Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

PDRB Perkapita Bali 2011 Rp 18,5 Juta Perkapita: Gubernur Sampaikan LKPJ 2011

Denpasar (Metrobali.com)-
Gubernur Bali Made Mangku Pastika  mengatakan PDRB penduduk Bali tahun 2011 mencapai Rp 18,5 juta/tahun. Namun angka ini lebih rendah dari KUA Pemprov Bali yang ditetapkan sebesar Rp 19,4 juta/tahun. Hal ini akibat meningkatnya penduduk Bali yang cukup tajam. Demikian disampaikan Gubernur Bali dalam pidato Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Provinsi Bali, Selasa (27/3).
Sedangkan laju inflasi menurut Gubernur tahun 2011 mencapai 3,75% menurun tajam dibanding tahun 2010 sebesar 8,10%. Ini  menunjukkan bahwa pergerakan ekonomi Bali menunju kearah positif. Pergerakan ke arah positif ini dipengaruhi oleh sektor pariwisata Bali yang mengalami perkembangan yang signifikan.
Diterangkannya lagi bahwa kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali tahun 2011 mencapai 2,826 juta lebih meningkat 9,73% dari tahun sebelumnya. Di mana rata-rata pengeluaran wisatawan/hari sekitar US$ 154 dollar dengan rata-rata tinggal selama 9,27 hari.
Mangku Pastika juga mengungkapkan kebanggaannya bahwa Angka Partisipasi Kasar (APK) pada jenjang pendidikan Bali terbaik dan diatas rata-rata nasional. APK SMA/SMK Bali mencapai 85,31% sedangkan nasional sebesar 70,5%. Sedangkan SMP/MTs Bali sebesar 108,54 sedangkan Nasional sebesar 98,23%. Begitu pula dengan capaian dibidang kesehatan Bali menuju kearah yang lebih baik. Sebagai contoh adalah penurunan kematian akibat rabies, penurunan sakit malaria, DBD, dan berkurangnya Balita gizi buruk.
Gubernur Mangku Pastika juga mengatakan bahwa Ketahanan Pangan di Bali sudah mencapai harapan atas terwujudnya kelancaran distribusi dan stabilitas harga. Dimana produksi padi 2011 sekitar 858.314 ton, jagung 64.606 ton dan daging sebesar 125.203 ton lebih. Capaian tersebut disamping dari kinerja aparatur yang diharapkan clean geverment and good govermence dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.SUT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>