa mengurangi kandungan gizi dan rasanya,”tuturnya.
Menurutnya, berdasarkan riset penelitian yang ada, ikan Salmon sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil, penderita hipertensi, penderita penyakit jantung dan berbagai khasiat lainnya. “Ibu hamil sangat baik mengkonsumsi ikan Salmon, karena kandungan Omega-3 sangat tinggi ketimbang jenis ikan lain, yang bisa meningkatkan daya kecerdasaan bayi,”katanya. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>