Gempa 8,6 SR Goncang Bali : Tsunami Landa Daerah Pesisir Badung Selatan

Kuta (Metrobali.com)-

Gempa berkekuatan 8,6 SR telah melanda Pulau Bali. Namun gempa yang paling parah terjadi di Kabupaten Badung pukul 10.00, Jumat (10/8). Gempa berada pada Lokasi 9,58 LS – 114,70 BT  di kedalaman 10 Km tersebut diikuti dengan tsunami yang melanda daerah pesisir Badung Selatan seperti daerah Tuban, Kuta dan Legian.

Data dari Bagian Penanggulangan Bencana Kabupaten Badung menyebutkan, adapun korban meninggal 120 orang, korban luka berat 200 orang, korban luka ringan 450 orang, rumah warga rusak berat 350 rumah dan rumah rusak ringan 425 rumah kerugian diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Demikian illustrasi pada simulasi Gladi posko Gempa dan Tsunami yang dilaksanakan di lapangan depan kantor BPPD, Jumat (10/8) yang dipandu oleh Gde Sugiarta dari GIZ Protects sebuah lembaga pendampingan dalam penanganan bencana gempa dan tsunami.

Dalam simulasi gladi posko ini melibatkan hampir semua SKPD di Pemerintahan Kabupaten Badung, unsur TNI, Badan SAR, unsur kepolisian, PMI, kelurahan yang memiliki Peta Evakuasi Tsunami, PDAM, PLN, Balawista, media elektronik dan cetak serta hotel-hotel yang memiliki komitemen dalam penanganan tsunami.

Ketua Panitia penyelenggara I Gst. Nym. Adnyana disela-sela acara menjelaskan tujuan dari simulasi posko gladi ini untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan tsunami antar instansi terkait sesuai konsep system peringatan dini tsunami di Kab. Badung, Menguji Standar Operasional System (SOP) local system peringatan dini tsunami di tingkat kabupaten serta memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing instansi terkait dari fase peringatan dini sampai pada fase respon (tanggap darurat). SUT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>