Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Walikota Tinjau Tiga Proyek Bedah Rumah, dan Dua Pelayanan E-KTP

Denpasar (Metrobali.com)-

Akhir Tahun 2011 Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar A.AN Rai ISwara bersama Kepala SKPD Kamis (29/7)meninjau 3 Bedah Rumah dan 2 pelayanan E-KTP di dua Kecamatan  di Kota Denpasar.  Rombongan walikota diawali meninjau pelayanan E-KTP, di Kecamatan Denpasar Timur. Dalam kesempatan tersebut Walikota sempat berdialog dengan masyarakat yang mengurus  E-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar Nyoman Gede Narendra ditemui disela-sela meninjau pelayanan E-KTP mengaku perharinya mampu melayani  sebanyak 2500 sampai 3000 orang yang mengurus E-KTP. Batas akhir dari pengurusan E-KTP ini samapi 31 Maret 2012. Hal ini sesuai dengan surat edaran Mentri Dalam Negeri. Melihat akan pentingnya data kependudukan ini, tampak di Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara masyarakat membludak mengurus Kartu Tanda Penduduk berbais elektronik ini.

Setelah meninjau pelayanan E-KTP di dua Kecamatan yakni Denpasar Timur dan Kecamatan Denpasar Utara, rombongan Walikota meninjau bedah rumah di Jalan Siulan, Lingkungan Banjar Buaji Penatih Dangin Puri, dan lingkungan Banjar Tagtag Peguyangan. Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra mengatakan pada Tahun 2011 periode pertama merenovasi 80 unit rumah. Dari jumlah ini, diprioritaskan kawasan yang paling banyak terdapat rumah tangga miskin (RTM) seperti di Kecamatan Denpasar Timur (Dentim) dan Denpasar Utara (Denut).

Setiap  bedah rumah mendapat anggaran 20 Juta rupiah per unit.  dalam melakukan bedah rumah ini disamping mendapat bantuan dari Pemerintah, peran serta dan partisipasi masyarakat dalam membantu sesama warga perlu ditingkatkan. Seperti bedah rumah yang dilakukan warga Banjar Tagtag Kelurahan Peguyangan yang melibatkan partisipasi masyarakat sekitar. Bantuan dari masyarakat tidak saja material, namun bantuan tenaga dengan bergotong royong dalam melakukan renovasi rumah. Apa yang telah dilakukan Kepala Lingkungan Banjar Tagtag ini yang melibatkan peranserta masyarakat membantu sesama akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kota Denpasar. Hal ini untuk memotivasi Kelurahan dan Desa lain dapat melakukan program seperti ini.

Disamping itu untuk menghargai inovasi kreatif dari Kepala Lingkungan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam membantu program-program Pemerintah mengentaskan kemiskinan. “Apa yang telah dilaksanakan oleh Kepala Lingkungan Banjar Tagtag  ini akan medapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Denpasar,” Ujar Rai Mantra.

Pada Tahun 2011 ini Pemkot Denpadsar menurut Rai Mantra telah melakukan bedah rumah sebanyak 106 unit. Dari jumlah tersebut diprioritaskan di Kecamatan yang paling banyak terdapat rumah tangga miskin (RTM).

Sementara Kadek Widiana Warga Banjar Tagtag yang mendapatkan program bedah rumah mengaku sangat senang dapat program bedah rumah dari pemerintah. Widiana yang merupakan karyawan swasta dengan pendapatan perbulan tidak mencukupi memperbaiki rumahnya. “melalui program ini kami sangat terbantu , serta dapat menempati rumah layak huni,” ujar Widiana. (Pur/Humasdps)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>