Ny.Ayu Pastika Boyong Pengrajin Pameran di Jakarta

SELAKU Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny.Ayu Pastika terus berupaya mendorong kemajuan industri kerajinan di Pulau Dewata. Selain melalui pembinaan, Dekranasda Bali juga memfasilitasi para pengrajin untuk mengikuti sejumlah pameran baik di tingkat lokal hingga nasional. Serangkaian dengan HUT ke-32 Dewan Kerajinan Nasional, Dekranasda Bali memfasilitasi lima pengrajin untuk mengikuti pameran kerajinan yang digelar di UKM Convention Center-Gedung SME Tower Jl.Gatot Subroto Jakarta Pusat, mulai 21 hingga 22 Maret 2012. Sebagai wujud dukungan bagi para pengrajin, Ny.Ayu Pastika berkesempatan meninjau langsung stand Bali, Rabu (21/3). Bahkan, dia tak canggung memperkenalkan hasil kerajinan para pengrajin Bali kepada penggurus Dekranas dan Dekranasda daerah lainnya.

Dalam pameran kali ini, Dekranasda Provinsi Bali menampilkan lima pengrajin yakni Anom Gold and Silver Sukawati Gianyar, Pertenunan Astiti Klungkung, Naputo Manufacturer and Exporter (kerajinan Tas/Sepatu) Kerobokan Badung dan Pertenunan Artha Dharma  Buleleng. Menariknya lagi, dalam pameran kali ini juga ditampilkan perajin penyandang disparitas dari UD Adhi Yasa Handicraf Abian Semal Badung. Pameran ini cukup bergengsi karena diikuti oleh Dekranasda Provinsi se-Indonesia dan Perajin binaan-binaan dari BUMN dan perusahaan swasta yang jumlahnya mencapai 917 Stand.

Ny.Ayu Pastika berharap, pameran ini bisa menjadi ajang promosi bagi para pengrajin Bali di bawah binaan Dekranasda. Melalui kegiatan ini, para pengrajin bisa bertemu dengan buyer yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan. Dalam kesempatan itu, istri Gubernur Bali Made Mangku Pastika ini juga minta agar para pengrajin bisa meningkatkan kualitas agar mampu bersaing dengan hasil kerajinan dari daerah lain.

Selain pameran kerajinan, HUT Dekranas tahun ini juga diisi dengan kegiatan seminar nasional, peragaan busana dan pemberian penghargaan pemenang lomba busana. Rangkaian kegiatan HUT pada Selasa (20/3) dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional  Ibu Herawati Boediono dan dilanjutkan dengan  Seminar Nasional dengan topik ‘Optimalisasi Peran Perajin dalam Era Globalisasi’.

Sementara puncak HUT  Dekranas, Rabu (21/3) dihadiri Ketua Dewan Pembina Dekranas Ibu Ani Yudoyono. Selain itu hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu beserta Istri, Gubernur DKI Jakarta serta Undangan lainnya. Dalam kesempatan itu, Ani Yudoyono minta agar seluruh jajaran Dekranasda memanfaatkan event ini sebagai ajang sharing antar pengurus. Karena pada prinsipnya masing-masing daerah pasti mempunyai pengalaman berbeda dan unik dalam hal pembinaan perajin. Dalam kesempatan itu Ibu Negara juga mengingatkan tantangan yang harus dihadapi sejalan dengan pemberlakuan Pasar Bebas (MEA) tahun 2015. “Kita semua harus siap bersaing dengan produk-produk kerajinan negara lain yang tentunya ini menjadi tantangan yang berat,” imbuhnya.

Untuk itu, Dewan Kerajinan Nasional Pusat, Provinsi dan Kab./Kota agar terus menerus melakukakan pembinaan kepada Pengerajin supaya menghasilkan produk kerajinan yang lebih berkualitas sehingga mampu bersaing dengan produk-produk kerajinan negara lain dan mampu memaksimalkan  potensi sumber daya yang ada dengan memanfaatkan teknologi yang tepat serta ramah lingkungan. Kedepannya, Program Peningkatan dan Pelatihan bagi Pengrajin Penyandang Disparitas perlu juga mendapat perhatian karena mereka juga perlu diberdayakan  sehingga mempunyai nilai tambah dalam upaya meningkatkan taraf hidupnya. GAB-MB

One thought on “Ny.Ayu Pastika Boyong Pengrajin Pameran di Jakarta

  1. Suatu usaha yang baik utk mendorong UMKM dan memajukan ekonomi Bali.yang penting adlh agar masy Bali lbh kreatif dan inovatif dalam menyambut pasar yg semakin kritis dan banyaknya pesaing baru.Bravo dan maju terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>