Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke – 67 di Badung : Tumbuhkan Jiwa dan Spirit Patriotisme

Mangupura (Metrobali.com)-

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-67 di Kabupaten Badung dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (17/8). Detik-detik proklamsi dimulai tepat pukul 10.00 Wita dengan inspektur upacara Bupati Badung A.A. Gde Agung. Upacara diawali dengan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta dilanjutkan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja  I Ketut Martha. Pengibaran sang saka merah putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera  Pusaka dari  siswa/siswi SMA/SMK se-Badung.

Upacara diikuti pula oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Badung, Legiun Veteran, Pimpinan Umat Beragama, KNPI Badung, Pimpinan Parpol se-Badung, TNI-Polri, karyawan/karyawati Pemkab Badung, para guruserta pelajar.

Usai upacara bendera Bupati Gde Agung didampingi Wabup Ketut Sudikerta, Sekda Badung Kompyang R. Swandika mengatakan bahwa nilai-nilai yang disampaikan kepada masyarakat untuk memperingati kemerdekaan ini yaitu mampu meningkatkan dan menumbuhkan jiwa dan spirit patriotisme dari masyarakat Badung umumnya.  Disampaikan pula bahwa dengan tumbuhnya jiwa patriotisme maka akan muncul rasa untuk mengabdi, khususnya bagi karyawan-karyawati di Pemkab Badung dalam memberikan pelayanan birokrasi kepada masyarakat karena Pegawai Negeri Sipil merupakan abdi negara dan abdi masyarakat.

Pada kesempatan itu pula Bupati Gde Agung berpesan dan mengingatkan kepada generasi penerus, bahwa di pundak merekalah tanggungjawab mempertahankan integritas bangsa dan negara serta tanggungjawab mewujudkan cita-cita perjuangan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. “Para remaja sebagai pewaris dan penerus pembangunan dituntut disiplin, berkemampuan dan bekerja keras, serta menguasai ilmu dan teknologi untuk dapat memenangkan persaingan global untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan,” pesan Bupati Gde Agung.

Setelah peringatan detik-detik proklamasi, sorenya dilaksanakan upacara penurunan bendera yang diawali dengan parade drumband dari siswa TK, SD, SMP dan SMA di Badung serta aubade. Dalam aubade dinyanyikan lagu-lagu kebangsaan seperti Bagimu Negeri, Maju Tak Gentar, Hari Merdeka dan Syukur. Upacara penurunan bendera dilaksanakan tepat pukul 18.00 Wita dengan inspektur upacara Bupati Badung A.A. Gde Agung. Setelah rangkaian aubade dan penurunan bendera, dilanjutkan dengan acara syukuran yang diisi pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Legiun Veteran Badung, Bupati juga menyerahkan souvenir kepada para Paskibraka dan Drumband Badung. IKA-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>