Bupati Gianyar Raih Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM

Setelah sebulan sebelumnya Bupati Gianyar memperoleh penghargaan Satya Lencana Pembangunan, kali ini Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat, yakni Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diperoleh atas peran aktif, kesungguhan sikap dan upaya menyukseskan pembinaan dan pengembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Gianyar. Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM di serahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak Hari Koperasi Nasional (HKN) yang dipusatkan di Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Jakarta (12/7).

Bupati Gianyar memperoleh penghargaan Bakti Koperasi dan UKM karena sejak kepemimpinannya, jumlah Koperasi di Kabupaten Gianyar terus mengalami peningkatan, yakni berdasarkan data Desember 2008 koperasi di Kabupaten yang pernah dijuluki sebagai Kabupaten Koperasi berjumlah 996, Desember 2009 berjumlah 1.036, Desember 2010 berjumlah 1.076 dan Mei 2011 menjadi 1.086. Total asset koperasi hingga Desember 2010 sebesar Rp. 433.711.755,-. Sedangkan pemberdayaan UKM yang tertuang pada salah satu program pokok ungulan Bupati Gianyar yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA), telah digelontorkan dana KTA kepada 227 UKM dengan total kredit sebesar Rp. 1.273.500.000,-.

Penghargaan diberikan kepada 149 penggerak koperasi dari seluruh Indonesia. Bupati Gianyar merupakan salah satu dari 38 pejabat provinsi, kabupaten/kota yang menerima penghargaan. Selebihnya terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/kota, wartawan, ketua koperasi, ketua Dekopin Wilayah, pejabat perbaikan daerah serta pejabat kementerian. Bupati Gianyar selepas menerima penghargaan mengungkapkan, Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM yang diterimanya merupakan bentuk komitmen bersama antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam membangun ekonomi kerakyatan. Mengingat ekonomi kerakyatan selama ini terbukti efektif dalam menghadapi berbagai krisis. Selain itu pemberdayaan koperasi dan UKM mampu menyentuh langsung masyarakat hingga lapisan paling bawah.

Bupati juga berharap dalam persaingan global yang semakin ketat, para pelaku koperasi dan UKM mampu berinovasi dan mandiri guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan bagi anggotanya. Pada kesempatan yang sama, selain Bupati Gianyar, Manager KUD Payangan, I Made Sederisma turut menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM. Made memperoleh penghargaan tersebut karena telah turut serta, peduli dan berhasil menggerakkan KUD Payangan dengan jumlah anggota mencapai 1.075 dan total asset Rp.4.623.532.500,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>