Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Cicipi Eksotisme Kuliner India di Bali

Badung (metrobali.com) – Eksotisme hidangan India yang kaya rempah, kini makin dikenal dan diminati para pencinta kuliner, terkhusus di Bali, sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia. Nasi Biryani, Mutton Rogan Josh, Roti Tandoori hingga beragam curry, adalah sebagian kecil dari kelezatan kuliner India yang wajib Anda coba. Mau?

Tiga dari 28 restoran India yang ada di Bali adalah milik grup Queen’s of India. Sang pengelola, Nete Ramchand Dularam komitmen menyajikan hidangan otentik India. “Banyak restoran yang mengaku menyediakan menu India, tapi yang otentik, silahkan diselidiki dulu,” ujar Nete saat launching restoran ketiganya di Nusa Dua, Rabu (16/11). Dengan 8 chef asli India di tiga restorannya, Nete yakin, lidah pengunjung akan dimanjakan beragam menu yang diolahnya.

Setelah Queen’s Tandoor di Seminyak, Nete dibantu Puneet Maholtra sebagai advisornya, membangun Queen’s of India di Kartika Plaza, Kuta, tiga tahun lalu. Restoran ketiganya, Queen’s of India di Nusa Dua berada di Jalan Pratama 65 B, Tanjung Benoa. Menurut Nete, bisnis kuliner India di Bali punya prospek menggiurkan. Tak hanya karena jumlah wisatawan India yang makin meningkat datang ke Bali, namun wisatawan mancanegara (wisman) terlebih Australia dan Eropa adalah pasar potensial. Lidah masyarakat Bali pun faktanya juga telah familiar dengan citarasa masakan India. “Bali dan India punya banyak kesamaan, pada masakan pun demikian,” terang Nete.

Minat wisman terhadap menu masakan India menunjukkan tren peningkatan. “Wisatawan yang gemar makanan India cukup banyak, mereka berasal dari Australia, China, Eropa dan negara lainnya. Wisatawan domestik juga banyak yang suka masakan India termasuk masyarakat Bali,” terang Puneet. Menghadapi persaingan, Nete mengaku, pihaknya akan terus mempertahankan mutu, berprinsip pada Authentic Indian Cuisine, ditambah upaya peningkatan pelayanan.

Bali makin sering dijadikan tujuan bagi warga India yang ingin melangsungkan pesta pernikahan sekaligus bulan madu. Kondisi tersebut memotivasi gerak bisnis Nete. Restorannya kerap ditunjuk untuk menyiapkan menu khas India bila ada tamu yang mengadakan pesta di hotel-hotel seputaran Nusa Dua. “Kami melayani Indian Weeding, seiring dijadikannya Bali sebagai salah satu Indian wedding destination utama bagi warga India,” jelasnya.

Nah, bagi konsumen perorangan maupun grup yang tidak dapat datang langsung ke restorannya, Nete menerapkan delivery service, sistem antar pesanan yang jelas akan lebih memudahkan para penikmat sajian menu India tanpa perlu keluar hotel atau rumah. “Masyarakat di seputaran Nusa Dua, Jimbaran dan Uluwatu tidak perlu kuatir. Kami siap antarkan menu yang dipesan hingga ke rumah,” kata Nete.

Restoran yang juga diresmikan oleh Biren Nanda, Duta Besar India untuk Indonesia ini, juga akan mengeksplorasi potensi laut Bali. “Kami juga akan mengeksplorasi menu masakan kami dengan menggunakan bahan seafood, mengingat Bali kaya dengan hasil lautnya,” tutup Nete. GAB-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>